2017, Pertumbuhan Industri TPT Capai Tujuh Persen

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 Mei 2017 - 16:29 WIB

Produksi Tekstil (Ilustrasi)
Produksi Tekstil (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  Potensi pasar domestik maupun global untuk industri  tekstil dan produk  tekstil (TPT)  masih terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan semakin tingginya permintaan akan kebutuhan tekstil non sandang.

Menurut catatan Kemenperin, pada tahun 2016 investasi industri TPT mencapai Rp7,54 triliun dengan perolehan devisa sebesar USD11,87 miliar.

"Kami optimis pertumbuhan industri TPT akan mencapai 7 persen di tahun ini," ungkap Direktur Industri Tekstil, Kulit, Alas Kaki dan Aneka Kementerian Perindustrian, Muhdori di Jakarta (3/5/2017).

Muhdori menyampaikan, saat ini sedang ada dinamika dari hulu-hilir industri tekstil Indonesia, mulai dari bea masuk, restrukturisasi mesin-mesin yang sudah terlalu tua, banjirnya produk impor, hingga harga gas yang terlalu tinggi.

"Untuk harga gas, saat ini kami dengan PLN dan Kementerian ESDM sedang mengadakan kajian untuk harga gas yang stabil dan tidak fluktuatif," terang Muhdori.

Sedangkan untuk bea masuk, Muhdori menyampaikan, saat ini Kemenperin sedang mengadakan perundingan bilateral, khususnya dengan Amerika.

"Kemungkinan pada bulan Juli 2017 ini sudah ada keputusan yang terbaik buat industri tekstil dalam negeri," imbuhnya.

Menurut Muhdori, saat inilah waktunya pengusaha-pengusaha tekstil untuk investasi secara besar-besaran terutama di bidang pertenunan.

"Dengan situasi saat ini, kami optimis industri tekstil dalam negeri akan bangkit kembali dan bersaing dengan China, India, Vietnam, dan Bangladesh" tutup Muhdori.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pertamina (Foto: Ist)

Senin, 20 Januari 2020 - 09:00 WIB

PEPC Raih Penghargaan Zero Accident dari Pemprov Jatim

PT. Pertamina EP Cepu (PEPC) berhasil meraih penghargaan Zero Accident dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Penghargaan ini diserahkan pada Apel Akbar yang diadakan oleh Pemerintah Propinsi…

Bursa Efek Indonesia

Senin, 20 Januari 2020 - 08:47 WIB

Reliance : IHSG Diprediksi Bakal Uji Titik Resistensi 6.340 pada Perdagangan Hari ini

Lanjar Nafi, analis Reliance Sekuritas Indonesia, mengemukakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) diperkirakan bakal bergerak naik serta menguji titik resistensi…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 20 Januari 2020 - 06:59 WIB

Awal Pekan IHSG Bergerak Akan Menguat

Secara teknikal IHSG mulai beranjak kuat diatas level support Moving Average 200 hari, 20 hari dan 5 hari sebagai indikasi kuat kembali menguji resistance upper bollinger bands yang berada di…

Presiden Jokowi (Foto Setkab)

Senin, 20 Januari 2020 - 05:00 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Wisata Bahari di Labuan Bajo

Tentunya Presiden Jokowi sudah mendengar informasi bahwa Labuan Bajo tidak hanya terkait dengan Taman Nasional Komodo.

Peserta Latihan Kemantapan Kemampuan Pelatihan Prajurit Kolatmar TA Melaksanakan Hanmars

Senin, 20 Januari 2020 - 04:00 WIB

Peserta Latihan Kemantapan Kemampuan Pelatihan Prajurit Kolatmar TA Melaksanakan Hanmars

Para peserta Latihan Pemantapan Kemampuan Kepelatihan Kolatmar melaksanakan kegiatan ketahanan mars (Hanmars) sejauh 20 Km. Kegiatan Hanmars tersebut dilaksanakan di wilayah Surabaya dengan…