Review Samsung Galaxy A01 Core, Smartphone Entry-Level Dengan Tampilan Kekinian

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 12 September 2020 - 14:35 WIB

Samsung Galaxy A01 Core
Samsung Galaxy A01 Core

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Samsung Electronics Indonesia telah resmi meluncurkan Galaxy A01 Core pada pertengahan Juli 2020 lalu. Dibanderol dengan harga sejutaan, perangkat entry-level ini tentu saja akan menjadi perangkat yang ramah dikantong namun tetap bisa bergaya stylis.

Meski harganya cukup miring, perangkat ini dapat memenuhi kebutuhan online yang menyenangkan. Sebut saja chatting, browsing, streaming youtube dan juga social media.

Samsung Galaxy A1 Core hadir dengan desain sederhana namun tetap terlihat elegan berkat pola garis-garis yang teletak dibelakang perangkat ini. Karena pola garis ini pula, perangkat jadi tidak licin seperti kebanyakan ponsel saat ini .

Selain itu, bodinya yang kecil dan ringkas juga membuat perangkat ini terasa pas di genggaman. Perangkat ini juga memiliki ketebalan tergolong standar 8,6mm dan bobot ringan hanya 150 gram saja. Desain pinggiran berlekuk membulat memberikan kesan kekinian pada Samsung Galaxy A01 Core.

Samsung juga meminimalkan tombol fisik pada Galaxy A01 Core. Pada perangkat ini, tombol fisik hanya ada pada  tombol power dan volume yang terletak pada sisi samping  kanan atas bodi. Sementara, lubang speaker, jack headphone 3,5mm serta port pengisi daya micro USB berada pada sisi bawah perangkat ini.

Sebagai smartphone entry-level dengan RAM kecil, Samsung hanya membekali perangkat ini dengan sistem operasi Android Go. Dengan begitu, pengguna juga akan menemukan aplikasi bawaan Google versi Go seperti YouTube Go, Google Go, Google Gallery Go yang terhubung dengan Google Photos, Google Maps Go, dan Gmail Go.

Perangkat ini juga didukung dengan beberapa aplikasi versi Lite seperti Facebook Lite dan Spotify Lite. Tidak hanya itu, aplikasi bawaan Samsung juga turut hadir dalam versi Lite, termasuk Gallery Lite dan Internet Lite.

Pada bagian kamera, Samsung membekali Galaxy A01 Core, dengan kamera utama beresolusi 8MP yang dilengkapi dengan lampu Flash yang terletak pada sisi kiri bagian belakang perangkat. Hasil dari kamera belakang ini juga tidak mengecewakan jika hanya sekedar untuk diunggah di social media karena berkat sejumlah opsi filter dan efek Beauty.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 5MP yang didukung dengan fitur Beauty dan sejumlah filter lainya. Uniknya, fitur Beauty ini dapat ditemukan saat  melakukan panggilan video lewat WhatsApp.
 
Galaxy A01 Core dibekali dengan chipset MediaTek MT6739 dan RAM 1GB serta ruang penyimpanan internal berkapasitas 16GB  dengan kartu memori yang bisa diperluas hingga 512GB. Dengan sistem operasi Android Go, tentu saja perangkat ini tidak bisa memainkan game dengan grafis berat.

Galaxy A01 Core dibekali layar Infinity Display berukuran 5,3 inci dan beresolusi HD+ 720 x 1480 piksel yang mampu menghadirkan tampilan dengan kecerahan dan ketajaman yang baik. Selain itu, untuk keamanan perangkat ini dibekali Dynamic Screen Timeout untuk penguncian layar saat pengguna tidak menggunakan smartphone beberapa saat.

Perangkat ini juga membawa baterai yang cukup dengan kapasitas daya 3.000 mAh yang mampu bertahan selama sekitar 12 jam hingga 13 jam. Dengan berbagai keunggulanya, Samsung Galaxy A01 Core ini ditawarkan dengan harga yang cukup murah yakni hanya Rp. 1.099.000 untuk pasar Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…