2017, Pertumbuhan Industri TPT Capai Tujuh Persen

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 Mei 2017 - 16:29 WIB

Produksi Tekstil (Ilustrasi)
Produksi Tekstil (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  Potensi pasar domestik maupun global untuk industri  tekstil dan produk  tekstil (TPT)  masih terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan semakin tingginya permintaan akan kebutuhan tekstil non sandang.

Menurut catatan Kemenperin, pada tahun 2016 investasi industri TPT mencapai Rp7,54 triliun dengan perolehan devisa sebesar USD11,87 miliar.

"Kami optimis pertumbuhan industri TPT akan mencapai 7 persen di tahun ini," ungkap Direktur Industri Tekstil, Kulit, Alas Kaki dan Aneka Kementerian Perindustrian, Muhdori di Jakarta (3/5/2017).

Muhdori menyampaikan, saat ini sedang ada dinamika dari hulu-hilir industri tekstil Indonesia, mulai dari bea masuk, restrukturisasi mesin-mesin yang sudah terlalu tua, banjirnya produk impor, hingga harga gas yang terlalu tinggi.

"Untuk harga gas, saat ini kami dengan PLN dan Kementerian ESDM sedang mengadakan kajian untuk harga gas yang stabil dan tidak fluktuatif," terang Muhdori.

Sedangkan untuk bea masuk, Muhdori menyampaikan, saat ini Kemenperin sedang mengadakan perundingan bilateral, khususnya dengan Amerika.

"Kemungkinan pada bulan Juli 2017 ini sudah ada keputusan yang terbaik buat industri tekstil dalam negeri," imbuhnya.

Menurut Muhdori, saat inilah waktunya pengusaha-pengusaha tekstil untuk investasi secara besar-besaran terutama di bidang pertenunan.

"Dengan situasi saat ini, kami optimis industri tekstil dalam negeri akan bangkit kembali dan bersaing dengan China, India, Vietnam, dan Bangladesh" tutup Muhdori.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Selasa, 17 September 2019 - 15:09 WIB

Karhutla Bukan Bencana dari Tuhan, Tetapi Kelalaian dalam Perencanaan dan Pencegahan

Jakarta-Karhutla yang terjadi terus-menerus ini bukanlah musibah dari Tuhan sebagaimana yang disebutkan Kepala Kantor Staff Kepresidenan (KSP), Moeldoko. Penyebab karhutla adalah kelalaian dalam…

Gedung DPR RI

Selasa, 17 September 2019 - 15:01 WIB

Revisi UU KPK Disetujui DPR RI

Rapat Paripurna DPR RI ke-9 Masa Persidangan I periode 2019-2020 menyetujui hasil revisi Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk disahkan menjadi undang-undang.

Kuwat Sri Hudoyo

Selasa, 17 September 2019 - 15:00 WIB

Kemenkes Mendorong Industri Farmasi Domestik Lewat E-Katalog

Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan daya saing industri farmasi dan alat kesehatan dalam negeri dengan e-katalog maupun mendorong riset terapan biofarmaka dan vaksin

Kebakaran Hutan

Selasa, 17 September 2019 - 14:45 WIB

Indonesia Darurat Udara Bersih

Jakarta-Permasalahan udara bersih saat ini tidak hanya menjadi isu masyarakat perkotaan metropolitan seperti Jakarta, tetapi juga telah menjadi masalah di berbagai daerah di Sumatera dan Kalimantan.

Novita Dewi

Selasa, 17 September 2019 - 14:00 WIB

Novita Dewi Luncurkan Single Batak Rasa Latin

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat tarik suara X Factor, Novita Dewi mencoba menerobos industri musik yang tengah lesu darah dengan menggelontorkan single terbaru bernuansa latin.