Ini Kiat-Kiat Memilih Sepeda Anak yang Aman dan Nyaman

Oleh : Hariyanto | Selasa, 01 Desember 2020 - 16:40 WIB

Ilustrasi anak bersepeda
Ilustrasi anak bersepeda

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kiat-kiat memilih sepeda anak – Bersepeda adalah salah satu jenis kegiatan yang tentu saja menyenangkan. Selain sebagai sarana refreshing, bersepeda juga merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Untuk anak-anak, bersepeda ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Misalnya, melatih kemampuan motorik kasar, melatih keberanian serta kepercayaan diri, melatih konsentrasi, sosialisasi, tanggung jawab, keseimbangan tubuh, dan masih banyak yang lainnya.

Meskipun bersepeda memiliki beragam manfaat, tetap penting bagi orang tua untuk memastikan keamanan dan kenyamanan anak saat bersepeda. Caranya dengan membelikan sepeda yang sesuai untuk anak. Untuk membantu Anda menentukan sepeda terbaik untuk digunakan oleh anak, berikut disajikan kiat-kiat memilih sepeda anak yang dapat Anda simak.

Sesuaikan Ukuran Sepeda dengan Usia Anak

Sepeda memiliki bentuk dan ukuran yang beragam. Tidak semua jenis sepeda dapat digunakan oleh anak-anak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memastikan kesesuaian antara bentuk dan ukuran sepeda dengan usia anak. Pemilihan ini salah satunya dapat Anda lakukan dengan melihat diameter sepeda.

Misalnya, anak masih dalam tahap perkenalan dengan sepeda, Anda dapat memberikan balance bike. Seperti dengan namanya, sepeda ini berfungsi untuk melatih keseimbangan anak. Sepeda ini memiliki komponen rangka dan roda saja. Tidak ada rem, engkol, pedal, rantai, maupun gir. Biasanya, sepeda ini diberikan untuk anak di atas usia 18 bulan dengan tinggi 85 hingga 110 cm.

Kemudian, jika anak Anda sudah memasuki usia 2 hingga 4 tahun dengan tinggi 85 hingga 100 cm, Anda dapat memilih sepeda dengan diameter 12-14 inci. Sepeda ini sangat sesuai untuk mengenalkan kepada anak mengenai keterampilan bersepeda, mulai dari mengayuh, rem, dan lain sebagainya. Biasanya, sepeda dengan diameter roda 12-14 inci ini dilengkapi dengan dua roda di belakang untuk menjaga keseimbangan dan keamanan anak.

Sementara itu, jika anak sudah memasuki usia 4 hingga 6 tahun dengan tinggi 100-120 cm, Anda dapat memberikan si kecil sepeda dengan diameter 16 hingga 18 inci. Umumnya, sepeda jenis ini diberikan ketika anak sudah mulai nyaman dan percaya diri saat bersepeda dengan tujuan untuk meningkatkan keseimbangan dan juga koordinasi tubuh anak.

Pilih Rangka Sepeda

Pemilihan rangka sepeda sangat menentukan kenyamanan dan keamanan di kecil saat bersepeda nantinya. Sepeda anak yang bagus, biasanya memiliki rangka yang kokoh dan frame yang lurus ke depan hingga belakang. Frame lurus sepeda dapat Anda periksa dengan memperhatikan antara roda depan dan belakang. Jika frame lurus, maka roda depan dan belakang akan lurus sejajar. Sedangkan jika frame bengkok, roda depan dan belakang tidak akan berada pada garis yang sejajar.

Pilih Bobot Sepeda yang Ringan

Bobot sepeda anak juga sangat mempengaruhi kenyamanan dalam bersepeda. Apabila sepeda memiliki bobot yang terlalu berat, maka anak akan mengalami kesulitan dalam bermanuver serta menjadi mudah lelah saat mengayuh sepeda. Oleh sebab itu, ada baiknya memilih sepeda dengan bobot yang lebih ringan yang terbuat dari alumunium atau titanium. Ada pula sepeda berbahan baja yang memiliki bobot ringan dengan komponen yang juga enteng.

Perhatikan Rem dan Rantai Sepeda

Selanjutnya, agar anak dapat bersepeda dengan aman, Anda harus memperhatikan keberadaan rem dan juga rantai sepeda. Rem difungsikan untuk mengatur dan menghentikan laju sepeda. Pengecekan rem sepeda dapat Anda lakukan dengan memutar roda depan sepeda, kemudian menekan rem sepeda.

