2017, Pertumbuhan Industri TPT Capai Tujuh Persen

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 Mei 2017 - 16:29 WIB

Produksi Tekstil (Ilustrasi)
Produksi Tekstil (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  Potensi pasar domestik maupun global untuk industri  tekstil dan produk  tekstil (TPT)  masih terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan semakin tingginya permintaan akan kebutuhan tekstil non sandang.

Menurut catatan Kemenperin, pada tahun 2016 investasi industri TPT mencapai Rp7,54 triliun dengan perolehan devisa sebesar USD11,87 miliar.

"Kami optimis pertumbuhan industri TPT akan mencapai 7 persen di tahun ini," ungkap Direktur Industri Tekstil, Kulit, Alas Kaki dan Aneka Kementerian Perindustrian, Muhdori di Jakarta (3/5/2017).

Muhdori menyampaikan, saat ini sedang ada dinamika dari hulu-hilir industri tekstil Indonesia, mulai dari bea masuk, restrukturisasi mesin-mesin yang sudah terlalu tua, banjirnya produk impor, hingga harga gas yang terlalu tinggi.

"Untuk harga gas, saat ini kami dengan PLN dan Kementerian ESDM sedang mengadakan kajian untuk harga gas yang stabil dan tidak fluktuatif," terang Muhdori.

Sedangkan untuk bea masuk, Muhdori menyampaikan, saat ini Kemenperin sedang mengadakan perundingan bilateral, khususnya dengan Amerika.

"Kemungkinan pada bulan Juli 2017 ini sudah ada keputusan yang terbaik buat industri tekstil dalam negeri," imbuhnya.

Menurut Muhdori, saat inilah waktunya pengusaha-pengusaha tekstil untuk investasi secara besar-besaran terutama di bidang pertenunan.

"Dengan situasi saat ini, kami optimis industri tekstil dalam negeri akan bangkit kembali dan bersaing dengan China, India, Vietnam, dan Bangladesh" tutup Muhdori.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerjasama antara BGR Logistics dengan PT Garam

Selasa, 25 Februari 2020 - 18:37 WIB

Jalin Kemitraan, BGR Logistics Akan Distribusikan Produk Garam Milik PT Garam

Pada kerjasama ini BGR Logistics akan melakukan kegiatan supporting, seperti distribusi ke berbagai wilayah di Indonesia dan pergudangan akan kami kerjasamakan dengan BGR Logistics.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Selasa, 25 Februari 2020 - 18:27 WIB

Menteri Basuki: Tanpa Pengendalian ODOL Indonesia Kesulitan Jaga Kemantapan Jalan

Praktik ODOL dinilai sangat merugikan operator jalan tol dan meningkatkan risiko kecelakaan, serta inefisiensi akibat kondisi jalan rusak yang ditimbulkan. Kerusakan jalan akibat ODOL juga memicu…

Peluncuran Produk MPASI Nayz

Selasa, 25 Februari 2020 - 17:49 WIB

Usung Konsep Homemade, Nayz Luncurkan Produk MPASI

Produk MPASI Nayz memiliki keunggulan berbahan dasar beras asli utuh yang diperkaya campuran sayuran hijau seperti brokoli, wortel, buncis dan lainnnya sebagai protein nabati dan ikan sebagai…

Prudential Indonesia Kenalkan Aplikasi Kesehatan Pulse

Selasa, 25 Februari 2020 - 17:03 WIB

Prudential Indonesia Kenalkan Aplikasi Kesehatan Pulse yang Dilengkapi Dengan Kecerdasan Buatan

Pulse merupakan aplikasi pertama di Indonesia yang menawarkan pengelolaan kesehatan holistik kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan di mana saja dan kapan saja, seraya meningkatkan…

Kereta Api Barang (Ist)

Selasa, 25 Februari 2020 - 17:00 WIB

Truk Obesitas Dilarang, Kemenperin Dorong Pengalihan Angkutan Barang Melalui Kereta Api

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pengalihan pengangkutan barang dari truk ke angkutan kereta api sebagai salah satu solusi permasalahan kelebihan muatan dan kelebihan dimensi…