Taspen Raih Peringkat idAAA Dengan Outlook Stabil Dari Pefindo Credit Rating Agency

Oleh : Hariyanto | Rabu, 21 Oktober 2020 - 20:40 WIB

PT Taspen (Persero)
PT Taspen (Persero)

INDUSTRY.co.id - Jakarta –  PT Taspen (Persero) diganjar peringkat idAAA dengan outlook Stabil oleh Pefindo Credit Rating Agency. Sebagai BUMN asuransi nasional terbesar di Indonesia, peringkat yang diperoleh mencerminkan karakteristik kesehatan keuangan yang terbaik.

Hal tersebut karena, peringkat idAAA yang diberikan pada 19 Oktober 2020 ini merupakan peringkat tertinggi atas kesehatan keuangan korporasi yang diberikan oleh Pefindo, dimana peringkat tersebut relatif setara dengan sovereign risk rate dari negara Republik Indonesia.

"Peringkat idAAA mencerminkan peran kunci perusahaan dalam menyediakan jasa asuransi sosial kepada ASN di Indonesia, profil bisnis yang sangat kuat, serta posisi likuiditas yang sangat memadai," kata Analis Pefindo, Handhayu Kusumowinahyu dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (21/10/2020).

Pefindo juga memperkirakan dampak dari pandemi COVID-19 terhadap profil risiko Taspen tergolong minimal. Pandemi COVID-19 tidak akan berpotensi pada penurunan produksi premi karena layanan yang diberikan Taspen bersifat wajib, dan tidak ada rencana pengurangan gaji PNS.

Hal ini mengimbangi kekhawatiran atas potensi produksi premi yang lebih rendah dari anak perusahaan karena menurunnya bisnis di tengah pandemi COVID-19, serta volatilitas pasar modal yang dapat mempengaruhi kinerja portofolio investasi Taspen.

Direktur Utama Taspen, A.N.S. Kosasih menyampaikan bahwa peringkat idAAA dengan Stable Outlook tersebut merupakan buah dari implementasi strategi dan kebijakan Taspen dalam menjalankan operasional yang prima, serta menerapkan investasi secara prudent, berhati-hati dan aman dengan memperhitungkan secara seksama tingkat risiko, kondisi pasar, likuiditas yang memadai, imbal hasil yang optimal dan pencadangan yang konservatif untuk menjamin kesejahteraan peserta.

"Di tengah kondisi pasar yang sangat volatile Taspen sebagai salah BUMN asuransi nasional terbesar di Indonesia selalu menerapkan prinsip kehati-hatian dan memprioritaskan keamanan investasi untuk mencapai manfaat yang optimal bagi para peserta," ungkap Kosasih.

Kosasih menambahkan, Taspen berkomitmen untuk selalu menerapkan prinsip PAHALA, yaitu Pastikan Aman, Hasil, Andal, Likuid dan Antisipatif dalam setiap kegiatan investasi perseroan.

:Hal tersebut mencerminkan kemampuan yang tinggi dan kehati-hatian yang kami pegang teguh guna menjamin keamanan dan imbal hasil dari dana yang diamanahkan untuk dikelola oleh Taspen guna memberikan manfaat terbaik bagi peserta," tutup Kosasih.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mensos Juliari P Batubara dan walikota Tangsel Airin berdialog dan menyerahkan bansos sembako presiden tahap V di Serpong, Tangsel

Minggu, 06 Desember 2020 - 08:00 WIB

Nikmatnya Dana Bantuan Sosial

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan tiga tersangka kasus korupsi berupa penerimaan sesuatu oleh penyelenggara negara atau yang mewakilinya di Kementerian Sosial RI terkait bantuan sosial…

Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Minggu, 06 Desember 2020 - 07:15 WIB

Gelar Creative Fest, Kemenperin Dorong Industri Kreatif Berkontribusi Penuh di Masa Pandemi

Wujud nyata yang direalisasikan oleh Kemenperin guna mencapai sasaran tersebut, antara lain yakni melalui penyelenggaraan Creative Fest oleh Bali Creative Industry Center (BCIC). Tahun ini,…

Jalan Tol

Minggu, 06 Desember 2020 - 07:00 WIB

Pengusaha Jepang Tertarik Sejumlah Sektor Infrastruktur Nasional

Delegasi pemerintah Indonesia yang dipimpin Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan ke Jepang. Ini adalah kunjungan kali kedua dari…

Wadan Korps Marinir Berikan Pengarahan kepada Tandik Sesko TNI Angkatan XLVII

Minggu, 06 Desember 2020 - 06:00 WIB

Wadan Korps Marinir Berikan Pengarahan kepada Tandik Sesko TNI Angkatan XLVII

Wadankormar mengucapkan selamat atas kelulusan Tandik Sesko TNI, dan menekankan agar para Perwira Menengah berpangkat Kolonel yang berada di hadapannya segera menyesuaikan diri dengan situasi…

Prajurit MarinirTerjun Tempur

Minggu, 06 Desember 2020 - 05:30 WIB

Prajurit Yontaifib 1 Marinir Tingkatkan Kemampaun Terjun Tempur

Kegiatan terjun tempur ini dilaksanakan dengan ketinggian 6000 feet yang dibagi dalam 2 sorty 4 run dengan menggunakan pesawat Cassa U-6211 Skuadron 600 Wing Udara 1 Puspenerbal Tanjung Pinang…