Tingkatkan Sektor Ekonomi , Indonesia Perkuat Hubungan Bilateral dengan Afrika Selatan

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 07 Oktober 2020 - 12:45 WIB

Hubungan Bilateral RI - Afrika Selatan (Photo by Kemlu)
Hubungan Bilateral RI - Afrika Selatan (Photo by Kemlu)

INDUSTRY.co.id - Durban – Berbicara tentang hubungan bilateral Indonesia dengan Afrika Selatan semakin kokoh dengan diresmikannya pejunjukkan Ebrahim Patel sebagai Konsul Kehormatan (Konhor) RI berkedudukan di Durban, Afrika Selatan, oleh Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan merangkap negara-negara lainnya, Salman Al Farisi.

“Bahwa kehadiran Konhor RI merupakan cerminan keseriusan Pemerintah RI dalam mengembangkan kerja sama bilateral dengan Afrika Selatan, khususnya Propinsi KwaZulu Natal, dan dapat berperan sebagai jembatan penghubung dengan berbagai pemangku kepentingan di Afrika Selatan yang diharapkan dapat memenuhi kepentingan kedua negara, khususnya di sektor ekonomi, perdagangan dan pariwisata”, ujar Dubes Salman melalui keterangan yang diterima redaksi pada Rabu (7/10).

“Durban merupakan salah satu kota pelabuhan utama di Afrika Selatan yang memiliki akses pasar yang luas, tidak hanya Afrika Selatan tapi juga negara-negara sekitarnya. Oleh karenanya, Indonesia melihat kota Durban sebagai lokasi strategis yang memiliki potensi kerja sama perekonomoian yang tinggi," tutup Dubes Salman.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan dua pertemuan terpisah dengan Premier Provinsi KwaZulu-Natal dan Member of the Executive Council, Nomusa Dube Ncube.

Dalam kesempatan tersebut kedua pihak membahas upaya-upaya peningkatan perekonomian pasca pandemi COVID-19 yang dapat dikerjasamakan serta berbagai aspek lainnya seperti sharing best practices peran UMKM dalam perekonomian nasional, serta pemanfaatan kemajuan teknologi.

Sementara itu, seiring dengan program perlindungan WNI, KBRI Pretoria dalam kesempatan kunjungan di Durban tersebut juga telah menyampaikan bantuan logistik berupa makanan dan perlengkapan kebersihan diri (sanitasi) kepada WNI yang berada di wilayah Durban dan Newcastle.

Selain itu, KBRI juga melakukan pertemuan dengan Otoritas Pelabuhan di Durban guna berkoordinasi terkait penanganan ABK WNI yang berada di wilayah perairan Afrika Selatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.