Eksplorasi Sektor Tambang Menggunakan Terra Drone

Oleh : Herry Barus | Kamis, 17 September 2020 - 17:00 WIB

Terra Drone Indonesia (Foto Dok Industry.co.id}
Terra Drone Indonesia (Foto Dok Industry.co.id}

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Terra Drone Indonesia kembali berhasil melakukan pemetaan topografi menggunakan drone untuk kebutuhan eksplorasi tambang milik PT. Karya Bumi Baratama (PT KBB). PT KBB merupakan perusahaan pertambangan batubara asing skala besar dengan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) yang berlokasi di Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

“Drone dalam sektor tambang sudah sejak lama digunakan dan kini aplikasinya terus berkembang. Berbagai keuntungan penggunaan drone di sektor tambang sendiri antara lain untuk inventarisasi potensi pertambangan, perencanaan site lokasi pertambangan, mengidentifikasi pertambangan liar, memonitor perubahan, dan rehabilitasi lahan, “ujar Michael Wisnu Wardhana Siagian (Managing Director Terra Drone Indonesia), Kamis (17/9/2020)

Terra Drone Indonesia menggunakan drone model fixed wing yaitu Bramor ppX dari C-Astral Aerospace, salah satu perusahan grup Terra Drone Corporation di Slovenia, untuk melakukan survei topografi tersebut. Dalam sekali penerbangan drone, seluruh area pekerjaan dapat dipetakan, dengan hasil akhir berupa peta yang memiliki tingkat akurasi sangat tinggi sebagai dasar perencanaan.

 Survei topografi sendiri dibutuhkan untuk mengidentifikasi kontur tanah yang ada di permukaan bumi. Peta yang dihasilkan dari kegiatan ini dapat membantu perusahaan memastikan keamanan dan keberlangsungan operasional wilayahnya.

Pada kasus pertambangan, seringkali data topografi berguna untuk kebutuhan perencanaan. Dengan jasa pemetaan topografi menggunakan drone, perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya, tanpa perlu membeli drone industri yang mahal dan melatih karyawan menjadi pilot drone dalam waktu yang lama.

 Di situasi “new-normal” seperti sekarang, perusahaan membatasi aktivitas tim dalam jumlah besar di lapangan. Drone menjadi solusi yang tepat karena hanya membutuhkan dua orang saja untuk mengoperasikannya, serta dapat dilakukan secara jarak jauh untuk mengumpulkan data dengan cepat sehingga cocok untuk digunakan di situasi saat ini.

“Terra Drone Indonesia berkomitmen untuk terus dapat mendukung industri-industri di Indonesia melalui berbagai solusi dan aplikasi teknologi drone yang mengedepankan keselamatan operasi dan keunggulan ekonomis bagi para pelaku industri, “pungkas Michael Wisnu Wardhana Siagian

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Presiden Jokowi

Jumat, 30 Oktober 2020 - 10:31 WIB

Jokowi Ajak Pemuda Tekuni Pertanian, Mentan Dorong Modernisasi

Presiden Joko Widodo mengajak kalangan muda Indonesia kembali menekuni dunia pertanian. Menurut Presiden, hanya dengan cara itu negara ini kembali berjaya dan merdeka atas hasil tani yang sangat…

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Riza Damanik, saat membuka Bazaar UMKM di sela-sela peringatan Haul Akbar Maulana Syarif Al Habib Thoha Bin Hasan Bin Yahya, di Ciledug, Kabupaten Cirebon

Jumat, 30 Oktober 2020 - 10:15 WIB

KemenkopUKM Beberkan Peluang Bisnis UMKM di Tengah Pandemi

Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus mampu merespon perubahan-perubahan perilaku dan pola konsumen, sebagai akibat dari penerapan physical distancing selama pandemi Covid-19.

Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji

Jumat, 30 Oktober 2020 - 10:00 WIB

Kementerian PANRB-KOICA Lakukan Pelatihan Manajemen Talenta

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali melakukan kerja sama dengan pemerintah Republik Korea melalui Korea International…

Pembangunan Sabo Dam

Jumat, 30 Oktober 2020 - 09:47 WIB

Kurangi Risiko Bencana Banjir Lahar Gunung Merapi, Kementerian PUPR Bangun Tujuh Sabo Dam Baru

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Sabo Dam dibangun untuk menahan dan mengurangi kecepatan aliran lahar yang membawa material vulkanik sehingga dapat meminimalisir risiko bencana banjir…

Layanan Bank BRI

Jumat, 30 Oktober 2020 - 09:35 WIB

Bank BRI Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Metode Inkubasi dan Pembentukan Ekosistem Harus

Selain melalui BRIncubator, perseroan juga membantu pelaku usaha kecil agar bisa tumbuh dan bertahan selama pandemi dengan berbagai program pembiayaan serta relaksasi.