Sucofindo Bersama PT Oikos dan Angel Of Life Adakan Swab Antigen Masal Gratis

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 17 Oktober 2020 - 06:16 WIB

 Prosesi SWAB di SUCOFINDO
Prosesi SWAB di SUCOFINDO

INDUSTRY.co.id, Jakarta, (15/10) – PT SUCOFINDO (Persero) bersama dengan PT OIKOS dan Komunitas Angel of Life mengadakan tes usap masal (Swab) dengan metode Swab Antigen yang diselenggarakan di Graha SUCOFINDO.

Sebanyak 150 peserta turut serta yang terdiri dari beberapa karyawan dan masyarakat sekitar yang terdampak selama pandemi ini. “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami dan dedikasi kami terhadap komitmen pencegahan Covid-19. Terutama bagi masyarakat yang terdampak selaman pandemi ini,” ujar Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) Bachder Djohan Buddin.

Bachder berharap melalui kegiatan ini mampu meringankan para peserta dalam mendekteksi dini pencegahan Covid-19. “Dan ini menjadi komitmen kami sebagai perusahaan BUMN untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang terdampak. Terutama di masa pandemi yang tingkat kemampuan dalam upaya deteksi dini dengan SWAB masih minim,” kata Bachder.

Tak hanya itu, pada kesempatan yang sama Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Eka Abdullah mengatakan bahwa melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. “Kegiatan ini kedepannya dapat menjadi motivasi komunitas lainnya untuk peduli terhadap sesama,” ujar Eka.

Direktur Utama PT Oikos Roy Tobing yang turut hadir dalam acara tersebut menyatakan bahwa Swab Antigen dapat menjadi solusi bagi masyarakat dalam mendiagnosis virus Covid-19, selain lebih murah Swab antigen memiliki tingkat akurasi 94 %.

“Swab Antigen ini kegunaannya untuk screening orang yang terpapar Covid-19. Alat ini berbeda dengan rapid test antibodi, yaitu menggunakan tes nasofaring dan faring atau hidung dan tenggorokan. Selain itu, alat ini memeliki kaurasi 94%,” ujar Roy.

Pada pelayanan Swab Antigen masal ini, seluruh prosedur terintegrasi melalui aplikasi. “Hal ini pun mampu memudahkan peserta dalam mendapat hasil tesnya secara cepat dengan waktu kurang lebih 20 menit. Para peserta nantinya akan langsung mendapatkan hasilnya melalui ponsel mereka,” tambah Roy.

Dalam mendukung pencegahan Covid-19, PT SUCOFINDO (Persero) juga meprioritaskan jasa pengujian pada produk handsanitizer dan disinfektan, pemastian terhadap Hygiene Industri, serta menyediakan layanan jasa untuk industri Kesehatan, yaitu memberikan pemastian mutu pada peralatan kesehatan, dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES).

Selanjutnya, PT SUCOFINDO (Persero) juga menyediakan jasa layanan penyemprotan disinfektan sebagai upaya membantu dalam pencegahan dan penyebaran Covid-19. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu penyemprotan disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area sebelah luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower.

Dalam memberikan keamanan di lingkungan kerja, khususnya di masa pandemi ini PT SUCOFINDO (Persero) melayani jasa pengujian kualitas udara dan jasa Disinfection Monitoring. Jasa ini memonitor bagaimana perusahaan menerapkan protokol kesehatan serta melakukan cek atas keefektifan proses disinfektasi di lingkungan usaha, terutama di bagian yang sering terpapar publik.

Selain itu, sebagai dukungan terhadap pelaku usaha di Indonesia menghadapi masa pandemi ini, PT SUCOFINDO (Persero) juga memiliki jasa baru Sertifikasi ARISE, yaitu pedoman para pelaku usaha menjalankan bisnisnya yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah, terutama terkait dengan protokol kesehatan dan tata aturan New Normal.

Sertifikasi ARISE secara umum memiliki skema dalam memantau sumber bahaya dari paparan covid-19, antara lain dengan cara tidak menerima tamu dari daerah atau negara zona merah dan kuning.

Persyaratan lainnya terkait Engineering control, menciptakan pembatas berupa kaca atau plastik transparan di petugas front office, meningkatkan nilai tukar udara ruangan untuk meminimalkan terjadinya resirkulasi udara dalam ruangan tempat berkumpul sehingga menimimalkan penularan melalui droplet yang ada di udara.

Kemudian melalui administrative control pengaturan menjaga jarak dengan tamu, tidak bersalaman, pemeriksaan suhu tubuh; serta PPE/APD dalam kelengkapan dan penggunaan masker dan hand sanitizer.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…