Calon Penyanyi Harus Memiliki Pendengaran Yang Baik

Oleh : Herry Barus | Senin, 21 September 2020 - 16:00 WIB

Musisi Otti Jamalus
Musisi Otti Jamalus

INDUSTRY.co.id - Jakarta--Ternyata untuk menjadi penyanyi hebat tidak melulu harus memiliki vokal yang mimpi, tapi yang lebih . penting justru mesti memiliki kuping yang baik. karena instrumental musik akan merasuk jiwa apabila pemilik pendengaran baik. Setelah Memiliki kuping yang baik, giliran olah vokal dan olah rasa yang dikembangkan di sekolah musik.

"Syarat utama.menjadi hebat harus memiliki pendengaran yang baik, karena dari mendengar instrument musik yang baik. Akan muncul karakter suara yang baik pula," ujar Otti Jamalus, musisi yang sekaligus pengajar di sekolah musik miliknya Otti Jamalus Musik di kawasan Radio dalam Jakarta Selatan saat jadi narasumber Cakap-Cakap Bareng Bens Leo, pengamat musik kondang. Senin (21/09/2020)

Karena untuk karakter vokal yang baik sudah dimiliki oleh setiap penyanyi sejak lahir. Sehingga tinggal diselaraskan disesuaikan dengan jenis musik yang akan ditekuni setiap individu.

"Karakter vokal sudah dari sananya, pemberian Tuhan, jadi kita tidak perlu repot merubahnya. Paling sebagai pengajar, saya tinggal menyelaraskan saja. Biar lebih bagus dan baik" kata Otti mantap.

Belajar musik tidak hanya milik orang awam yang ingin terkun sebagai penyanyi atau musisi. Tapi untuk sebagian penyanyi yang merasa perlu diasah lagi rasa bernyanyi dan bermusiknya juga menyambangi sekolah musik Otti.

"Untuk penyanyi yang sudah terkenal, soal suara tidak masalah. Tapi tekanan mental yang biasanya belum dikuasai betul, ketika jelang menggelar konser sehingga merasa perlu dibenahi sisi itu," papar Otti.

Dicontohkan Oti beberapa penyanyi yang minta advice pada dirinya ketika jelang konser.

"Gleen Fledly, Bunga Citra Lestari sempat datang kesini Jelang konsernya," tandas Otti

Bahkan saking puasnya atas pengajaran musik yang diberikan Otti. Glen Fledly menitipkan istri dan anaknya untuk belajar musik padanya.

"Dua Minggu jelang meninggal, Gleen sempat niti pada saya untuk kasih bimbingan bermusik pada istri dan anaknya. Sungguh saya nggak menyangka, itu menjadi wasiat dari Gleen Fledly" jelas musisi jazz handal ini.

Wanita ramah kelahiran Jakarta, 27 Oktober 1968 ini memang aktif sebagai pelatih vokal untuk beberapa penyanyi populer di Indonesia. Sebut saja, Titi DJ, Glen Fredly (piano), Agnes Monica, Group vokal B3, Bunga Citra Lestari, Nino Kayam “RAN”, Rendy Pandugo, Endah dari “EndahRhesa”, dan beberapa pemusik muda lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…