Siapkan SDM Profesional dan Kompeten, KAI Berkolaborasi dengan BPSDMP

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 25 September 2020 - 13:15 WIB

Kerja Sama PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) - (Photo by BUMN)
Kerja Sama PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) - (Photo by BUMN)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menjalin kerja sama untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Perkeretaapian. PT Kereta Api Indonesia (KAI) berkolaborasi dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP).

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) oleh Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, dan Kepala BPSDMP, Sugihardjo, di Gedung JRC Juanda, Jakarta.

Dalam sambutannya Didiek mengapresiasi kepada para pihak terhadap proses penandatanganan kesepakatan bersama ini.

"Pelaksanaan penandatanganan kesepakatan bersama ini merupakan salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi dalam pengembangan sumber daya manusia bidang perkeretapian untuk terwujudnya transportasi perkeretapian yang selamat dan aman bagi seluruh masyarakat”, ungkap Didiek melalui keterangan yang diterima redaksi pada Jumat (25/9).

Terdapat beberapa hal yang telah disepakati, yaitu Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB), sumber rekrutment sesuai kebutuhan, pelaksanaan seminar, bimbingan teknis, loka karya dan sosialisasi, pemanfaatan fasilitas yang terkait dengan pengembangan SDM di bidang perkeretaapian.

Serta penelitian dan pengabdian masyarakat serta inovasi yang dapat bermanfaat bagi KAI dan BPSDMP.

Sugihardjo mengatakan kerja sama ini dilakukan sebagai salah satu bentuk link and match dalam penyelenggaraan diklat di BPSDMP.

Dalam rangka menyiapkan SDM untuk mampu bersaing dalam persaingan global serta mampu meningkatkan kualitas SDM sehingga dapat meningkatkan daya saing pada industrinya.

“MoU ini merupakan salah satu bentuk link and match antara pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh BPSDM Perhubungan dengan kebutuhan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri perkeretaapian sehingga memperkecil gap antara demand dan supply dalam rangka penyediaan SDM transportasi yang berkompeten untuk terselenggaranya sarana transportasi yang andal,” jelas Sugihardjo.

Dikatakan, BPSDM Perhubungan sebagai lembaga pendidikan, perlu melakukan berbagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas lulusan, agar kebutuhan SDM transportasi yang kompeten dapat terpenuhi.

Untuk itu, kerja sama ini merupakan hal penting agar terwujudnya sinergi dan kolaborasi antara penyelenggara pendidikan dan pelatihan dengan industri transportasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Sabtu, 25 Juni 2022 - 06:18 WIB

Tiga Langkah Usulan Presiden Jokowi pada High-level Dialogue on Global Development

Tantangan yang dihadapi dunia saat ini sangat berat, yaitu tantangan terhadap ketahanan pangan, ketahanan energi, hingga stabilitas keuangan yang makin sulit. Pertumbuhan ekonomi dunia tahun…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H. Maming

Sabtu, 25 Juni 2022 - 06:00 WIB

IUP yang Ditandatangani Mardani H Maming Tidak Dipersoalkan dalam Putusan

Majelis Hakim Pengadilan Tindak Korupsi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tidak mempersoalkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang ditandatangani bekas Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming. Dalam…

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 25 Juni 2022 - 06:00 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Tegaskan Jangan Ragu-Ragu untuk Berbuat Bagi Anggota, Satuan, Masyarakat serta Bangsa Negara

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., berpesan kepada para Komandan Satuan agar jangan ragu-ragu untuk berbuat bagi anggota, satuan, masyarakat…

Prajurit Petarung Birgif 2 Marinir Laksanakan Latihan Tempur

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:45 WIB

Prajurit Petarung Birgif 2 Marinir Laksanakan Latihan Tempur

Dalam rangka menindaklanjuti Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Prajurit Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Reseksi dan Interseksi

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:30 WIB

Prajurit Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Reseksi dan Interseksi

Dalam rangka latihan TW II Brigif 1 Mar Ta 2022, pada Daerah Latihan III hari kedua prajurit petarung Brigif 1 Mar laksanakan latihan reseksi dan interseksi yang berlokasi di Jampang Tengah,…