Teknologi ERP SystemEver Siap Pacu Bisnis Kecantikan pada Masa Pandemi

Oleh : Hariyanto | Selasa, 01 Desember 2020 - 16:04 WIB

Teknologi ERP SystemEver
Teknologi ERP SystemEver

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Selama masa pandemi, industri kecantikan merasakan gerusan pertumbuhan bisnis yang cukup signifikan. Pembatasan aktivitas di luar rumah, tutupnya klinik kecantikan dan pusat perbelanjaan menyebabkan daya beli konsumen kecantikan menurun.

Hasil survei McKinsey pada awal Mei menunjukkan sebanyak 8% responden Indonesia membatalkan atau menunda pembelian make-up. Selain itu, 7% responden membatalkan atau menunda pembelian skin care hingga batas waktu yang belum ditentukan. 

Menurut Statista, pada 2019 industri kecantikan menorehkan catatan pertumbuhan bisnis sebesar 5,59%. Namun sepanjang 2020, hanya tumbuh 2,84 % dari tahun sebelumnya dengan nilai transaksi diprediksi mencapai US$7,095 miliar atau Rp99,33 triliun.

Sementara prediksi global, McKinsey Consulting mencatat, industri kecantikan telah mengalami penurunan penjualan sekitar 50% sejak pandemi terutama pada penjualan lipstick. McKinsey memperkirakan, pendapatan global dalam bisnis kecantikan akan turun hingga 30% pada 2020. 

Sejumlah jenama kecantikan ternama pun tak luput terkena imbasnya. Salah satunya adalah Ulta Beauty. Akibat pandemi, produk kecantikan asal negeri Paman Sam ini mengalami penurunan penjualan sebanyak 32,7% dengan kerugian bersih sebesar US$78,5 juta pada kuartal pertama 2020.

Kondisi pandemi memang mendorong pelaku bisnis kecantikan harus memutar otak agar bisnis tetap berjalan. Selain tetap mengoptimalkan peluang pada produk-produk perawatan yang terkait dengan  imunitas dan  perawatan seperti skin care, body care, hair care dan make up setengah wajah ke atas, Mc Kinsey juga menilai saat ini  waktu yang tepat untuk memperkuat lini bisnis secara digital (digital continues to rise). 

Salah satunya dengan memperbaiki sektor manajemen, hijrah dari sistem manajemen konvensional ke sistem manajemen digital berteknologi ERP (Enterprise Resource Planning) menjadi solusi jangka panjang yang harus sedini mungkin dimulai.

Untuk menjawab kebutuhan pelaku bisnis kecantikan pada masa pandemi, perusahaan teknologi ERP asal Korea Selatan Younglimwon SoftLab telah merancang software ERP berbasis Cloud bernama SystemEver.

Dengan teknologi ERP, pelaku bisnis kecantikan akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis dalam sistem jarak jauh dan terbantu dalam memantau aktivitas bisnis secara real time 
 
Jung Saem Mool Beauty (JSM), brand ternama asal Korea Selatan yang terkenal di kalangan penggemar K-Beauty ini menjadi salah satu industri kecantikan yang merasakan manfaat teknologi sistem manajemen berbasis ERP dari SystemEver

Adanya sistem yang terintegrasi antara aliran modal perusahaan, inventaris, penjualan hingga pembelian menjadi alasan utama Jung Saem Mool memilih SystemEver menjadi partner untuk menguatkan ekosistem bisnis kecantikan di masa depan. 

Teknologi ERP mempermudah pelaku usaha mengekspor data berdasarkan kebutuhan, baik untuk keperluan manajemen ataupun pertimbangan bisnis. Keakuratan data juga menjadi pertimbangan lainnya. 

Sejak menggunakan SystemEver, Jung Saem Mool Beauty mengaku berhasil menyulap pekerjaannya menjadi begitu mudah dan efisien, terutama dalam mengkalkulasi aktivitas transaksi bisnis secara akurat. 

Di samping itu, SystemEver juga membantu brand yang telah mendunia sejak 2019 ini dalam mengetahui biaya produk dan penjualan serta mampu dalam menentukan seberapa banyak keuntungan yang akan diterima oleh perusahaan secara terperinci. Hasilnya, karyawan dapat bekerja lebih efektif dan perusahaan dalam menentukan keputusan lebih efisien.

“SystemEver memudahkan kami dalam mengamankan data analisis biaya. Berkat keunggulan tersebut, kami dapat membuat keputusan berdasarkan penilaian yang akurat untuk tumbuh menjadi perusahaan global di masa depan,” papar Kwon Ki-deok, SMC (Service Management Center) Team Leader Jung Saem Mool Beauty, Selasa (1/12/2020).

Saat ini JSM telah memiliki jaringan storenya di sejumlah negara di Asia, diantaranya Jepang, Taiwan, Kuwait, Thailand, dan Singapura. Meski belum ada di Indonesia, tetapi produknya bisa diperoleh secara online melalui marketplace. Brand kosmetik yang diambil dari nama pemiliknya sendiri yaitu makeup artis tenama Korea Jung Saem Mool ini dalam skup global, masih mengandalkan penjualan secara online.

Laju sistem manajemen harus berjalan secara konvergen, manajemen produksi, manajemen inventoy, stok, logistik dan pergudangan, hingga packaging dan distribusi, harus bisa terkontrol secara akurat dan efisien. Teknologi sistem manajemen berbasis ERP SystemEver semakin mempermudah pelaku usaha melakukan ekspansi dan menjalani aktivitas bisnis di level global.

Terlebih, SystemEver adalah satu-satunya software ERP yang memiliki keunggulan khas berupa“Visual-K Process Map”. Yaitu fitur tampilan visual proses kerja yang mudah sistematis, digunakan, dan menarik membuat pelaku bisnis kecantikan bisa menggunakan SystemEver dengan lebih mudah meskipun baru pertama kali menggunakannya dan untuk serah terima pekerjaan sekalipun. 

Hadir di Indonesia sejak 2017, selain bisnis kecantikan, SystemEver juga telah memberi manfaat pada sektor brick manufacture, alat dan produk kesehatan, bidang jasa manajemen dan keuangan di tanah air.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…