Rem yang berfungsi maksimal mampu menghentikan perputaran roda yang tadinya berputar dengan seketika dan tidak mengeluarkan suara atau bunyi. Apabila rem sepeda mengeluarkan bunyi saat ditekan, maka sepeda tersebut tidak cukup aman untuk digunakan oleh si kecil.

Sementara itu, pastikan pula rantai sepeda berada pada posisi yang tepat dengan dilengkapi dengan pelindung rantai. Pelindung rantai berfungsi untuk melindungi kaki dan juga celana si kecil agar tidak tersangkut ketika sedang mengayuh sepeda. Selain itu, pelindung rantai juga dapat meminimalisasi luka saat terjatuh dari sepeda.

Pilih Sepeda dengan Garansi

Kiat terakhir ini penting untuk Anda lakukan ketika membeli sepeda di toko sepeda online maupun offline. Pastikan sepeda yang Anda beli memiliki garansi. Garansi dapat Anda gunakan untuk perbaikan atau melakukan penukaran apabila ditemukan cacat dalam sepeda selama atau setelah pembelian. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan perbaikan dengan biaya sendiri jika sewaktu-waktu ditemukan kerusakan. Terlebih jika Anda membeli secara online.

Selain praktis, Anda bisa mendapatkan berbagai macam jenis pilihan sepeda seperti sepeda lipat, sepeda gunung, sepeda balap dan sepeda anak  dan aksesoris penjunjang sepeda seperti helm sepeda, kacamata sepeda serta sarung tangan sepeda  berkualitas saat berbelanja secara online.

Demikianlah beberapa tips atau kiat-kiat memilih sepeda anak yang dapat Anda lakukan untuk menunjang keamanan dan kenyamanan anak dalam bersepeda. Namun, selain memastikan bahwa anak mendapatkan sepeda yang aman dan nyaman, pastikan Anda juga tetap memberikan pengawasan kepada anak saat belajar bersepeda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana diskusi

Selasa, 19 Januari 2021 - 23:03 WIB

Shure Menyediakan Ekosistem Audio Konferensi Lengkap

Masa pandemi COVID-19 mendorong penetapan standar baru pada komunitas bisnis dan profesional untuk menerapkan protokol kesehatan yang membatasi kontak fisik. Adaptasi atas prinsip new normal…

Ustaz Fadlan Rabbani Garamatan, Pimpinan Ponpes AFKN Nuuwar

Selasa, 19 Januari 2021 - 21:50 WIB

Terapi Woukouf Tingkatkan Imun Hadapi Corona

Masa pandemi Covid-19 yang belum menunjukan tanda-tanda kapan berakhir mendorong masyarakat berupaya meningkatkan imunitas. Salah satu cara yang diyakini dapat meningkatkan imunitas adalah dengan…

MenParekraf Sandiaga Uno bersama MenkopUKM Teten Masduki

Selasa, 19 Januari 2021 - 20:05 WIB

Tinggalkan Ego Sektoral, MenParekraf Sandiaga Uno Ajak MenkopUKM Teten Kembangkan Lima Destinasi Super Prioritas

Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkomitmen untuk konsisten mengembangkan potensi di lima Destinasi Super Prioritas antara lain, Labuan Bajo (NTT),…

Undian Depo Bangunan

Selasa, 19 Januari 2021 - 19:54 WIB

Apresiasi Pelanggan, Depo Bangunan Laksanakan Undian Berhadiah Rp 10 Miliar

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelangganya supermarket bahan bangunan, Depo Bangunan menyelenggarakan undian berhadiah Rp 10 Miliar untuk periode 1 tahun di 2020 yang dimulai dari 1 februari…

Director of Worldwide Nutrition Product Training, Herbalife Nutrition, Laura Chacon-Garbato

Selasa, 19 Januari 2021 - 19:52 WIB

Tak Hanya Cantik, Bos Herbalife Nutrition Membagi Tips Bagaimana Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat Meski Sering Menggunakan Masker

Jakarta–Penggunaan masker wajah di saat pandemi telah menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Masker menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus dikenakan saat melakukan kegiatan baik…