Review Samsung Galaxy A01 Core, Smartphone Entry-Level Dengan Tampilan Kekinian

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 12 September 2020 - 14:35 WIB

Samsung Galaxy A01 Core
Samsung Galaxy A01 Core

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Samsung Electronics Indonesia telah resmi meluncurkan Galaxy A01 Core pada pertengahan Juli 2020 lalu. Dibanderol dengan harga sejutaan, perangkat entry-level ini tentu saja akan menjadi perangkat yang ramah dikantong namun tetap bisa bergaya stylis.

Meski harganya cukup miring, perangkat ini dapat memenuhi kebutuhan online yang menyenangkan. Sebut saja chatting, browsing, streaming youtube dan juga social media.

Samsung Galaxy A1 Core hadir dengan desain sederhana namun tetap terlihat elegan berkat pola garis-garis yang teletak dibelakang perangkat ini. Karena pola garis ini pula, perangkat jadi tidak licin seperti kebanyakan ponsel saat ini .

Selain itu, bodinya yang kecil dan ringkas juga membuat perangkat ini terasa pas di genggaman. Perangkat ini juga memiliki ketebalan tergolong standar 8,6mm dan bobot ringan hanya 150 gram saja. Desain pinggiran berlekuk membulat memberikan kesan kekinian pada Samsung Galaxy A01 Core.

Samsung juga meminimalkan tombol fisik pada Galaxy A01 Core. Pada perangkat ini, tombol fisik hanya ada pada  tombol power dan volume yang terletak pada sisi samping  kanan atas bodi. Sementara, lubang speaker, jack headphone 3,5mm serta port pengisi daya micro USB berada pada sisi bawah perangkat ini.

Sebagai smartphone entry-level dengan RAM kecil, Samsung hanya membekali perangkat ini dengan sistem operasi Android Go. Dengan begitu, pengguna juga akan menemukan aplikasi bawaan Google versi Go seperti YouTube Go, Google Go, Google Gallery Go yang terhubung dengan Google Photos, Google Maps Go, dan Gmail Go.

Perangkat ini juga didukung dengan beberapa aplikasi versi Lite seperti Facebook Lite dan Spotify Lite. Tidak hanya itu, aplikasi bawaan Samsung juga turut hadir dalam versi Lite, termasuk Gallery Lite dan Internet Lite.

Pada bagian kamera, Samsung membekali Galaxy A01 Core, dengan kamera utama beresolusi 8MP yang dilengkapi dengan lampu Flash yang terletak pada sisi kiri bagian belakang perangkat. Hasil dari kamera belakang ini juga tidak mengecewakan jika hanya sekedar untuk diunggah di social media karena berkat sejumlah opsi filter dan efek Beauty.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 5MP yang didukung dengan fitur Beauty dan sejumlah filter lainya. Uniknya, fitur Beauty ini dapat ditemukan saat  melakukan panggilan video lewat WhatsApp.
 
Galaxy A01 Core dibekali dengan chipset MediaTek MT6739 dan RAM 1GB serta ruang penyimpanan internal berkapasitas 16GB  dengan kartu memori yang bisa diperluas hingga 512GB. Dengan sistem operasi Android Go, tentu saja perangkat ini tidak bisa memainkan game dengan grafis berat.

Galaxy A01 Core dibekali layar Infinity Display berukuran 5,3 inci dan beresolusi HD+ 720 x 1480 piksel yang mampu menghadirkan tampilan dengan kecerahan dan ketajaman yang baik. Selain itu, untuk keamanan perangkat ini dibekali Dynamic Screen Timeout untuk penguncian layar saat pengguna tidak menggunakan smartphone beberapa saat.

Perangkat ini juga membawa baterai yang cukup dengan kapasitas daya 3.000 mAh yang mampu bertahan selama sekitar 12 jam hingga 13 jam. Dengan berbagai keunggulanya, Samsung Galaxy A01 Core ini ditawarkan dengan harga yang cukup murah yakni hanya Rp. 1.099.000 untuk pasar Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif 413/Bremoro Amankan Oknum Penyakit Masyarakat

Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:30 WIB

Satgas Yonif 413 Bremoro Amankan Oknum Penyakit Masyarakat

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif MR 413/Bremoro Mayor Inf Anggun Wuriyanto mengatakan bahwa pemuda berinisial JH itu ditangkap dan diamankan ketika membawa ganja yang disamarkan dalam…

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:00 WIB

KKSB Papua Hadang dan Tembaki Patroli TNI

Dijelaskan Kapen Kogabwilhan III, penghadangan dan penembakan brutal yang dilakukan KKSB tersebut terjadi pada pukul 09.30 WIT, Distrik Sarambakon tepatnya sekitar 15 meter lewat jembatan kayu…

Satgas Yonif MR 413 Bremoro-Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Berbagai Bidang

Rabu, 21 Oktober 2020 - 04:30 WIB

Satgas Yonif MR 413 Bremoro-Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Berbagai Bidang

Menerima perintah Dansatgas, Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat yang juga menjabat selaku Wadansatgas segera menyiapkan personelnya termasuk menghubungi dari pihak Bea dan Cukai Jayapura yang…

Prajurit Resimen Artileri 2 Marinir Amankan Unras di Surabaya

Rabu, 21 Oktober 2020 - 04:00 WIB

Prajurit Resimen Artileri 2 Marinir Amankan Unras di Surabaya

Danmenart 2 Mar Kolonel Marinr Aris Budiadi, S.Pi., dalam arahannya mengatakan bahwa tugas yang diemban oleh prajurit Korps Marinir sesuai Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tugas…

DukungSDG’s (Suitainable Development Goals), Indra Karya SediakanProgram Bantuan AksesAir Bersih Berbasis Teknologi “Smart Water”di Madura

Selasa, 20 Oktober 2020 - 21:47 WIB

Indra Karya Sediakan Program Bantuan Akses Air Bersih Berbasis Teknologi “Smart Water”di Madura

Jakarta (19/10) –Terbatasnya penyediaan air bersih masih menjadi permasalahan mendasar beberapa wilayah dan kawasan di Indonesia bahkan dunia.