Produksi Tekstil Jawa Tengah Jelang Lebaran Belum Meningkat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 28 April 2017 - 12:12 WIB

Produk Tekstil (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Produk Tekstil (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Semarang - Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jawa Tengah menyatakan volume produksi industri tekstil belum meningkat menjelang Lebaran 2017.

"Kalau melihat tren tahun-tahun sebelumnya, puncak peningkatan produksi biasanya mulai terlihat sejak H-1 bulan Lebaran. Meski demikian, seharusnya saat ini peningkatan mulai terjadi," kata Ketua API Jawa Tengah Agung Wahono di Semarang, Kamis (27/4/2017)

Mengenai stagnannya volume produksi, hingga saat ini Agung mengaku belum mengetahui penyebabnya.

Agung mengatakan kondisi menjelang Lebaran pada tahun ini hampir sama dengan tahun lalu. Pada tahun lalu, daya beli masyarakat tidak begitu baik mengingat kondisi perekonomian masih lesu.

"Dampaknya adalah mereka mengurangi uang belanja, salah satunya yang terdampak tentu tekstil," katanya.

Sementara itu, diakuinya, melihat di tahun-tahun sebelumnya, peningkatan produksi jelang Lebaran mencapai 10 persen. Peningkatan produksi ini terjadi seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen dari dalam negeri.

"Kalau menjelang Lebaran biasanya kami fokus untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Berbeda dengan musim belanja di akhir tahun biasanya kami banyak ekspor," katanya.

Meski produksi tidak mengalami peningkatan, dikatakannya, hal ini tidak merugikan pengusaha. Omzet perusahaan menjadi berkurang.

"Kalau rugi tidak karena bahan baku kan kami datangkan ketika sebelumnya ada peningkatan permintaan. Rugi itu kalau harga bahan baku naik atau tarif transportasi naik," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Ilustrasi Gula (Ist)

Senin, 16 September 2019 - 08:07 WIB

Swasembada Gula Putih di Depan Mata

Jakarta - Dorongan terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap investor di bidang gula untuk meningkatkan kapasitas produksi gula guna mencapai target memenuhi kebutuhan gula…

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Awal Pekan IHSH Bergerak Terkoreksi

Jakarta - Secara teknikal pergerakan IHSG mengkonfirmasi pola dark cloud cover dengan terkoreksi menguji MA50 kembali yang berad dikisaran 6300. Indikator Stochastic memiliki pola dead-cross…

 founder BeauCell Indah Ludiana Ester Meiliana dan Imelda Willy bersama Para selebritis saat pembukaan Beaucell

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Klinik Kecantikan BeauCell Selaraskan Dengan Teknologi Industri 4.0

Pesatnya kemajuan teknologi di industri 4.0 juga berdampak pada industri kecantikan. Seiring perubahan zaman masyarakat urban mengidamkan kehadiran klinik kecantikan terpadu yang menawarkan…

Fajar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Senin, 16 September 2019 - 07:42 WIB

Bekraf Sambut Kehadiran Blockchain Bisa Atasi Sejumlah Persoalan Hak Intelektual

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menyambut antusias keberadaaan tekhnologi blockhain di tanah air karena sangat membantu mengatasi sejumlah persoalan Hak Inelektual yang terjadi selama ini. Sejumlah…