Sinergi BUMN, PNRE dan PTPN III Berhasil Bangun PLTBg di KEK Sei Mangkei

Oleh : Hariyanto | Rabu, 14 Oktober 2020 - 08:45 WIB

PLTBg di KEK Sei Mangkei
PLTBg di KEK Sei Mangkei

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pertamina (Persero) melalui Sub-holding Power & New Renewable Energy (PNRE) berhasil membangun dan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) berkapasitas 2.4 MW di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Simalungun, Sumatera Utara.

Pengembangan biogas tersebut merupakan hasil kerja sama dengan skema Bangun Guna Serah antara PNRE dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III (Persero) dalam rangka sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Sebagai BUMN, PNRE mengoptimalkan kesempatan bersinergi dengan PTPN III dalam mendukung visi dan misi Pemerintah meningkatkan bauran energi nasional,” ujar Heru Setiawan, Chief Executive Officer PNRE dalam keteranganya yang dikutip, Rabu (14/10/2020).

Sejak beroperasi pada 14 Januari 2020 hingga saat ini, PLTBg Sei Mangkei sudah menghasilkan listrik sebesar 6.923.140 kWh. Dengan listrik sebesar itu, PLTBg dapat mengaliri listrik untuk kebutuhan para pengguna KEK yang dikelola oleh PTPN III, seperti Unilever, dan lainnya.

Kehadiran PLTBg Pertamina Sub-holding PNRE juga sangat diminati, mengingat beberapa calon mitra sudah mulai beranjak dan fokus pada Green Certificate yang mewajibkan penggunaan sumber listrik dari energi baru dan terbarukan yang ramah lingkungan.

Sementara itu, PTPN III menyambut antusias momen tersebut melalui kerja sama dengan PNRE dalam pengembangan PLTBg di wilayah lain.

Selain di KEK Sei Mangkei, PLTBg PNRE juga hadir di PLTBg Kwala Sawit berkapasitas 1 MW dan Pagar Merbau berkapasitas 1 MW di atas lahan milik PTPN II yang terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dan telah beroperasi sejak akhir tahun lalu.

Selain melakukan pengembangan bisnis PLTBg bersama PTPN Group, PNRE juga mulai bersiap dengan skema bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di beberapa wilayah, termasuk di KEK Sei Mangkei yang saat ini sudah dalam tahap konstruksi dengan kapasitas sebesar 2 MWp.

“Demi mempersiapkan diri menghadapi new market demand yakni kebutuhan akan energi ramah lingkungan, PNRE terus meningkatkan perannya tidak hanya melalui PLTBg, tetapi juga melalui kehadiran PLTS dan teknologi energi ramah lingkungan lainnya,” tutup Heru.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhub Budi Karya Sumadi bersama President Director Jababeka Residence Sutedja S. Darmono saat meresmika JR Connexion di Kawasan Jababeka

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:40 WIB

Langkah Nyata Jababeka Menuju TOD City

Jababeka sebagai kawasan TOD terus menunjukkan kemajuan positif menyusul diluncurkannya layanan JR Connexion di Hollywood Junction Jababeka ( Minggu 18/10/2020 ) oleh Menteri Perhubungan RI…

Warung Konsuler di Wilayah Calabria (Photo by Kemlu)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Bantu WNI di Italia Selatan, KBRI Roma Adakan Warung Konsuler

Pelayanan kekonsuleran seperti pembaharuan paspor, diperlukan oleh para WNI yang berada di luar negeri, tidak terkecuali para WNI yang tinggal jauh dari kantor Perwakilan Indonesia.

Jasa Penagihan Hutang

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:09 WIB

Sejumlah Tips Pilih Jasa Penagihan Hutang

Jasa penagihan hutang di Indonesia banyak sekali jumlahnya, contohnya di Jabodetabek saja, lebih dari 100 biro jasa yang bergerak dalam bidang penagihan hutang. Yang harus diperhatikan adalah…

Diah Natalisa Deputi bidang Pelayanan Publik, Kementerian PANRB

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:00 WIB

Menyempurnakan UU Pelayanan Publik dari Berbagai Sisi

Undang-undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik akan disempurnakan. Berbagai aspek disiapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk merevisi UU tersebut.…

Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.(Twitter/@jokowi)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:49 WIB

Dasyat! Nama Presiden Jokowi Diabadikan Jadi Nama Jalan di Uni Emirat Arab

Jakarta-Nama Presiden Joko Widodo diabadikan menjadi nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Peresmian President Joko Widodo Street dipimpin oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office Sheikh…