Siap Kembali Layani Tamu, Hotel-Hotel Jakarta Tourisindo Raih Sertifikasi CHSE

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 10 Desember 2020 - 13:15 WIB

Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board) Raih Sertifikasi CHSE
Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board) Raih Sertifikasi CHSE

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Hotel-hotel unit bisnis Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board), diantaranya D’Arcici Sunter, D’Arcici Plumpang, D’Arcici Al Hijra, C’one Cempaka Putih dan C’One Pulomas berhasil meraih sertifikasi kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Sertifikasi CHSE merupakan sertifikasi yang disediakan oleh Kemenparekraf untuk menghadapi era kebiasaan baru dampak adanya pandemi Covid-19.

Sektor pariwisata merupakan sektor yang terdampak sangat besar akibat pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, pemerintah mencari solusi untuk mengelola sektor pariwisata yang siap dengan adanya kebiasaan baru.

Sertifikasi CHSE adalah bentuk perhatian pemerintah agar sektor pariwisata dapat kembali bangkit sekaligus meyakinkan calon wisatawan bahwa kegiatan pariwisata dapat dilakukan secara aman dan nyaman, yaitu aman bagi para tenaga kerja pariwisata dan nyaman bagi para wisatawan.

Program Sertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety & Environment) atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, usaha/fasilitas lain terkait, lingkungan masyarakat, dan destinasi pariwisata. Sehingga, sertifikasi CHSE merupakan jaminan untuk meyakinkan para wisatawan bahwa operator aktivitas pariwisata yang telah memiliki sertifikat tersebut akan menyediakan produk dan pelayanan yang sudah memenuhi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Menyadari pentingnya hal tersebut, Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board) mengajukan unit-unit hotelnya untuk mengikuti uji kelayakan sertifikasi CHSE dan berhasil mendapatkan sertifikat CHSE dengan skor yang sangat baik.

“Sebagai BUMD yang juga memiliki tugas untuk melayani publik, Jakarta Tourisindo ingin memastikan bahwa pelayanan sudah memenuhi standar protokol kesehatan sehingga publik percaya bahwa keamanan dan kenyamanan mereka selalu menjadi perhatian kami,”  jelas Novita Dewi, Direktur Utama Jakarta Tourisindo melalui keterangan yang diterima redaksi pada Kamis (10/12).

Saat ini, Jakarta Tourisindo masih memberikan pelayanan akomodasi bagi para tenaga kesehatan sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai komitmen Jakarta Tourisindo dalam membantu program penanganan Covid-19 di Jakarta. Setelah amanah ini selesai.

Jakarta Tourisindo berencana untuk melakukan renovasi di unit-unit hotelnya sebagai upaya transformasi perusahaan dan komitmen untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Pengajuan sertifikasi CHSE diawali dengan melakukan pendaftaran secara online dan mengirimkan dokumen-dokumen terkait yang dibutuhkan. Setelahnya, hotel akan langsung dikunjungi untuk melihat kesiapan fasilitas dan protokol yang dijalankan.

Berdasarkan penilaian, semua hotel Jakarta Tourisindo yang mengajukan sertifikasi dinyatakan lulus uji kelayakan dengan skor yang memuaskan diantaranya, D’arcici Sunter (skor 86), D’Arcici Plumpang (skor 88), D’Arcici Al Hijra (90), C’One Cempaka Putih (95), dan C’One Pulomas (95).

“Dengan berhasilnya hotel-hotel kami meraih sertifikat CHSE, kami siap untuk menyambut 2021 dengan lebih optimis. Semoga Jakarta Tourisindo dapat berkontribusi dalam upaya pemulihan ekosistem pariwisata di Jakarta,” tutup Novita Dewi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Selasa, 13 April 2021 - 07:00 WIB

Panglima TNI Bicarakan Masalah Strategis Bersama Duta Besar LBBP India

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Kunjungan Kehormatan / Courtesy Call Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India Y.M. Shri Manoj Kumar Bharti, bertempat di…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)

Selasa, 13 April 2021 - 06:30 WIB

Dankormar Mayjend Suhartono Pimpin Rapat Lomba Menembak KASAL Cap 2021

Dankormar ( Komandan Korps Marinir ) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono memimpin rapat kesiapan Lomba Menembak Kasal Cup Tahun 2021 di Ruang Rapat Gedung Agoes Subekti Markas Komando Korps Marinir…

Ilustrasi Putusan Pengadilan (ist)

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Komisi III Soroti Hak Eksekusi PTUN: Mentah Terus...

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menyoroti hak eksekusi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang tidak dapat dilaksanakan, karena terganjal oleh Peraturan Pemerintah terkait Undang-Undang…

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M.

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Pangkogabwilhan I Bagikan Bingkisan Kepada Seluruh Prajurit Sambut Ramadhan 1442 H / 2021 M.

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M. membagikan bingkisan kepada seluruh Prajurit Kogabwilhan I bertempat di halaman parkir belakang kantor Makogabwilhan I Jalan MT…

 Helikopter milik PT Ersa Eastern Aviation

Selasa, 13 April 2021 - 05:00 WIB

Aksi Keji, KKB Teror Satu Helikopter di Puncak Papua

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tidak hanya mengancam dunia pendidikan di Papua, dan untuk kesekian kalinya KKB kembali menebar aksi teror dunia penerbangan. Kali ini, satu unit helikopter…