Jangan Abaikan Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Oleh : Herry Barus | Kamis, 15 Oktober 2020 - 16:00 WIB

OMRON Meluncurkan Monitor Tekanan Darah Digital yang Canggih
OMRON Meluncurkan Monitor Tekanan Darah Digital yang Canggih

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT OMRON Healthcare Indonesia  meluncurkan dua pengukur tekanan darah (Blood Pressure Monitor) digital untuk konsumennya di Indonesia. Monitor OMRON HEM-7361T dan OMRON HEM-7156 memungkinkan pengguna memonitor tekanan darah sehari-hari dengan lebih mudah dan akurat untuk menjaga hipertensi dan penyakit lain terkait hipertensi, yang penting untuk mencegah dan mengontrol infeksi COVID-19.

Kedua produk ini diperkenalkan pada saat penting, ketika masyarakat sedang menghadapi pandemi COVID-19 yang telah menginfeksi lebih dari 34 juta orang dan menyebabkan kematian lebih dari satu juta orang di dunia. Dilaporkan juga bahwa hipertensi merupakan salah satu penyakit penyerta (komorbid) terbesar pada pasien COVID-19, dengan persentase 15,8%, diikuti penyakit jantung (11,7%) dan diabetes (9,4%), menurut analisa meta data Research Square pada 2020.

“Penelitian menunjukkan bahwa COVID-19 bisa bertambah parah bagi mereka yang memiliki hipertensi dan dapat meningkatkan risiko komplikasi kesehatan. Oleh karena itu, OMRON merekomendasikan orang dengan risiko tinggi hipertensi untuk memantau tekanan darah mereka secara teratur, sehingga dokter dapat membuat keputusan lebih tepat untuk membantu mereka lebih baik,” ujar Tomoaki Watanabe, Director, PT. OMRON Healthcare Indonesia, Kamis (15/10/2020)

“Hipertensi dan kardiovaskular menjadi komorbiditas #1 untuk COVID-19 yang mematikan, sehingga pemantauan dan pengendalian tekanan darah menjadi jauh lebih penting daripada sebelumnya. Monitor Tekanan Darah Otomatis HEM-7361T dan HEM-7156 yang diluncurkan hari ini merupakan perangkat terhubung, lebih akurat, lebih mudah digunakan, serta dilengkapi berbagai fitur yang sangat sesuai untuk orang yang berisiko tinggi hipertensi dan kardiovaskular,” kata Watanabe.

Alat Pengukur Tekanan Darah Otomatis HEM-7361T

Alat Pengukur Tekanan Darah Otomatis HEM-7361T didesain dengan teknologi skrining canggih Atrial Fibrillation (AFIB).

Menurut Asosiasi Jantung Indonesia (IHA), AFIB adalah aritmia (kelainan irama jantung) yang paling banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan prevalensi 1-2% dan terus meningkat.

Dalam tiga mode pembacaan pengukuran tekanan darah, perangkat ini bisa mendeteksi kemungkinan AFIB dengan akurasi yang tervalidasi secara klinis, sehingga pengguna bisa berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan intervensi dini untuk mencegah stroke atau gagal jantung.

HEM-7361T hadir dengan konektivitas nirkabel Bluetooth yang memungkinkan pengguna mensinkronkan pengukuran tekanan darah harian dari perangkat ini ke OMRON Connect App dengan mudah serta melacak kesehatan jantung kapan saja.

Perangkat ini juga mendeteksi detak jantung yang tidak teratur. Detak jantung tidak teratur adalah irama detak jantung yang berkisar lebih dari 25% dari irama jantung rata-rata yang terdeteksi saat perangkat ini sedang mengukur tekanan darah. IntelliWrap™ mudah dipasang di lengan, memungkinkan pembacaan yang akurat dan nyaman. Sementara Teknologi IntelliSense® menerapkan jumlah tekanan yang tepat untuk pengukuran yang cepat, akurat, dan lebih nyaman.

Fitur penting lainnya adalah Hypertension Indicator (Indikator Hipertensi), dengan simbol detak jantung yang berkedip saat tekanan sistolik atau diastolik berada di luar kisaran standar (di atas 135 sistolik/85 diastolik mmHg). Perangkat ini juga memiliki fungsi Dual Users x 100 Memories, yang memungkinkan pasangan menjaga kesehatan bersama, dengan rata-rata tiga pembacaan terakhir dan Body Movement Detection (Deteksi Gerakan Tubuh).

Alat Pengukur Tekanan Darah Otomatis HEM-7156

Akurasi adalah salah satu syarat terpenting dalam pengukuran tekanan darah. Dengan akurasi IntelliWrap™ 360°, HEM-7156 dari OMRON memungkinkan pengguna melakukan pengukuran dengan mudah, bagaimanapun manset dipakai di rumah. Algoritma baru ini meningkatkan akurasi pengukuran dengan deviasi standar kurang dari 4 mmHg. HEM-7156-A

Cukup dengan menekan satu tombol, Teknologi Monitor IntelliSense™ yang canggih akan memberikan pengukuran akurat dengan nyaman dan mudah digunakan. Teknologi ini memompa manset hingga ke level yang paling tepat pada setiap penggunaan. Pengguna tidak perlu menyesuaikan tingkat pemompaan. Fitur ini nyaman digunakan terutama oleh orang yang memiliki hipertensi dan mereka yang memiliki kelainan irama jantung atau penyakit jantung, karena tekanan darah mereka kerap berfluktuasi.

Fitur utama lain dari HEM-7156 adalah Indikator Hipertensi, dengan rata-rata tiga pembacaan terakhir, deteksi gerakan tubuh, dan kemampuan untuk menyimpan 60 hasil pengukuran lengkap dengan informasi tanggal dan waktu.

Perhimpunan Hipertensi Indonesia (Indonesian Society of Hypertension/InaSH) menekankan bahwa hipertensi adalah salah satu komorbid COVID-19 yang paling berbahaya dan merekomendasikan orang-orang untuk memonitor tekanan darah mereka lebih intens selama pandemi. InaSH juga mengungkapkan bahwa hipertensi adalah komorbid utama yang ditemukan dalam kasus kematian karena COVID-19 di Indonesia, diikuti oleh penyakit jantung, gagal ginjal, diabetes dan stroke.

“Panduan dari American Heart Association (AHA) menekankan bahwa penderita hipertensi akan menghadapi risiko komplikasi yang lebih parah jika mereka terinfeksi virus COVID-19,” ucap dr. Tunggul D. Situmorang, Sp.PD-KGH, Ketua Umum InaSH. “Dengan demikian, kami sangat menganjurkan orang untuk lebih memperhatikan risiko dari hipertensi dengan melakukan pengecekan tekanan darah di rumah secara lebih teratur.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…