Kabar Gembira, Ridwan Kamil Tawarkan Desain Produk Hingga Endorsement Kepada UMKM

Oleh : Hariyanto | Minggu, 20 September 2020 - 17:31 WIB

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kabar gembira untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tanah air dari Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. Pelaku UMKM kini bisa meminta endorsement dari Ridwan Kamil.

Syaratnya, pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut turut serta dalam proses mendesain produk sehingga ia bisa menjalin ikatan emosional dengan produk. Kolaborasi mendesain produk ini dipilih lantaran latar belakang Ridwan Kamil sebagai arsitek.

Selain itu, Kang Emil juga menawarkan keahliannya mendesain produk dalam rangka mendukung bangkitnya 37 ribu UMKM Jabar yang terdampak pandemi global COVID-19.

"Saya sedang kurasi produk-produk yang akan saya endorse, yang juga saya desain. Dengan 20 juta follower di media sosial saya bisa membantu mempromosikan,” ujar Kang Emil dalam sambutannya di acara "Marketeers Festival 2020" melalui videoconference dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (19/9/20).

"Ini beyond marketing. Jadi, selain memasarkan juga menjadi desainer. Itu tawaran saya kepada produk-produk UMKM di Jabar, jadi ada edisi Ridwan Kamil untuk sepatu, jaket, desain radio, motor, dan lain-lain. Ini tawaran saya kepada semua yang mau produknya saya endorse, syaratnya kita kolaborasi,” tambahnya.

Bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang berminat mendapat dukungan desain dari Kang Emil, bisa menghubungi Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar di Kota Bandung untuk selanjutnya akan dikurasi dan dipilih.

“Mungkin tidak bisa semua (terpilih), tapi yang beruntung akan mendapatkan promosi dan kolaborasi dari saya,” ujar Kang Emil.

“Dan ini untuk pelaku UMKM di Jabar dan se-Indonesia, tapi prioritas untuk UMKM di Jawa Barat. Sekarang sudah mulai, tapi supaya terorganisasi bisa kontak ke Dinas KUK (Jabar),” katanya.

Dalam acara "Marketeers Festival 2020" ini, Kang Emil juga menjelaskan bahwa untuk membangkitkan ekonomi di masa pandemi, pelaku UMKM khususnya di Jabar bisa memanfaatkan beberapa hal, contohnya bantuan akses modal di bank bjb.

Pemerintah pusat pun telah menyimpan dana Rp2 triliun di bank bjb untuk membantu memulihkan ekonomi di sektor UMKM Jabar.

Selain itu, UMKM bisa membangkitkan ekonominya dengan dukungan terhadap ekosistem baik dari sisi pemasaran maupun kualitas produk, termasuk dengan meningkatkan kualitas dari segi desain produk.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Parjurit Marinir Petarung Beruang Hitam Terlibat Pengamanan Unras Jakarta

Rabu, 21 Oktober 2020 - 06:00 WIB

Parjurit Marinir Petarung Beruang Hitam Terlibat Pengamanan Unras Jakarta

Prajurit Marinir Beruang Hitam, Kompi II dibawah pimpinan Lettu Mar Cahyo Sugesang mewakili Dan SSY VI dengan Komandan SSY Letkol Mar James Munthe, M. Tr(Hanla) berhasil mengajak demonstran…

Satgas Yonif 413/Bremoro Amankan Oknum Penyakit Masyarakat

Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:30 WIB

Satgas Yonif 413 Bremoro Amankan Oknum Penyakit Masyarakat

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif MR 413/Bremoro Mayor Inf Anggun Wuriyanto mengatakan bahwa pemuda berinisial JH itu ditangkap dan diamankan ketika membawa ganja yang disamarkan dalam…

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:00 WIB

KKSB Papua Hadang dan Tembaki Patroli TNI

Dijelaskan Kapen Kogabwilhan III, penghadangan dan penembakan brutal yang dilakukan KKSB tersebut terjadi pada pukul 09.30 WIT, Distrik Sarambakon tepatnya sekitar 15 meter lewat jembatan kayu…

Satgas Yonif MR 413 Bremoro-Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Berbagai Bidang

Rabu, 21 Oktober 2020 - 04:30 WIB

Satgas Yonif MR 413 Bremoro-Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Berbagai Bidang

Menerima perintah Dansatgas, Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat yang juga menjabat selaku Wadansatgas segera menyiapkan personelnya termasuk menghubungi dari pihak Bea dan Cukai Jayapura yang…

Prajurit Resimen Artileri 2 Marinir Amankan Unras di Surabaya

Rabu, 21 Oktober 2020 - 04:00 WIB

Prajurit Resimen Artileri 2 Marinir Amankan Unras di Surabaya

Danmenart 2 Mar Kolonel Marinr Aris Budiadi, S.Pi., dalam arahannya mengatakan bahwa tugas yang diemban oleh prajurit Korps Marinir sesuai Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tugas…