Industri Farmasi Pertama di Indonesia Bidang Farma Dermatologis Ini, Membagi Tips Pencegahan COVID-19

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 14 Oktober 2020 - 08:07 WIB

Tim ‘MECCAYA Tanggap Covid-19’ bersama Polsek Tambun yang diwakili oleh Bapak Kapolsek AKP Gana Yudha Pratama. S.IK. juga melakukan kunjungan ke berbagai pusat keramaian seperti Mall Tambun untuk membagikan masker dan mengingatkan warga untuk selalu mamakai masker. Foto MECCAYA Pharmaceutica.
Tim ‘MECCAYA Tanggap Covid-19’ bersama Polsek Tambun yang diwakili oleh Bapak Kapolsek AKP Gana Yudha Pratama. S.IK. juga melakukan kunjungan ke berbagai pusat keramaian seperti Mall Tambun untuk membagikan masker dan mengingatkan warga untuk selalu mamakai masker. Foto MECCAYA Pharmaceutica.

INDUSTRY.co.id, Jakarta (12/10) - MECCAYA Pharmaceutical dikenal sebagai perusahaan farmasi yang berspesialisasi di bidang dermatologis. Sejak berdirinya di tahun 1982, MECCAYA telah menjadi bagian dari solusi utama kesehatan kulit masyarakat Indonesia. Salep Kulit 88 dan Krim Antijamur 88 merupakan brand unggulan MECCAYA Pharmaceutical yang menjadi andalan semua generasi untuk mengatasi beragam penyakit kulit. Beragam penghargaan yang diraih Brand 88 membuat MECCAYA Pharmaceutical diklaim sebagai perusahaan farmasi pertama di Indonesia yang berdedikasi di bidang farma dermatologis.

Sesuai dengan visi dan misi serta tanggung-jawab perusahaan terhadap masyarakat untuk menjalankan program CSR (Corporate Social Responsibility), MECCAYA selalu turut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial terutama di lingkungan sekitar perusahaan. Saat pandemi COVID-19 muncul dan memberikan dampak terhadap masyarakat, MECCAYA pun hadir dengan berbagai kegiatan peduli lingkungan dan pencegahan penularan COVID-19. Berbagai aktivitas CSR perusahaan dan partisipasinya dalam memerangi pandemi Covid-19 mendapatkan penghargaan Indonesia Top  Corporate Social Responsibility of The Year 2020 di bulan Juni yang silam.

MECCAYA dengan semboyan “TogetherWeCAN” (Bersama Kita Bisa) yang berlangsung pada tanggal 15 -17 September 2020 kembali melakukan aktivitas CSR (Corporate Social Responsibility) bekerja sama bersama Polsek Tambun,  Babinsa Koramil 01 Tambun,  dan berbagai elemen masyarakat lainnya secara bersama menyalurkan donasi dalam bentuk APD (Alat Pelindung Diri), hand sanitizer, disinfektan, hingga pembagian sembako dan suplemen Herbamuno ke beberapa tempat seperti RS Kartika Husada, Puskesmas Tambun, Polsek Tambun, Babinsa Koramil, Kantor Kecamatan Tambun Selatan, dan Kantor Kelurahan Setiadarma. Selain itu MECCAYA juga memberikan donasi sembako berupa susu, beras,  dan berbagai makanan kering ke Yayasan  Yatim Piatu Rahmansyah.

Tim ‘MECCAYA Tanggap Covid-19’  bersama Polsek Tambun yang diwakili oleh Bapak Kapolsek AKP Gana Yudha Pratama. S.IK. juga melakukan kunjungan ke berbagai pusat keramaian seperti Mall Tambun untuk membagikan masker dan mengingatkan warga untuk selalu mamakai masker ketika beraktivitas keluar rumah sebagai langkah pertama yang dapat dilakukan untuk melindungi komunitasnya serta memutus rantai penyebaran Covid-19.

Ricky Surya Prakasa, President Director MECCAYA Pharmaceutical, menyampaikan akan pentingnya untuk disiplin protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan sebagai “satu-satunya pemutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan harus dilakukan secara disiplin bersama."

