Kang Emil Bawa Kabar Baik! Sejumlah Investor Bakal Bangun 10 Kota Baru di Kawasan Segitiga Emas Rebana

Oleh : Ridwan | Kamis, 24 September 2020 - 11:02 WIB

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto Dok Industry.co.id)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, mengklaim, kawasan segitiga emas di Cirebon, Patimban, dan Kertajati (Rebana) dilirik banyak investor. 

Bahkan, pria yang sering disapa Emil ini menyebut telah ada tawaran membangun 10 kota baru.

"Aeropolis di daerah Kertajati diminati oleh Tiongkok; untuk Taiwan, tertarik satu kota industri baru itu adalah di daerah Indramayu; dan Timur Tengah tertarik dengan lahan RNI yang akan didesain sebagai kota baru berbasis industri halal," ucapnya, melansir situs web Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Emil mengungkapkan bahwa pembangunan 10 kota baru tersebut mampu menyerap 5 juta tenaga kerja selama 15 tahun. Juga bakal mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jabar sebesar 2%-4%.

Menurutnya, kehadiran Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, turut menyokong kawasan Rebana. Rencananya peluncuran awal (soft launching) tahap I dilakukan awal November 2020.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan Pelabuhan Patimban merupakan proyek bertahap dan jangka panjang. Nilai investasinya Rp29 triliun-Rp50 triliun.

Fasilitas memiliki luas area 654 hektare (ha). Sebesar 300 ha di antaranya akan dipergunakan untuk peti kemas dan terminal kendaraan.

"Kapasitas pelabuhannya nantinya akan mencapai sebesar 7,5 juta TEUs (twenty-foot equivalent unit) hingga 14 juta TEUs, dan akan menjadi pelabuhan terbesar di Indonesia," jelasnya pada kesempatan sama, saat Rapat Terbatas (ratas) tentang Perkembangan Proyek Strategis Nasional (PSN), Selasa (22/9). 

Disisi lain, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pembangunan Pelabuhan Patimban dipercepat guna pertumbuhan dan perdagangan di Jabar. "Dan dikembangkan saling mengisi dengan (Pelabuhan) Tanjung Priok."

Dia melanjutkan, wilayah pantai utara (pantura) Jawa telah terhubung dengan tol. Harus menjadi superkoridor ekonomi, sehingga kawasan industri, pariwisata, dan sentra pertanian saling terhubung.

"Dengan Pelabuhan Patimban ini akan terbangun kawasan pertumbuhan ekonomi, yaitu Pelabuhan Patimban, Airport Kertajati, juga kawasan di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta sebagai sebuah kawasan industri. (Seluruhnya) saling terkoneksi dan saling mendukung satu dengan yang lain, sehingga memiliki daya saing, terutama untuk produk-produk ekspor dan lebih khusus lagi di bidang otomotif," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif 413/Bremoro Amankan Oknum Penyakit Masyarakat

Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:30 WIB

Satgas Yonif 413 Bremoro Amankan Oknum Penyakit Masyarakat

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif MR 413/Bremoro Mayor Inf Anggun Wuriyanto mengatakan bahwa pemuda berinisial JH itu ditangkap dan diamankan ketika membawa ganja yang disamarkan dalam…

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:00 WIB

KKSB Papua Hadang dan Tembaki Patroli TNI

Dijelaskan Kapen Kogabwilhan III, penghadangan dan penembakan brutal yang dilakukan KKSB tersebut terjadi pada pukul 09.30 WIT, Distrik Sarambakon tepatnya sekitar 15 meter lewat jembatan kayu…

Satgas Yonif MR 413 Bremoro-Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Berbagai Bidang

Rabu, 21 Oktober 2020 - 04:30 WIB

Satgas Yonif MR 413 Bremoro-Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Berbagai Bidang

Menerima perintah Dansatgas, Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat yang juga menjabat selaku Wadansatgas segera menyiapkan personelnya termasuk menghubungi dari pihak Bea dan Cukai Jayapura yang…

Prajurit Resimen Artileri 2 Marinir Amankan Unras di Surabaya

Rabu, 21 Oktober 2020 - 04:00 WIB

Prajurit Resimen Artileri 2 Marinir Amankan Unras di Surabaya

Danmenart 2 Mar Kolonel Marinr Aris Budiadi, S.Pi., dalam arahannya mengatakan bahwa tugas yang diemban oleh prajurit Korps Marinir sesuai Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tugas…

DukungSDG’s (Suitainable Development Goals), Indra Karya SediakanProgram Bantuan AksesAir Bersih Berbasis Teknologi “Smart Water”di Madura

Selasa, 20 Oktober 2020 - 21:47 WIB

Indra Karya Sediakan Program Bantuan Akses Air Bersih Berbasis Teknologi “Smart Water”di Madura

Jakarta (19/10) –Terbatasnya penyediaan air bersih masih menjadi permasalahan mendasar beberapa wilayah dan kawasan di Indonesia bahkan dunia.