Lantik 12 Pejabat Eselon I, Menperin Agus Gumiwang: Kita Kebut Program Prioritas Industri Nasional

Oleh : Ridwan | Selasa, 19 Januari 2021 - 19:15 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melantik sebanyak 12 Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Perindustrian. 

Menperin Agus berharap para pejabat eselon 1 ini dapat terus mengakselerasi program dan kebijakan strategis dalam upaya pengembangan industri nasional agar lebih berdaya saing global, terutama di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Saya mengucapkan selamat bertugas, dan semoga saudara-saudara semua dapat mewujudkan sasaran-sasaran yang telah ditetapkan dalam program prioritas industri nasional," kata Menperin dalam acara pelantikan tersebut di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Ke-12 pejabat yang dilantik, yakni Dody Widodo menjadi Sekretaris Jenderal Kemenperin, yang sebelumnya bertugas sebagai Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (KPAII). Dody menggantikan Achmad Sigit Dwiwahjono yang telah memasuki masa purna bakti.

Selanjutnya, Eko S.A Cahyanto kini mengisi jabatan Dirjen KPAII, sebelumnya adalah Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI). Sementara itu, Arus Gunawan menduduki Kepala BPSDMI, yang sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Jenderal. Sedangkan, Irjen Kemenperin saat ini adalah Masrokhan, sebelumnya sebagai Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Komunikasi.

Pada kesempatan ini, Menperin mengukuhkan kembali Abdul Rochim sebagai Direktur Jenderal Industri Agro. Selain itu, Muhammad Khayam sebagai Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKFT). Kemudian, Taufiek Bawazier sebagai Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) serta Gati Wibawaningsih sebagai Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA). 

Berikutnya, Doddy Rahadi dilantik menjadi Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri. Unit kerja tersebut merupakan perubahan nomenklatur, yang sebelumnya adalah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI). Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 107 Tahun 2020 tentang Kementerian Perindustrian.

"Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi, perumusan, penerapan, pemberlakuan, dan pengawasan standardisasi industri, optimalisasi pemanfaatan teknologi industri, penguatan industri hijau, dan penyusunan rekomendasi kebijakan jasa industri," papar Menperin.

Adapun tiga pejabat lainnya yang turut dilantik, yaitu Reni Yanita sebagai Staf Ahli Bidang Percepatan Transformasi Industri 4.0, kemudian Putu Juli Ardika sebagai Staf Ahli Bidang Pendalaman, Penyebaran, dan Pemerataan Industri, serta Imam Haryono sebagai Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Investasi.

"Saya mengharapkan para pejabat Pimpinan Tinggi Madya ini mampu membangun kerja sama dan saling bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga, perguruan tinggi, dan dunia usaha dalam melakukan pembinaan dan pengembangan industri serta meningkatkan daya saing industri nasional," tegas Menperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 01 Maret 2021 - 20:52 WIB

Menperin Agus Bocorkan Tiga Perusahaan Raksasa Jepang Bakal Pindahkan Pabrik dari China ke RI, Investasinya Triliunan Rupiah

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita secara terang-terangan membeberkan sejumlah perusahaan asal Jepang yang akan merelokasi pabriknya dari China ke Indonesia.

Board of Director PT. Jababeka Tbk. Tjahjadi Rahardja saat meresmikan Fablab Jababeka

Senin, 01 Maret 2021 - 20:37 WIB

Luncurkan Fabrication Laboratory, Jababeka Bakal jadi Pusat Inovasi Digital Industri 4.0

Jababeka selaku pengembang kota mandiri dan kawasan industri di Indonesia secara resmi membuka Fabrication Laboratory (Fablab) di kawasan Medical Science Center, Kota Jababeka Cikarang.

Halodoc

Senin, 01 Maret 2021 - 20:30 WIB

Genap Setahun Pandemi di Indonesia, Halodoc Paparkan Perilaku Pengguna di 2020 dan Langkah Strategis Tahun Ini

Sebagai langkah strategis, Halodoc juga menunjuk mantan CEO GoPay Aldi Haryopratomo sebagai anggota Board of Advisor untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan di tahun 2021.

Layanan pemeriksaan GeNose C19

Senin, 01 Maret 2021 - 20:01 WIB

KAI Tambah 4 Stasiun Dengan Layanan Pemeriksaan GeNose C19, Ini Lokasinya

Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 merupakan wujud dukungan KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021…

(Kiri) Direktur Utama PT Indonesia Blockchain Persada, Muhammad Yafi - (Kanan) Direktur Pengembangan Usaha Peruri, Fajar Rizki

Senin, 01 Maret 2021 - 20:00 WIB

Dukung Ekosistem Blockchain di Indonesia, Peruri Sediakan Layanan Digital Solutions Kepada PT Indonesia Blockchain Persada

Peruri memberikan layanan Digital Solutions dalam rangka penerbitan digital certificate yang akan digunakan untuk Identity Management dan proses e-KYC di Indonesia melalui BlocktoGo.