Komisi IV Beri Apresiasi Inovasi Co-Firing di PLTU Ropa

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 22 Oktober 2020 - 10:15 WIB

Program Co-Firing di PLTU Ropa (Photo by NTTONLINE)
Program Co-Firing di PLTU Ropa (Photo by NTTONLINE)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Anggota Komisi IV DPR RI, Julie Sutrisno Laiskodat mengapresiasi PLN yang telah melakukan inovasi dengan melakukan Co-Firing di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ropa 2x7 Megawatt (MW).

“Ternyata PLN tidak hanya urus listrik. Keberadaan PLTU selain masyarakat butuh listrik, disini PLN dan Pemerintah melihat banyak potensi di daratan flores, khususnya sekitar PLTU Ropa,” tutur Julie melalui keterangan yang diterima redaksi pada Kamis (22/10).

Dalam program Co-Firing di PLTU Ropa, PLN mengganti bahan bakar berupa batu bara dengan 10 persen biomass yang diperoleh dari TOSS (Tempat Olahan Sampah Setempat).

Program Co-Firing merupakan bagian dari semangat pilar “green” dalam transformasi PLN. Co-Firing merupakan sebuah teknologi substitusi batubara dengan energi terbarukan pada rasio tertentu yang tetap memperhatikan kualitas bahan bakar sesuai spesifikasi teknis.

“Kami terus mendorong penggunaan EBT, demi menyediakan listrik yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” ucap General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT, Agustinus Jatmiko.

PLN juga berharap program ini dapat memberdayakan masyarakat, khususnya untuk memproduksi bahan bakar biomasa.

“Harapan kami, biomass ini dapat diproduksi di sekitar PLTU Ropa, menggunakan bahan baku dari TOSS yang potensinya sangat besar, serta dapat memberdayakan masyarakat berperan dalam mengelola sampah di sumber menjadi energi seperti bahan bakar kompor yang dapat digunakan/kebutuhan rumah tangga lainnya,” tutup Jatmiko.

Selain melakukan co-firing PLTU, dengan menggerakan warga sekitar PLTU, PLN juga melakukan inovasi dengan mengembangkan pemanfaatan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) menjadi batako, paving blok dan produk bahan konstruksi ringan lainnya.

Alexander Mari Pasopande salah satu Tokoh Masyarakat di lingkungan sekitar PLTU Ropa mengungkapkan bahwa keberadaan PLTU memberikan manfaat kepada masyarakat disekitar PLTU, khususnya terkait pemberdayaan masyarakat.

“Sinergi antara pemerintah daerah dengan PLN untuk mendorong sirkuler ekonomi masyarakat dimana Bumdes yang merupakan UMKM menjadi tulang punggung pelaksana sinergi tersebut,” ucap Alexander.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mensos Juliari P Batubara dan walikota Tangsel Airin berdialog dan menyerahkan bansos sembako presiden tahap V di Serpong, Tangsel

Minggu, 06 Desember 2020 - 08:00 WIB

Nikmatnya Dana Bantuan Sosial

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan tiga tersangka kasus korupsi berupa penerimaan sesuatu oleh penyelenggara negara atau yang mewakilinya di Kementerian Sosial RI terkait bantuan sosial…

Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Minggu, 06 Desember 2020 - 07:15 WIB

Gelar Creative Fest, Kemenperin Dorong Industri Kreatif Berkontribusi Penuh di Masa Pandemi

Wujud nyata yang direalisasikan oleh Kemenperin guna mencapai sasaran tersebut, antara lain yakni melalui penyelenggaraan Creative Fest oleh Bali Creative Industry Center (BCIC). Tahun ini,…

Jalan Tol

Minggu, 06 Desember 2020 - 07:00 WIB

Pengusaha Jepang Tertarik Sejumlah Sektor Infrastruktur Nasional

Delegasi pemerintah Indonesia yang dipimpin Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan ke Jepang. Ini adalah kunjungan kali kedua dari…

Wadan Korps Marinir Berikan Pengarahan kepada Tandik Sesko TNI Angkatan XLVII

Minggu, 06 Desember 2020 - 06:00 WIB

Wadan Korps Marinir Berikan Pengarahan kepada Tandik Sesko TNI Angkatan XLVII

Wadankormar mengucapkan selamat atas kelulusan Tandik Sesko TNI, dan menekankan agar para Perwira Menengah berpangkat Kolonel yang berada di hadapannya segera menyesuaikan diri dengan situasi…

Prajurit MarinirTerjun Tempur

Minggu, 06 Desember 2020 - 05:30 WIB

Prajurit Yontaifib 1 Marinir Tingkatkan Kemampaun Terjun Tempur

Kegiatan terjun tempur ini dilaksanakan dengan ketinggian 6000 feet yang dibagi dalam 2 sorty 4 run dengan menggunakan pesawat Cassa U-6211 Skuadron 600 Wing Udara 1 Puspenerbal Tanjung Pinang…