25 Rumah Adat Sumba Terbakar, Masyarakat Sangat Butuh Bantuan

Oleh : Kormen Barus | Senin, 28 September 2020 - 16:29 WIB

25 Rumah Adat Sumba Terbakar/ Foto: Emanuel Dapaloka
25 Rumah Adat Sumba Terbakar/ Foto: Emanuel Dapaloka

INDUSTRY.co.id, Sumba-Setelah musibah kebakaran yang menimpa kampung tradisional Umbu Koba, Sumba, NTT pada Minggu 27/9/20, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) mulai menyalurkan bantuan. Dinas sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah menyalurkan 2 ton beras dan dua tenda darurat untuk para korban.

 Anderias Bulu, kepala desa Delo yang dihubungi lewat sambungan telpon menyampaikan bahwa saat ini sudah ada dua tenda darurat sebagai tempat warga bernaung. Dan kedua tenda itu belum memadai untuk paling sedikit 25 keluarga.

“Tadi malam sekitar jam 08.00 itu ada  tiba bantuan, yaitu 2 ton beras dari Dinas Sosial bersama tenda jadi dan dari Badan Penanggulangan Bencana juga ada tenda jadi satu. Sehingga saat ini di tempat kejadian ada dua tenda jadi,” jelas Anderias pada 28/9.

Selain itu bupati Sumba Barat Daya, dr. Kornelis Kodi Mete bersama dinas-dinas terkait juga sudah mengunjungi kampung tersebut pada Senin 28/9/2020 sekitar pukul 09.00 wita. Kepada masyarakat yang terdampak, Bupati berjanji akan memberikan bantuan sebesar 10 juta rupiah per rumah.

“Tadi jam 9 tepat bupati bersama SKPD berkunjung. Penegasan bapak bupati tadi bahwa, nanti ada bantuan untuk satu unit rumah itu 10 juta.  Kami dijanjikan tadi oleh bapak bupati bersama wakil bahwa 10 juta per unit rumah. Biaya itu untuk menangani situasi saat ini dulu”, demikian Anderias yang hadir di lokasi saat kunjungan Bupati SBD.

Hingga berita ini diturunkan situasi kampung dan warga yang terdampak sudah dapat ditangani. Masyarakat korban kebakaran masih membutuhkan bantuan terpal dan pakaian layak pakai. Sementara itu titik-titik api yang tersisa sudah berhasil dipadamkan warga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian ESDM

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:50 WIB

Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut, Kementerian ESDM Lirik Selat Pantar NTT

Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) Badan Litbang Kementerian ESDM melakukan penelitian dalam rangkaian pra feasibility study (pra FS) pemanfaatan arus laut dalam pembangkit…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:36 WIB

Telkom Dikabarkan Masuk Bisnis Media

Jakarta—PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom dikabarkan akan meluncurkan lini usaha media dalam waktu dekat.

Menteri Pertanian saat menyaksikan ekspor komoditas pertanian

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:18 WIB

Kementan Lepas Ekspor Premix Vitamin ke India

Kementerian Pertanian (Kementan) melepas ekspor perdana premix vitamin dan mineral ke India dari produksi PT Agrinusa Jaya Santosa yang merupakan anak perusahaan PT Japfa Comfeed Indonesia,…

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, Dody Widodo

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:10 WIB

Akses Pasar Baru Terbuka Lebar, Kemenperin Dorong Industri Rebut Peluang Implementasi RCEP

Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) atau Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional dinilai akan memberikan beberapa akses pasar baru bagi produk industri nasional. Oleh karena itu,…

PT Perintis Triniti Properti Tbk

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:00 WIB

DER TRIN Diprediksi Merosot Tajam di 2020

Debt to Equity Ratio (DER)PT Perintis Triniti Properti Tbk (IDX: TRIN) diproyeksikan turun tajam menjadi sebesar 0,74x pada akhir tahun 2020 dari sebelumnya 1,74x pada periode 30 Juni 2020.…