Calon Penyanyi Harus Memiliki Pendengaran Yang Baik

Oleh : Herry Barus | Senin, 21 September 2020 - 16:00 WIB

Musisi Otti Jamalus
Musisi Otti Jamalus

INDUSTRY.co.id - Jakarta--Ternyata untuk menjadi penyanyi hebat tidak melulu harus memiliki vokal yang mimpi, tapi yang lebih . penting justru mesti memiliki kuping yang baik. karena instrumental musik akan merasuk jiwa apabila pemilik pendengaran baik. Setelah Memiliki kuping yang baik, giliran olah vokal dan olah rasa yang dikembangkan di sekolah musik.

"Syarat utama.menjadi hebat harus memiliki pendengaran yang baik, karena dari mendengar instrument musik yang baik. Akan muncul karakter suara yang baik pula," ujar Otti Jamalus, musisi yang sekaligus pengajar di sekolah musik miliknya Otti Jamalus Musik di kawasan Radio dalam Jakarta Selatan saat jadi narasumber Cakap-Cakap Bareng Bens Leo, pengamat musik kondang. Senin (21/09/2020)

Karena untuk karakter vokal yang baik sudah dimiliki oleh setiap penyanyi sejak lahir. Sehingga tinggal diselaraskan disesuaikan dengan jenis musik yang akan ditekuni setiap individu.

"Karakter vokal sudah dari sananya, pemberian Tuhan, jadi kita tidak perlu repot merubahnya. Paling sebagai pengajar, saya tinggal menyelaraskan saja. Biar lebih bagus dan baik" kata Otti mantap.

Belajar musik tidak hanya milik orang awam yang ingin terkun sebagai penyanyi atau musisi. Tapi untuk sebagian penyanyi yang merasa perlu diasah lagi rasa bernyanyi dan bermusiknya juga menyambangi sekolah musik Otti.

"Untuk penyanyi yang sudah terkenal, soal suara tidak masalah. Tapi tekanan mental yang biasanya belum dikuasai betul, ketika jelang menggelar konser sehingga merasa perlu dibenahi sisi itu," papar Otti.

Dicontohkan Oti beberapa penyanyi yang minta advice pada dirinya ketika jelang konser.

"Gleen Fledly, Bunga Citra Lestari sempat datang kesini Jelang konsernya," tandas Otti

Bahkan saking puasnya atas pengajaran musik yang diberikan Otti. Glen Fledly menitipkan istri dan anaknya untuk belajar musik padanya.

"Dua Minggu jelang meninggal, Gleen sempat niti pada saya untuk kasih bimbingan bermusik pada istri dan anaknya. Sungguh saya nggak menyangka, itu menjadi wasiat dari Gleen Fledly" jelas musisi jazz handal ini.

Wanita ramah kelahiran Jakarta, 27 Oktober 1968 ini memang aktif sebagai pelatih vokal untuk beberapa penyanyi populer di Indonesia. Sebut saja, Titi DJ, Glen Fredly (piano), Agnes Monica, Group vokal B3, Bunga Citra Lestari, Nino Kayam “RAN”, Rendy Pandugo, Endah dari “EndahRhesa”, dan beberapa pemusik muda lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif 413/Bremoro Amankan Oknum Penyakit Masyarakat

Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:30 WIB

Satgas Yonif 413 Bremoro Amankan Oknum Penyakit Masyarakat

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif MR 413/Bremoro Mayor Inf Anggun Wuriyanto mengatakan bahwa pemuda berinisial JH itu ditangkap dan diamankan ketika membawa ganja yang disamarkan dalam…

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:00 WIB

KKSB Papua Hadang dan Tembaki Patroli TNI

Dijelaskan Kapen Kogabwilhan III, penghadangan dan penembakan brutal yang dilakukan KKSB tersebut terjadi pada pukul 09.30 WIT, Distrik Sarambakon tepatnya sekitar 15 meter lewat jembatan kayu…

Satgas Yonif MR 413 Bremoro-Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Berbagai Bidang

Rabu, 21 Oktober 2020 - 04:30 WIB

Satgas Yonif MR 413 Bremoro-Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Berbagai Bidang

Menerima perintah Dansatgas, Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat yang juga menjabat selaku Wadansatgas segera menyiapkan personelnya termasuk menghubungi dari pihak Bea dan Cukai Jayapura yang…

Prajurit Resimen Artileri 2 Marinir Amankan Unras di Surabaya

Rabu, 21 Oktober 2020 - 04:00 WIB

Prajurit Resimen Artileri 2 Marinir Amankan Unras di Surabaya

Danmenart 2 Mar Kolonel Marinr Aris Budiadi, S.Pi., dalam arahannya mengatakan bahwa tugas yang diemban oleh prajurit Korps Marinir sesuai Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tugas…

DukungSDG’s (Suitainable Development Goals), Indra Karya SediakanProgram Bantuan AksesAir Bersih Berbasis Teknologi “Smart Water”di Madura

Selasa, 20 Oktober 2020 - 21:47 WIB

Indra Karya Sediakan Program Bantuan Akses Air Bersih Berbasis Teknologi “Smart Water”di Madura

Jakarta (19/10) –Terbatasnya penyediaan air bersih masih menjadi permasalahan mendasar beberapa wilayah dan kawasan di Indonesia bahkan dunia.