Ekspor Daduk, PTPN Ubah Sampah Menjadi Pundi Pundi Rupiah

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 16 Oktober 2020 - 13:15 WIB

Limbah Daduk yang Berasal dari Kebun HGU Djatiroto Akan Dikirimkan ke Jepang (Photo by BUMN)
Limbah Daduk yang Berasal dari Kebun HGU Djatiroto Akan Dikirimkan ke Jepang (Photo by BUMN)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kali ini sekitar 34 ton daduk yang berasal dari kebun HGU Djatiroto akan dikirimkan ke Jepang. kali ketiga PT Perkebunan Nusantara XI melakukan ekspor di PG Djatiroto Lumajang Jawa Timur. Sebelumnya pengiriman ekspor dilakukan pada bulan Februari dan Agustus lalu.

"Hari ini kami mengirimkan kurang lebih 34 ton SCT atau lebih dikenal daduk yang berasal dari kebun HGU milik PG Djatiroto dengan tujuan negara Jepang. Pasar masih terbuka luas, kami ambil peluang emas ini untuk memperkuat core bisnis PTPN XI. Kami berkomitmen untuk menjaga performa core bisnis tetapi juga mengoptimalkan resource yang ada sebagaimana program strategik PTPN XI ", jelas Nanik Tri Ismadi Kepala PUSLIT Sukosari melalui keterangan yang diterima redaksi pada Jumat (16/10).

Selain bermanfaat secara ekonomis, pengambilan daduk dari kebun juga memiliki berpengaruh bagi pertumbuhan tebu serta berbagai manfaat lainnya.

"Selain menambah nilai ekonomis karena selama ini daduk berlimpah dan dianggap sampah, pengambilan daduk mendukung pekerjaan klentek bertujuan tanaman tebu menjadi bersih dari daduk yang menempel di batang sehingga dapat menaikkan proses pembentukkan gula dalam batang tebu dan mendorong tebu cepat masak, memperbaiki sanitasi kebun, dan membantu mempermudah persiapan lahan setelah tebu ditebang untuk pengolahan lahan selanjutnya. Tentunya tidak semua diambil habis masih ada yang dibiarkan agar terurai dan menambah unsur hara tanah lahan " terang Nanik kemudian.

Pihaknya mengumpulkan daduk setiap hari selama musim giling dan mengolah daduk hingga siap dikirim ke luar negeri.

"Daduk kering sebagai bahan SCT dikumpulkan setiap hari selama musim giling oleh Tim khusus pencari daduk dari kebun HGU Jatiroto yang dekat dengan lokasi pabrik SCT untuk kemudian dicacah dengan mesin crusher dengan panjang cacahan 3 hingga 5 cm kemudian dijemur dibawah sinar mata hari hingga kering. Setelah kering dengan kelembaban 12% siap untuk dipressing. Faktor cuaca sangat mempengaruhi proses pengeringan bahan SCT hingga supply bahan baku daduk yang masih belum stabil, menjadi kendala saat ini. Kami juga membuka kerjasama bagi petani tebu untuk suply bahabaku ", lanjutnya.

Asumsi perolehan jumlah daduk sebanyak 2 persen pada saat masa pemeliharaan atau klentekan dan 10 persen pada saat musim giling/panen dan protas sebesar 800 Ku/Ha, maka potensi pasokan daduk diperkirakan ± 16 Ku/Ha pada masa pemeliharaan dan ± 80 Ku/Ha pada masa panen.

Langkah manajemen tersebut mendapat apresiasi dari Dewan Komisaris yang juga melakukan kunjungan kerja virtual ke Pabrik Gula Djatiroto di hari yang sama.

"Kami memberikan apresiasi dan support langkah manajemen dalam menjaga performa bisnis korporasi, memperkuat core bisnis dan mengoptimalkan aset dan sumber daya yang ada agar bisa berkelanjutan terutama disaat seperti ini. Terobosan memang harus dilakukan, jangan lagi memiliki mainset menjalankan bisnis as ussual, ini menjadi nilai tambah bagi PTPN XI " pungkas Dedy Mawardi Komisaris Utama PTPN XI.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…