13 Kandidat Bertarung Sebagai Kepala BNN Mendatang

Oleh : Herry Barus | Jumat, 04 Desember 2020 - 11:08 WIB

Arman Depari- Deputi Pemberantasan BNN (Foto Dok Kabar Medan)
Arman Depari- Deputi Pemberantasan BNN (Foto Dok Kabar Medan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Hingga hari ini Presiden Jokowi belum mengumumkan siapa Kepala BNN yang baru.Tak pelak,  kekosongan posisi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) ini kemudian dikaitkan dengan rotasi dan mutasi yang akan terjadi pada tubuh Polri. Terkait juga urusan Kapolri yang juga akan pensiun Januari mendatang.

Presiden  dalam proses mempertimbangkan banyak hal, disebut-sebut sedang mengkaji organik jenderal mana yang pas di  terkait isu terorisme, hingga  posisi orang nomer satu di tubuh kepolisian republik Indonesia.

“Rumors nama-nama kandidat Tribrata satu beredar, dari delapan nama hingga 13 yang disebut masuk radar. Pilihan “kuat”-nya apakah terhadap sosok jenderal beragama Kristen yang demikian loyal dan berintegritas atau sosok jenderal Islam, yang terlalu dekat dengan FPI, “demikian pendapat Budi Jojo dari LSM Ridma Foundation, Jumat (4/2/2020)

LSM Ridma Foundation menilai Presiden mendapat info yang tak jernih dalam mengambil keputusan tepat, dari orang-orang sekeliling atau “ring satu”nya.

Tak ubahnya, ketika sempat ramai soal pemberhentian dan pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Badan Nasional Narkotika (BNN).

Irjen Pol Arman Depari yang sebelumnya telah dimutasi ke Mabes Polri dalam rangka memasuki masa pensiun sesuai Telegram Kapolri mendadak berubah. Irjen Pol Arman Depari kini justru dilantik kembali sebagai Deputi Pemberantasan BNN.

Pengangkatan kembali Irjen Polisi Arman Depari ini sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 116/2020 yang dikeluarkan bulan Juli 2020.

Keppres tersebut menyebutkan tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan BNN, Arman dilantik kembali sebagai Deputi Pemberantasan.

Alasan pihak Sekretariat Negara menerbitkan Keppres tersebut karena hanya ada nama Irjen Pol Arman Depari yang layak duduk di jabatan tersebut. Karena sosok Arman Depari memang polisi tipe pekerja keras. Dan karena waktu diketik, tak mendapat nama kandidat lain, yang diposisikan Deputi Berantas.

“Tak sekedar membingungkan, tapi keterlaluanlah. Kapan kesempatan buat junior dan ASN,” ujar S.S Budi Raharjo, sosok yang sejak dulu menjadi semacam watch untuk BNN.

Ketua Umum RIDMA Foundation SS Budi Rahardjo mengusulkan agar Kepala BNN yang dipilih adalah sosok yang  “ngerti” permasalahan narkoba. “Jangan karena hutang budi, dalam kasus tertentu,” ujarnya.

Jangan dipilih sosok yang sekedar senang acara seremonial, tapi kurang berinteraksi dengan wartawan atau orang-orang yang mengerti lapangan. Termasuk mau mendengar masukan dari aktivis NGO.

Kabar beredar dan sekarang berkembang adalah terjadi “tarik menarik” untuk mengisi Kepala BNN, terkait juga dengan urusan Tribrata satu. Termasuk disebut sosok itu harus orangnya T atau B.

Pasalnya, Kepala BNN juga memiliki alat sadap, yang kecanggihannya juga dimiliki seperti KPK. Jika sosoknya tak independen bisa “diorder” untuk menyadap sana ke sini, bukan hanya kepada bandar narkoba, tapi terkait politik atau bisnis tertentu.

“Harus  profesionalisme dan selalu berintegritas,” ujar Budi Jojo yang juga merupakan Ketua Asosiasi  Media Digital Indonesia mengingatkan sosok  yang tepat untuk mengisi Kepala BNN, yang sudah pensiun pada 1 Desember lalu.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…