BRT Trans Jateng Resmi Hadir di Kawasan Industri Kendal

Oleh : Ridwan | Jumat, 16 Oktober 2020 - 09:35 WIB

BRT Trans Jateng
BRT Trans Jateng

INDUSTRY.co.id - Kendal – BRT Trans Jateng resmi beroperasi di Kawasan Industri Kendal (KIK), Kamis (15/10/2020). Layanan transportasi bersubsidi pemerintah yang masuk di lingkungan KIK ini merupakan hasil kerja sama antara KIK, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng), dan Dinas Perhubungan Jateng.

BRT Trans Jateng di KIK ini termasuk koridor Semarang – Kendal dan melayani penumpang dari terminal Mangkang dan terminal Bahurekso.

Acara launching berlangsung di depan halte BRT Trans Jateng KIK dan dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Jateng Satrio Hidayat, Presiden Direktur KIK Stanley Ang, dan beberapa tamu undangan perwakilan dari tenant.

Pada tahap awal operasional BRT, bus dari terminal Mangkang dimana akan melewati Shelter Semarang Zoo sebelum memasuki KIK dan terminal Bahurekso yang akan melewati Alun-Alun Kendal dan akan masuk di KIK.

Jadwalnya yakni adalah 2 rit saat pagi pukul 06.30 – 09.00 WIB dan 2 rit saat sore pada pukul 14.30 – 17.30 WIB. Tarif menggunakan BRT Trans Jateng adalah Rp 2,000 untuk pelajar, buruh, dan veteran. Sementara untuk umum, tarifnya adalah Rp 4,000.

Pada saat ini sudah terdapat 900 karyawan dari para tenant yang sudah beroperasi, 65 tenaga pengajar dari Politeknik Furnitur yang dimiliki oleh Kementerian Perindustrian dan 300 mahasiswa dari politeknik tersebut. Sedangkan bilamana seluruh 63 tenant KIK sudah beroperasi, maka akan terdapat 8,450 pekerja, dengan proyeksi pada 2021 sejumlah 12,000 pekerja.

Setelah adanya BRT Trans Jateng, diharapkan para pekerja dan mahasiswa dapat mempunyai alternatif moda transportasi menuju Kawasan Industri Kendal.

Sebagai informasi, saat ini terdapat dua titik halte BRT Trans Jateng di KIK. Titik pertama, berada berdekatan dengan pintu masuk gerbang KIK. Titik kedua, berdekatan dengan Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu.

Pada tahap awal operasi, pemerintah akan terus mengkaji volume penumpang dari kedua halte ini. Penambahan rit di kemudian hari akan di lakukan sesuai dengen kebutuhan oleh para pekerja.

Satrio Hidayat, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah yang membuka secara resmi layanan operasi BRT Trans Jateng menghimbau kepada para karyawan atau buruh pabrik di KIK untuk menggunakan layanan transportasi umum ini. Selain tarifnya yang murah, menggunakan BRT jauh lebih praktis.

Presdir Kendal Industrial Park, Stanley Ang, turut mengapresiasi atas kepercayaan pemerintah yang telah memberikan izin beroperasi BRT Trans Jateng di kawasan hasil kerja sama Jababeka Group dan Sembcrop ini.

Secara khusus, Stanley berpesan kepada seluruh perwakilan tenant yang hadir agar aktif melakukan sosialisasi layanan BRT Trans Jateng ini di lingkungan tempatnya bekerja.

"Kepada seluruh tenant, terus informasikan mengenai layanan Trans Jateng ini ke karyawan. Saya sangat mengapresiasi Pemprov dan Dinas Perhubungan yang telah mensupport KIK sehingga BRT Trans Jateng bisa masuk kawasan ini," ungkap Stanley.

Direktur Politeknik Dra. Tri Ernawati, M.Si, juga mengungkapkan dengan berada BRT Trans Jateng, akan mengurangi para karyawan dan mahasiswa mengunakan tranportasi pribadi mereka sehingga traffic di dalam maupun di luar akan berkurang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…

Ilustrasi TV produksi Panasonic terbaru

Senin, 05 Desember 2022 - 20:19 WIB

Panasonic Produksi OLED TV & Smart TV 4K Terbaru

PT Panasonic Gobel Indonesia tak henti menghadirkan inovasi teknologi Televisi. Guna memberikan kepuasan mendapatkan informasi dan hiburan dengan performa dan kualitas produk yang terbaik, Panasonic…

RiaMiranda Tenth Annual Show

Senin, 05 Desember 2022 - 19:21 WIB

Ria Miranda Perkenalkan Tren Koleksi 2023 Lewat RiaMiranda Tenth Annual Show

Brand Moslem fashion RiaMiranda menggelar acara tahunannya yang ke-10, RiaMiranda Tenth Annual Show dipersembahkan oleh BRI serta didukung oleh Somethinc sebagai Official Beauty Partner di Grand…

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf bersama Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan

Senin, 05 Desember 2022 - 19:20 WIB

Pasuruan Optimalkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Sepanjang tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus memaksimalkan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT). Tujuannya sudah pasti, mendukung penuh pelaksanaan program-program…