Bukit Asam Gandeng Pelindo II untuk Optimasi Angkutan Batu Bara di Sumatra Selatan

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 September 2020 - 15:10 WIB

Batubara (ist)
Batubara (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menandatangani Head of Agreement (HoA/perjanjian induk) dengan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) untuk pengembangan kapasitas angkutan batu bara dan/atau komoditas lainnya melalui sungai dan pelabuhan di Sumatra Selatan.

Selain HoA, PTBA dan Pelindo II juga menandatangani SK Tim bersama yang dilakukan oleh Direktur Pengembangan Usaha PTBA Fuad I.Z Fachroeddin dan Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo II (Persero) Ogi Rulino, pada Jumat, 11 September 2020.

Kerjasama pengembangan angkutan batu bara ini dilakukan untuk menyukseskan tujuan pembangunan koridor ekonomi Sumatra Selatan sebagai lumbung energi nasional.

PTBA yang memiliki letak geografis tambang yang jauh dari pelabuhan laut membutuhkan infrastruktur transportasi memadai untuk mengangkut batu bara secara efektif dan efisien hingga sampai ke konsumen.

Sekretaris Perusahaan PTBA Apollonius Andwie C memaparkan kerja sama ini sekaligus bertujuan untuk efisiensi biaya dan penambahan kapasitas volume angkutan batu bara. “Ini saatnya PTBA mengembangkan angkutan batu bara yang lebih efisien secara biaya dan operasional,” ujar Apollonius dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (14/9/2020).

Diharapkan kerjasama dengan Pelindo II ini bisa berlanjut lebih luas untuk mewujudkan peningkatan angkutan batu bara sampai dengan 20 juta ton serta komoditas lainnya, termasuk produk hilirisasi batu bara.

Hingga Juni 2020, PTBA mampu menghasilkan 11,9 juta ton batu bara diiringi dengan kinerja angkutan yang juga menunjukkan performa positif. Selama semester pertama tahun ini, tercatat kapasitas angkutan batu bara mencapai 11,7 juta ton.

Masih terjaganya kinerja operasional perusahaan hingga semester I-2020 tak lain merupakan hasil dari penerapan operational excellence yang berkelanjutan dan perluasan pasar yang menjadi strategi perusahaan dalam menjalankan bisnis di tahun ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Logo Telkom

Senin, 26 Oktober 2020 - 00:05 WIB

Akselerasi Akses Informasi di Seluruh Negeri, Telkom Jaga Momentum di Tengah Pandemi

Merebaknya pandemi COVID-19 memberikan pengaruh yang sangat besar bagi seluruh negara di dunia. Hampir semua aktivitas para pelaku bisnis dari berbagai aspek industri terkena dampak pandemi…

Perkebunan kopi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:19 WIB

Komitmen Tingkatkan Produksi Kopi, Kementan Terus Kembangkan Inovasi

Asep Sukarna, salah satu petani kopi di Kabupaten Bandung Barat mengatakan penyediaan bibit unggul kopi seyogyanya memperhatikan kesesuaian dengan karakter daerah masing-masing.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:00 WIB

Lima Perubahan Paradigma Keamanan Siber

Dengan menerapkan empati pada solusi digital, perusahaan bisa menjadi lebih inklusif. Dalam keamanan siber, itu berarti membangun solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kelompok di keadaan…

Wisuda President University 2020

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:35 WIB

Wisuda President University 2020: Peluang Unik di Tengah Pandemi Covid-19

Era Industri 4.0 yang dipicu oleh perkembangan teknologi menawarkan banyak peluang baru. Namun, untuk bisa merebut peluang tersebut, kita dituntut bukan hanya harus mampu menguasai teknologi,…

CIMB Niaga - foto IST

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:00 WIB

CIMB Niaga Salurkan Program Beasiswa Periode 2020-2022

Program Beasiswa CIMB Niaga 2020-2022 di masa pandemi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mahasiswa agar tetap dapat melanjutkan studi tanpa terkendala biaya. Hal ini juga…