Salurkan Listrik di Desa Padingkian Banggai Laut, PLN Berharap Tingkatkan kesejahteraan masyarakat

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 01 Oktober 2020 - 10:15 WIB

PLN Salurkan Listrik di Desa Padingkian, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah (Photo by BUMN)
PLN Salurkan Listrik di Desa Padingkian, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah (Photo by BUMN)

INDUSTRY co.idPadingkian - Hadirnya listrik di Padingkian, PLN berharap meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. PLN berhasil menyalurkan listrik bagi 73 Kepala Keluarga (KK) di Desa Padingkian, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah.

Menghadirkan listrik di Desa Padingkian, PLN memerlukan investasi sebesar Rp1,52 miliar yang digunakan untuk membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 2,8 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 0,9 kms dan Gardu 1 buah tersebar dengan total 50 kiloVolt Ampere (kVA).

Adapun pasokan listrik di desa ini berasal dari PLTD Lipulalongo.

Bupati Banggai Laut, Drs. H. Wenny Bukarno mengapresiasi PLN atas upayanya menghadirkan listrik ke desa terpencil yang ada di wilayahnya. Padingkian, menjadi salah satu desa terpencil di Kecamatan Labobo.

“Saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi atas upaya yang telah dilakukan PLN, masuknya listrik merupakan sebuah kemajuan bagi masyarakat Desa Padingkian,” ungkap Wenny melalui keterangan yang diterima redaksi pada Kamis (1/10).

Komitmen PLN mewujudkan energi yang berkeadilan dengan mennyalurkan listrik di daerah-daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) terus bergulir.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara, Syamsul Huda mengatakan komitmen PLN dalam menghadirkan listrik dapat membawa kebahagiaan dan harapan baru bagi masyarakat.

Dirinya menambahkan, hadirnya PLN di tengah masyarakat Padingkian dapat mengikis ketimpangan pembangunan.

“Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok untuk menunjang segala jenis sektor usaha, PLN kini ini hadir di tengah masyarakat Padingkian yang belum menikmati listrik sebelumnya. Bukan hanya masyakarat di kota saja yang menikmati listrik tapi sampai ke pelosok desa dan pulau. PLN hadir membawa terang agar seluruh masyarakat Indonesia merasakan pembangunan yang merata,” tegas Huda.

Selain mengimplementasikan komitmen menghadirkan listrik di daerah 3T, PLN juga berupaya menghadirkan listrik untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi. Saat ini untuk Rasio Elektrifikasi di Kabupaten Banggai Laut telah mencapai 95,38 persen, dengan Rasio Desa Berlistriknya mencapai 66,67 persen.

Huda menambahkan dalam menghadirkan listrik ke Desa Padingkian menghadapi beberapa tantangan, karena letaknya di daerah Kepulauan Banggai Laut dan jauh dari pusat Kota Luwuk.

“Ini merupakan sebuah tantangan bagi kami. Namun dengan tekat yang kuat dan kerja nyata Insan PLN maka listrik pun bisa dirasakan oleh masyarakat, ini sebuah kebanggan bagi kami, membawa kebahagiaan di Padingkian,” pungkas Huda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…