Ini Startegi BUMN Bangkit dari Ekonomi yang Lesu

Oleh : Wiyanto | Kamis, 19 November 2020 - 13:40 WIB

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Mengutip data Trading Economics yang diberitakan oleh CNBC Indonesia per tanggal 06 September 2020 lalu, telah tercatat setidaknya 47 negara yang masuk dalam daftar negara resmi resesi. Di Asia sendiri, oleh kepala ekonom ADB (Asian Development Bank) Yasuyuki Sawada dinyatakan bahwa; "Sebagian besar ekonomi di kawasan Asia dan Pasifik akan berada pada jalur pertumbuhan yang sulit untuk sisa tahun 2020,".

Lantas, bagaimana dengan posisi negara kita Indonesia? Posisi negara kita sendiri ternyata dinilai berada pada posisi calon negara yang berpotensi resesi.

Meski demikian, kondisi perekonomian secara global diproyeksi akan kembali bangkit kembali dari kejatuhannya, alias rebound di tahun 2021 mendatang. Sebut saja diantaranya adalah proyeksi dari ADB, IMF, The Fed’s, dan Bloomberg. Pun proyeksi untuk Indonesia oleh sebagian dari lembaga tersebut. Dan senada dengan proyeksi-proyeksi bernada rebound tadi, per tanggal 02 September 2020 lalu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada kesempatan yang berbeda menyatakan proyeksi serupa untuk ekonomi Indonesia di tahun 2021.

Lantas, seberapa proyeksi bernada rebound tersebut dapat menjadi kenyataan bagi banyak organisasi di Indonesia? Ternyata, jawaban dari pertanyaan tersebut salah satunya ditentukan oleh sejauhmana setiap pemimpin di dalam setiap organisasi mampu menunjukkan kepemimpinan yang efektif dalam menghasilkan rebound. Dan hal inilah yang mendorong Kubik Leadership untuk menghadirkan solusi kepemimpinan yang dapat mengungkit keberhasilan para pemimpin untuk mewujudkan rebound di tahun 2021, melalui sebuah event bertajuk Indonesia Leadership Conference 2020: “How Leaders Embrace The Rebound Era”. Serta, dalam rangka mendukung kebangkitan organisasi dan bangsa secara lebih luas, Kubik Leadership sebagai penyelanggara akan mendedikasikan sepenuhnya keuntungan dari acara ini untuk organisasi sosial yang ada di Indonesia.

Konsep IDLC2 2020 berupa rangkaian sesi presentasi dan diskusi kepemimpinan selama 3 x ½ hari (Kamis – Sabtu). Di setiap harinya akan ada satu tema besar yang menaungi sesi-sesi di hari tersebut.

Day 1 - Understand the Playfield. Berisi ‘Peta situasi’ 2020 & 2021, rintangan & pemulus jalan yang terkini dan berasal dari pihak yang kredibel dan pemimpin di sektor swasta dan BUMN. Day 2 - Be Inspired by other leaders. Berisi real case sharing experience dari para pemimpin (di perusahaan sektor swasta dan BUMN) dalam memimpin tim untuk mewujudkan kondisi rebound.

Day 3 - Get the Solution. Berisi rekomendasi solusi kepemimpinan untuk mewujudkan kondisi rebound serta call to action.

Acara yang diadakan tanggal 10 – 12 Desember 2020, IDLC 2020 mengajak para pihak untuk bergabung bersama diantaranya para pemimpin tim dan organisasi, khususnya para pemimpin di perusahaan swasta & BUMN. Namun selain itu kami juga membuka acara ini untuk umum, sehingga dapat diakses oleh sebanyak mungkin pemimpin dan profesional yang terdorong untuk memimpin timnya mewujudkan kondisi rebound di tahun 2021.

Menyesuaikan dengan kondisi pembatasan sosial dalam rangka mencegah penyebaran pandemic Covid-19, maka bentuk kegiatan Indonesia Leadership Conference 2020: “How Leader Embrace The Rebound Era ini adalah berupa sesi-sesi online dengan menggunakan salah satu platform online (ruang kelas virtual) yang dapat diakses oleh peserta. Acara ini juga akan menghadirkan puluhan pembicara dari berbagai kalangan, mulai dari praktisi, profesional, dan akademisi di level nasional maupun internasional. Info IDLC 2020 dapat Anda lihat disini bit.ly/IDLC2020.

“Inilah ajang inspiratif leadership tahun 2020, kehadiran Anda juga akan membantu mengembangkan para pemimpin UKM dan pemimpin talenta masyarakat di Indonesia.” Kata Atok R. Aryanto yang sebagai Chairman IDLC.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan