Duh, 69 Orang Tenaga Kesehatan di Manggarai Positif Covid-19

Oleh : Kormen Barus | Senin, 18 Januari 2021 - 09:09 WIB

Pasien Suspect Virus Corona (Liputan6.com)
Pasien Suspect Virus Corona (Liputan6.com)

INDUSTRY.co.id, Ruteng– Juru bicara percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Manggarai Lodovikus D. Moa, dalam siaran persnya Sabtu (16/1/21), mengumumkan Sebanyak 69 orang tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Manggarai, NTT, terkonfirmasi positif Covid-19.

Dijelaskan, untuk memutus mata rantai penularan covid-19, serta memberikan pelayanan kesehatan yang aman dari seluruh petugas kesehatan yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) kepada warga masyarakat Manggarai dan demi memastikan seluruh petugas kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat aman dari penularan covid-19, satgas covid-19 secara periodik dan terjadwal melakukan pemeriksaan swab rapid antigen kepada seluruh tenaga kesehatan (Nakes) sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan dan garda terdepan dalam memerangi virus sars cov-2 yang sedang mewabah di Kabupaten Manggarai.

Pemeriksaan swab rapid antigen akan dan sedang dilaksanakan di 23 (Dua puluh tiga) Puskesmas dan satu (1) rumah sakit pemerintah.

Seperti mengutip FLORESPOST.CO, saat ini pemeriksaan swab rapid antigen telah dilaksanakan di 7 (tujuh) Fasyankes dengan hasil pemeriksaan swab rapid antigen terhadap Nakes yang dinyatakan Positif covid-19 yakni, Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bekerja di Dinas Kesehatan 22 orang, Puskesmas Lao 9 orang, Puskesmas Kota 9 orang, Puskesmas Timung 3 orang, Puskesmas Watu Alo 4 orang, Puskesmas Bangka Kenda 15 orang dan Nakes yang bekerja di RSUD dr. Ben Mboi 7 orang.

Total jumlah Nakes yang bekerja dan Terkonfirmasi positif covid-19 hasil pemeriksaan swab rapid antigen berjumlah 69 orang dari jumlah 800 Nakes yg sudah dilakukan pemeriksaan rapid antigen di beberapa Fasyankes.

Pemeriksaan yang sama dan terjadwal akan terus dilakukan terhadap tenaga kesehatan dibeberpa Fasilitas pelayanan kesehatan yang belum sempat dilakukan pemeriksaan swab rapid antigen sesuai jadwal yang telah direncanakan Satgas covid-19 Kabupaten Manggarai.

Menurut Lody, sampai hari ini, Sabtu 16 Januari 2021, total pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 hasil swab test rapid antigen dan swab test PCR di Kabupaten Manggarai berjumlah 296 orang dengan rincian, 194 orang positif covid-19 hasil rapid antigen dan 102 orang positif hasil PCR.

Dari 296 pasien tersebut,2 orang sedang dirawat di RSUD dr. Ben Mboi, 11 orang sedang dirawat dan dikarantinA di Wisma Atlet Golodukal, 183 orang menjalankan karantina mandiri di rumah masing-masing dan dibawah pantauan Nakes, pasien sembuh 86 orang dan 3 orang meninggal dunia.

Lody uga meminta seluruh anggota keluarga dan earga masyarakat yang pernah melakukan kontak erat dengan Nakes yang positif covid-19 atau pernah kontak erat dengan semua pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 untuk segera (1×24 jam) menghububgi atau melaporkan diri kepada petugas satgas covid untuk dilakukan pemeriksaan swab rapid antigen dan swab test PCR.

Lody menegaskan, mempertimbangkan adanya trend peningkatan jumlah kasus covid-19 yang signifikan di Kabupaten Manggarai, Tim Satgas Covid Manggarai bekerja cepat, dan terus melakukan giat pengendalian, pencegahan, penegakan hukum dan disiplin Prokes kepada warga masyarakat, serta secara periodik melakukan sosialisasi serta pendidikan kesehatan kepada seluruh warga masyarakat, melakukan penelusuran kontak kasus, penapisan,pemeriksaan rapid test,rapid antigen, pemeriksaan PCR bagi warga yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif covid-19.

 

Masyarakat juga diminta untuk berperan aktif dalam memutus mata rantai penularan covid dengan meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab dirinya dalam mematuhi setiap Protokol Kesehatan seperti wajib pakai masker, sering cuci tangan pakai sabun dan hand Sanitazer, menjaga jarak,menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari rangkaian kegiatan yang mengumpulkan banyak orang yang berpotensi menularkan covid-19.

Untuk pelaku perjalanan juga diwajibkan untuk melaporkan diri serta melakukan isolasi secara mandiri, wajib rapid test dan swab test.

“Mari bersama memutus mata rantai penularan covid-19 di Kabupaten Manggarai.Bersama kita pasti bisa,demi Manggarai yang sehat dan bebas dari covid-19,” harap Lody. FLORESPOST.CO.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…