Innalillahi! Apartemen di Jakarta dan Surabaya Tak Laku Terjual, Jumlahnya Sampai Puluhan Ribu

Oleh : Ridwan | Jumat, 08 Januari 2021 - 08:20 WIB

Ilustrasi Apartemen
Ilustrasi Apartemen

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pandemi virus corona yang merebak sepanjang tahun 2020 begitu memukul sektor properti. Wabah tersebut membuat puluhan ribu unit apartemen di Jakarta dan Surabaya tak terjual selama 2020.

Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, total apartemen yang terjual di Jakarta pada tahun 2020 kurang dari 2.000 unit. Padahal di tahun 2019 penjualan tercatat mencapai 4.682 unit.

Sedangkan untuk stok sendiri, hingga tahun 2020 terdapat stok apartemen sebanyak 215.291 unit.

Kondisi yang hampir sama juga terjadi di Surabaya. Total pasokan mencapai 45.903 unit, namun jumlah apartemen yang berhasil diserahterimakan hanya mencapai 1.961 unit.

Dijelaskan Ferry, pasar apartemen pada tahun ini diperkirakan masih mengalami tekanan yang disebabkan minat investor untuk membeli apartemen sebagai investasi masih belum mengalami peningkatan.

"Kondisi penjualan apartemen sejak 2015 memang terus menunjukkan tren penurunan," katanya dalam acara paparan pasar properti kuartal IV/2019, Rabu (8/1/2020).

Data Colliers menunjukkan bahwa penurunan tingkat serapan juga masih terjadi hingga kuartal keempat 2019 dengan angka sekitar 87,20 persen atau turun 0,30 persen jika dibandingkan dengan pencapaian pada kuartal sebelumnya. Menurutnya, kondisi tersebut masih akan berlanjut pada tahun ini.

"Pada tahun ini diperkirakan tingkat serapan apartemen akan menurun ke angka 85 persen —86 persen yang dipengaruhi lambatnya pertumbuhan ekonomi yang mengakibatkan turunnya daya  beli masyarakat," terangnya.

Selain dipengaruhi faktor daya beli yang masih menurun, Ferry menuturkan bahwa tekanan pada pasar properti juga disebabkan karena investor masih melihat belum adanya sentimen yang positif dari pasar sewa.

"Kondisi pasar sewa yang belum terlalu baik dan imbal hasil yang dianggap masih kurang menarik membuat pihak yang ingin membeli apartemen sebagai investasi cenderung pikir-pikir lagi," katanya.

Tingkat serapan yang masih tertekan membuat harga jual apartemen pada tahun ini juga diperkirakan hanya mengalami sedikit kenaikan.

Ferry mengungkapkan bahwa pasar apartemen pada tahun ini diperkirakan berkisar Rp35,50 juta per meter persegi.

Menurutnya, tekanan yang paling besar kemungkinan terjadi untuk pasar kelas menengah ke bawah yang diharapkan bisa menjual unit dengan harga yang lebih terjangkau.

Sepanjang 2020, tambahan pasokan apartemen diprediksi 13.304 unit.

Ferry mengungkapkan bahwa permintaan pasar yang cenderung lesu membuat pengembang cenderung menunda untuk meluncurkan produk baru.

"Pengembang fokusnya adalah menjual unit yang masih tersisa. Ada juga proyek yang harusnya berjalan pada 2019 tetapi ditarik mundur pada tahun berikutnya karena mereka melihat lagi perlu cepat-cepat atau tidak untuk melakukan pembangunan dengan menyesuaikan pada kondisi pasar," ungkapnya.

Untuk menyiasati kondisi pasar yang masih cenderung lesu, belakangan ini beberapa pengembang mulai melakukan inovasi produk dengan memasarkan unit apartemen dengan ukuran yang lebih kecil dengan harga yang lebih terjangkau.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…