Fonterra Manufacturing Dukung Perkembangan Energi Terbarukan di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 01 Oktober 2020 - 14:30 WIB

Fonterra Memanfaatkan Tenaga Surya untuk Pabrik Indonesia
Fonterra Memanfaatkan Tenaga Surya untuk Pabrik Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Fonterra Brands Manufacturing Indonesia telah selangkah ke depan dengan menerapkan komitmen perusahaan dalam menjaga kelestarian alam melalui pengimplementasian atap panel surya di pabrik produksi yang berlokasi di Cikarang. Inisiatif ini merupakan sistem tenaga surya yang pertama dilakukan Fonterra di kawasan Asia Tenggara.

Dengan penerapan sistem atap panel surya ini, sekitar 15%-25% daya energi yang digunakan untuk menjalankan pabrik tersebut akan bersumber dari tenaga surya. Pemanfaatan tenaga surya diperkirakan dapat mengurangi emisi CO2 sebesar 424 metrik ton per tahun dan berdampak pada efisiensi energi yang setara dengan penanaman 6.259 bibit pohon selama 10 tahun ke depan.

Shekhar Rapaka, Presiden Direktur Fonterra Brands Manufacturing Indonesia, Kamis (1/10/2020) mengatakan, “Keberlanjutan merupakan inti strategi Fonterra dan kami berkomitmen untuk bergerak menuju kegiatan produksi pangan yang lebih berkelanjutan secara global. Panel surya akan membantu mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan mengurangi emisi gas rumah kaca. "

“Hal ini merupakan sebuah langkah positif Fonterra untuk mencapai target mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 30% pada tahun 2030 dan merealisasikan upaya perusahaan untuk tidak menghasilkan emisi karbon sama sekali (net zero carbon emission) pada tahun 2050.”

Lebih lanjut Shekhar mengatakan, “Inisiatif yang dilakukan Fonterra Brands Indonesia juga sejalan dengan Prioritas Nasional Ke-3 dalam merealisasikan 'Making Indonesia 4.0' yang bertujuan untuk menerapkan bisnis yang berkelanjutan melalui penerapan teknologi dan kegiatan yang ramah lingkungan. Fonterra Brands Indonesia berkomitmen tinggi untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan itulah mengapa kami senantiasa memimpin perubahan menuju masa depan rendah karbon melalui inovasi dan infrastruktur kami, yang pada akhirnya akan melestarikan lingkungan dan mengurangi emisi gas rumah kaca. "

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…