Taspen Raih Peringkat idAAA Dengan Outlook Stabil Dari Pefindo Credit Rating Agency

Oleh : Hariyanto | Rabu, 21 Oktober 2020 - 20:40 WIB

PT Taspen (Persero)
PT Taspen (Persero)

INDUSTRY.co.id - Jakarta –  PT Taspen (Persero) diganjar peringkat idAAA dengan outlook Stabil oleh Pefindo Credit Rating Agency. Sebagai BUMN asuransi nasional terbesar di Indonesia, peringkat yang diperoleh mencerminkan karakteristik kesehatan keuangan yang terbaik.

Hal tersebut karena, peringkat idAAA yang diberikan pada 19 Oktober 2020 ini merupakan peringkat tertinggi atas kesehatan keuangan korporasi yang diberikan oleh Pefindo, dimana peringkat tersebut relatif setara dengan sovereign risk rate dari negara Republik Indonesia.

"Peringkat idAAA mencerminkan peran kunci perusahaan dalam menyediakan jasa asuransi sosial kepada ASN di Indonesia, profil bisnis yang sangat kuat, serta posisi likuiditas yang sangat memadai," kata Analis Pefindo, Handhayu Kusumowinahyu dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (21/10/2020).

Pefindo juga memperkirakan dampak dari pandemi COVID-19 terhadap profil risiko Taspen tergolong minimal. Pandemi COVID-19 tidak akan berpotensi pada penurunan produksi premi karena layanan yang diberikan Taspen bersifat wajib, dan tidak ada rencana pengurangan gaji PNS.

Hal ini mengimbangi kekhawatiran atas potensi produksi premi yang lebih rendah dari anak perusahaan karena menurunnya bisnis di tengah pandemi COVID-19, serta volatilitas pasar modal yang dapat mempengaruhi kinerja portofolio investasi Taspen.

Direktur Utama Taspen, A.N.S. Kosasih menyampaikan bahwa peringkat idAAA dengan Stable Outlook tersebut merupakan buah dari implementasi strategi dan kebijakan Taspen dalam menjalankan operasional yang prima, serta menerapkan investasi secara prudent, berhati-hati dan aman dengan memperhitungkan secara seksama tingkat risiko, kondisi pasar, likuiditas yang memadai, imbal hasil yang optimal dan pencadangan yang konservatif untuk menjamin kesejahteraan peserta.

"Di tengah kondisi pasar yang sangat volatile Taspen sebagai salah BUMN asuransi nasional terbesar di Indonesia selalu menerapkan prinsip kehati-hatian dan memprioritaskan keamanan investasi untuk mencapai manfaat yang optimal bagi para peserta," ungkap Kosasih.

Kosasih menambahkan, Taspen berkomitmen untuk selalu menerapkan prinsip PAHALA, yaitu Pastikan Aman, Hasil, Andal, Likuid dan Antisipatif dalam setiap kegiatan investasi perseroan.

:Hal tersebut mencerminkan kemampuan yang tinggi dan kehati-hatian yang kami pegang teguh guna menjamin keamanan dan imbal hasil dari dana yang diamanahkan untuk dikelola oleh Taspen guna memberikan manfaat terbaik bagi peserta," tutup Kosasih.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…