“Di lingkungan perusahaan, protokol kesehatan ini kami terapkan dengan asas kebersamaan (gotong royong) dengan semboyan “#TogetherWeCAN”. Untuk memfasilitasi tujuan tersebut setiap hari Senin kami sediakan waktu 30 menit untuk melakukan Apel bersama dengan Senam Pagi  selama 15 menit dan diteruskan dengan 15 menit briefing seputar pemahaman, kewaspadaan, dan kedisiplinan bersama seputar kondisi pandemi Covid-19 yang berkembang. Selama 30 menit tersebut kita gunakan secara efektif sebagai sarana komunikasi sekaligus meningkatkan kebugaran dan asupan vitamin D alami sebagai ketahanan tubuh yang berelasi dengan tingkat keparahan covid-19 sesuai anjuran yang pemerintah sampaikan,” papar Ricky.

Yulia Anis, Regulatory & Compliance Head MECCAYA Pharmaceutical, menambahkan bahwa tingginya tingkat penularan di perkantoran dan pabrik belakangan ini banyak terjadi pada saat kita tidak berdisiplin protokol kesehatan.  Terutama pada waktu makan siang di saat kita tidak mengenakan masker, tentunya ini memiliki risiko penularan yang sangat tinggi. Kita harus meningkatkan kewaspadaan bersama pada saat jam istirahat dan makan siang.

 “Pada saat kita makan siang baiknya di tempat yang yang tidak ramai atau dilakukan di meja kerja masing-masing di masa pandemi ini, atau di meja yang telah dipasang partisi atau sekat pembatas khusus. Dengan berdisiplin memakai masker dan kewaspadaan pada saat kita makan siang akan mengurangi risiko penularan  di tempat kerja atau kantor terutama,” himbau Yulia.

Tia Oktaviani dari Tim MECCAYA Tanggap Covid-19 mengungkapkan bahwa di lingkungan perusahaan MECCAYA pun telah menggunakan teknologi berbasis plasmacluster yang efektif menonaktifkan virus airbone (penyebaran virus melalui udara). Tia menjelaskan bahwa dengan memasang unit plasmacluster di AHU system atau terpisah dapat secara continous membantu mengatasi virus airborne (SARS-CoV-2) yang mengancam di ruangan tertutup.

Seperti yang sudah diberitakan World Health Organization (WHO) beberapa minggu lalu menyatakan bahwa penyebaran dan penularan virus corona (SARS-CoV2) bisa terjadi secara airborne atau melalui udara, dapat diartikan virus corona  (SARS-CoV2) mampu bertahan cukup lama di udara dan risiko terjadi penularan di dalam ruang tertutup menjadi sangat tinggi.

Untuk mengurangi tingginya risiko penularan di ruang tertutup, pemilik gedung disarankan melakukan evaluasi kondisi sirkulasi disetiap ruangan dan memitigasi risiko bahaya virus airborne  yang menjadi penyebab utama penularan Covid-19. 

Baru-baru ini penelitian yang dilakukan di negara Jepang dan Inggris mempublikasikan hasil penelitian akan efektivitas teknologi ‘Plasmaclusters’ yang mampu menonaktifkan virus airborne lebih dari 90% hanya dalam 30 detik. Plasmacluster sendiri sudah lama dan banyak digunakan seperti di rumah sakit, sarana transportasi umum, mobil, dan bahkan sebagai unit air purifier diruang tamu.

“Di perusahaan farmasi seperti kami adanya aturan CPOB mengharuskan ruang produksi yang tertutup untuk menghindari kontaminasi silang, dan sirkulasi udara yang menggunakan HVAC sytem dengan HEPA filter. Penambahan ‘Plasmacusters’ memberikan solusi yang tepat, efektif, dan hemat biaya seperti halnya disinfektasi terhadap virus airborne tapi secara continous sepanjang jam operasi perusahaan sebagai mitigasi pengurangan risiko penularan di ruang tertutup,“ ungkap Tia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia