Miris! 25 Tahun Berjaya Kini Bisnis Pendidikan di Tanah Air Masuk Jurang Krisis

Oleh : Ridwan | Rabu, 16 September 2020 - 12:45 WIB

Iluustrasi Mahasiswa
Iluustrasi Mahasiswa

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dunia pendidikan menjadi salah satu bisnis yang terpukul oleh pandemi Covid-19 di Tanah Air. Hal ini diakui oleh Chief Financial Offiver PT Stella Maris Internasional Pierre Sanjaya. 

Dijelaskan Pierre, selama ini tren bisnis pendidikan selalu menunjukkan angka kenaikan yang positif. Namun, pandemi Covid-19 merubah semua yang telah ditetapkan. 

"Dalam kurun waktu 25 tahun, baru kali ini bisnis pendidikan masuk dalam krisis," kata Pierre dalam konferensi pers Satgas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB Jakarta (15/9/2020).

Dijelaskan Pierra, ada beberapa aspek yang mempengaruhi merosotnya kinerja bisnis pendidikan di dalam negeri antara lain, aspek orang tua, siswa, guru, dan perangkatnya.

Untuk aspek orang tua, terang Pierre, pandemi Covid-19 menuntut mereka harus menyediakan ruang dan waktu khusus untuk membimbing anak-anaknya belajar. 

Sementara untuk aspek guru, keharusan belajar ekstra dan tidak semua siap dengan fasilitas pembelajaran di rumah.

"Sedangkan untuk siswa, mereka lebih senang belajar di sekolah karena bisa bertemu teman dan ada waktu untuk istirahat maupun olahraga," jelasnya.

Disisi lain, Pierre mengapresiasi pemerintah yang memberikan subsidi kuota internet kepada guru dan siswa. Sebelumnya, dia mengatakan, ketersediaan kuota internet ikut menjadi kendala dalam pendidikan jarak jauh.

Sedang bagi Stella Maris sendiri, Pierre menambahkan, pengelolanya sekolah dengan kurikulum nasional dan internasional itu berinovasi dengan membuat platform yang membantu pembelajaran para siswanya dari rumah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembangunan madrasah

Senin, 21 September 2020 - 09:03 WIB

Kementerian PUPR Genjot Rehabilitasi 780 Sekolah dan 192 Madrasah pada 2020

Tercatat rehabilitasi sekolah yang telah ditangani hingga September 2020 mencapai 2.247 Sekolah dan 334 Madrasah yang sebanyak 780 unit sekolah (SD, SMP dan SMU) dan 192 unit madrasah (Ibtidaiyah,…

Labuan Bajo NTT

Senin, 21 September 2020 - 09:00 WIB

Pembangunan Bandara dan Pelabuhan Disiapkan Dukung Pariwissata Labuhan Bajo

Pembangunan infrastruktur khususnya dalam sektor transportasi harus dilanjutkan karena dapat membantu percepatan ekonomi nasional dengan menciptakan lapangan kerja baru hingga membuka konektivitas…

Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist

Senin, 21 September 2020 - 08:42 WIB

Agar Selalu Sehat di Tengah Pandemi, Berikut Isi Ceramah Subuh Kepala Labor RS-Unand yang Patut Disimak

Dr.dr.Andani Eka Putra M.Sc Kepala Labor RS-Unand, pada Minggu 20 September setelah Syalat Subuh di Masjid Muhajirin Mawar Putih, menyampaikan ceramah dengan Tema : Pencerahan penularan Wabah…

Wapres Ma'ruf Amin (Antara)

Senin, 21 September 2020 - 08:26 WIB

Wapres Ma'ruf Amin Berharap Tren K-pop Tumbuhkan Kreatifitas Anak Muda Indonesia

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin terus mendorong kreativitas anak muda Indonesia dalam mempromosikan budaya bangsa ke dunia internasional.┬áSalah satunya bisa dengan mengadopsi cara Korean…

Erwin Aksa WKU KADIN Indonesia

Senin, 21 September 2020 - 08:05 WIB

Minta Pengusaha Jemput Bola, KADIN: Jangan Hanya Mengandalkan Pemerintah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta dunia usaha tidak hanya meengandalkan upaya dari pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19.