Sah! Mendikbud Nadiem Makarim Tunda Pelaksanaan AN

Oleh : Candra Mata | Rabu, 20 Januari 2021 - 14:15 WIB

Menteri Nadiem Makarim
Menteri Nadiem Makarim

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memastikan akan menunda pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) yang sebelumnya ditargetkan berlangsung Maret-Agustus 2021.

"Karena situasi pandemi meningkat, kami memutuskan untuk menunda pelaksanaan Asesmen Nasional," kata Nadiem Makarim, dalam Rapat Kerja virtual bersama Komisi X di gedungvDPR RI, Rabu (20/1).

Nadiem menargetkan, pelaksanaan AN tersebut bisa dilaksanakan pada September dan Oktober mendatang.

Menurutnya, selain demi melindungi keamanan dan kesehatan siswa serta guru disekolah, penundaan AN ini sekaligus menunggu pelaksanaan menyeluruh vaksinasi covid-19.

"Kita menunda, agar persiapan baik dari akselerasi vaksin harapannya sudah lebih mendalam dengan tetap menjaga prokes," papar Nadiem.

Meski demikian, Nadiem memastikan pelaksanaan AN akan tetap dilaksanakan ditahun ini.

"AN tetap penting dilakukan karena Kemendikbud membutuhkan informasi mengenai kondisi pendidikan nasional untuk dasar pemberian bantuan," ujarnya.

Pasalnya, jika selama satu tahun terakhir tidak dilakukan asesmen, maka akan sulit untuk mengetahui kondisi ril disekolah-sekolah yang butuh bantuan.

"Kalau kita tidak bisa mengetahui sekolah yang tertinggal, kita tidak bisa membuat strategi bantuan untuk sekolah-sekolah yang membutuhkan," kata Nadiem.

"Inilah alasan harus ada Asesmen Nasional di tahun 2021," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Samarinda Industrial Estate

Rabu, 03 Maret 2021 - 21:50 WIB

Siap-siap! Proyek Pergudangan Samarinda Industrial Estate Senilai Rp730 M Terus Dikebut, Dirut: Ini Solusi Buat Pelaku Industri di Kaltim

Para pelaku industri dan usaha yang berada di Kota Samarinda, Kalimantan Timur tidak lama lagi akan bernafas lega. Pasalnya, PT Purnabakti Pakarindo Lestari yang merupakan perusahaan pengembang…

Proses Pemeriksaan dan Pengujian Halal di Laboratorium PT SUCOFINDO (Persero)

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:52 WIB

Optimalkan Layanan Pemeriksa Halal, Sucofindo Rilis Aplikasi Registrasi Online Sertifikasi Halal

Jakarta – Sebagai komitmen dalam mengoptimalkan pelayanan kepada pelaku usaha terkait dengan pemastian produk halal, PT SUCOFINDO (Persero) merilis aplikasi Lembaga Pengujian Halal (LPH) untuk…

Akun media sosial YADIN

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:05 WIB

Sambut Era Digital, Yadin Resmi Luncurkan Akun Media Sosial di Tiga Platform

PT. Yanmar Diesel Indonesia, anak perusahaan Yanmar Holdings Co., Ltd. meluncurkan akun media sosial resminya di 3 platform berbeda yaitu Facebook, Instagram, dan YouTube.

PT PP

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:53 WIB

PTPP Garap Pembangunan Proyek Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Senilai Rp940 Miliar

PT PP (Persero) Tbk, (“PTPP”) telah menandatangani kontrak perjanjian kerjasama dalam pembangunan Paket I Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Project (“MUTIP”) di Nusa Tenggara…

Global Forum Human Capital Project 2021

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:52 WIB

Pemerintah Indonesia Tegaskan Akan Terus Fokus Tuntaskan Stunting

Pemerintah Indonesia menegaskan akan terus fokus menuntaskan stunting meski dihadapkan pada keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Hal ini karena peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)…