Innalillahi! Apartemen di Jakarta dan Surabaya Tak Laku Terjual, Jumlahnya Sampai Puluhan Ribu

Oleh : Ridwan | Jumat, 08 Januari 2021 - 08:20 WIB

Ilustrasi Apartemen
Ilustrasi Apartemen

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pandemi virus corona yang merebak sepanjang tahun 2020 begitu memukul sektor properti. Wabah tersebut membuat puluhan ribu unit apartemen di Jakarta dan Surabaya tak terjual selama 2020.

Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, total apartemen yang terjual di Jakarta pada tahun 2020 kurang dari 2.000 unit. Padahal di tahun 2019 penjualan tercatat mencapai 4.682 unit.

Sedangkan untuk stok sendiri, hingga tahun 2020 terdapat stok apartemen sebanyak 215.291 unit.

Kondisi yang hampir sama juga terjadi di Surabaya. Total pasokan mencapai 45.903 unit, namun jumlah apartemen yang berhasil diserahterimakan hanya mencapai 1.961 unit.

Dijelaskan Ferry, pasar apartemen pada tahun ini diperkirakan masih mengalami tekanan yang disebabkan minat investor untuk membeli apartemen sebagai investasi masih belum mengalami peningkatan.

"Kondisi penjualan apartemen sejak 2015 memang terus menunjukkan tren penurunan," katanya dalam acara paparan pasar properti kuartal IV/2019, Rabu (8/1/2020).

Data Colliers menunjukkan bahwa penurunan tingkat serapan juga masih terjadi hingga kuartal keempat 2019 dengan angka sekitar 87,20 persen atau turun 0,30 persen jika dibandingkan dengan pencapaian pada kuartal sebelumnya. Menurutnya, kondisi tersebut masih akan berlanjut pada tahun ini.

"Pada tahun ini diperkirakan tingkat serapan apartemen akan menurun ke angka 85 persen —86 persen yang dipengaruhi lambatnya pertumbuhan ekonomi yang mengakibatkan turunnya daya  beli masyarakat," terangnya.

Selain dipengaruhi faktor daya beli yang masih menurun, Ferry menuturkan bahwa tekanan pada pasar properti juga disebabkan karena investor masih melihat belum adanya sentimen yang positif dari pasar sewa.

"Kondisi pasar sewa yang belum terlalu baik dan imbal hasil yang dianggap masih kurang menarik membuat pihak yang ingin membeli apartemen sebagai investasi cenderung pikir-pikir lagi," katanya.

Tingkat serapan yang masih tertekan membuat harga jual apartemen pada tahun ini juga diperkirakan hanya mengalami sedikit kenaikan.

Ferry mengungkapkan bahwa pasar apartemen pada tahun ini diperkirakan berkisar Rp35,50 juta per meter persegi.

Menurutnya, tekanan yang paling besar kemungkinan terjadi untuk pasar kelas menengah ke bawah yang diharapkan bisa menjual unit dengan harga yang lebih terjangkau.

Sepanjang 2020, tambahan pasokan apartemen diprediksi 13.304 unit.

Ferry mengungkapkan bahwa permintaan pasar yang cenderung lesu membuat pengembang cenderung menunda untuk meluncurkan produk baru.

"Pengembang fokusnya adalah menjual unit yang masih tersisa. Ada juga proyek yang harusnya berjalan pada 2019 tetapi ditarik mundur pada tahun berikutnya karena mereka melihat lagi perlu cepat-cepat atau tidak untuk melakukan pembangunan dengan menyesuaikan pada kondisi pasar," ungkapnya.

Untuk menyiasati kondisi pasar yang masih cenderung lesu, belakangan ini beberapa pengembang mulai melakukan inovasi produk dengan memasarkan unit apartemen dengan ukuran yang lebih kecil dengan harga yang lebih terjangkau.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:12 WIB

Bantah Pernyataan Ekonom Senior, Menperin Agus Beberkan Data Kinerja Gemilang Industri Manufaktur RI

Industri manufaktur Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif di tengah dinamika ekonomi global yang masih belum stabil. Hal ini tercemin dari capaian ekspansi dari Indeks Kepercayaan…

Har Har Chicken!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:03 WIB

Har Har Chicken! Raih Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

Har Har Chicken!, kios makanan takeaway dengan spesialisasi menu yang berfokus pada har cheong gai atau ayam goreng terasi, meraih pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan venture…

CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:31 WIB

Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 menunjukkan bahwa hanya sekitar 7 juta rumah tangga di Indonesia memiliki akses ke sanitasi yang aman, sementara 11 juta orang masih melakukan praktik buang…

Sri Wahyuni Sekretaris Daerah Prov Kaltim

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:16 WIB

Upacara 17 Agustus Perdana di IKN, Akan Torehkan Sejarah Bagi Kalimantan Timur

Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi bagian sejarah bagi masyarakat Kalimantan Timur.…

Ekspor Perusahaan Cerutu Jember

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:02 WIB

Hebat! Perusahaan Cerutu Asal Jember Ini Sukses Perluas Pasarnya ke Thailand

Lewat Ekspor, Perusahaan Cerutu Asal Jember Perluas Pasarnya ke Thailand Bea Cukai Jember layani ekspor ratusan cerutu milik CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) ke pasar Thailand pada Senin (15/07).…