Ekonomi Membaik, Tiga Bandara di Indonesia Timur Tambah Jumlah Penerbangan

Oleh : Irvan AF | Jumat, 09 Desember 2016 - 10:17 WIB

Ilustrasi Bandara
Ilustrasi Bandara

INDUSTRY.co.id - Tiga bandara yakni Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara El Tari Kupang yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) resmi menambah jumlah penerbangan.

"Penambahan jumlah rute penerbangan dari beberapa maskapai ini diharapkan dapat meningkatkan trafik penumpang dan konektivitas wilayah timur Indonesia yang pada akhirnya dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah," kata Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi dalam siaran pers, Jumat (9/12/2016).

Menurutnya, dukungan terhadap penambahan rute penerbangan ini merupakan upaya kami untuk meningkatkan trafik penumpang dalam negeri dan meningkatkan konektivitas di wilayah timur Indonesia.

Wilayah timur Indonesia yang semakin terkoneksi dan mudah diakses, diharapkan dapat meningkatkan distribusi orang dan barang yang pada akhirnya memicu peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Di Bandara El Tari Kupang telah dilakukan inagurasi penerbangan perdana maskapai Lion Air dengan rute Kupang-Lombok. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar resmi menambah rute penerbangan baru Makassar-Madinah dari Saudi Arabia Airlines dengan jumlah penerbangan dua kali dalam satu minggu.

Di Bandara Sam Ratulangi Manado, terdapat penambahan operasi maskapai penerbangan domestik yaitu NAM Air (Sriwijaya Group) dengan tiga rute penerbangan yang rencananya akan efektif beroperasi pada 9 Desember 2016. Ketiga rute penerbangan tersebut yaitu Manado-Sorong, Manado Ambon, dan Manado-Ternate.

Tiga rute penerbangan NAM Air dari dan ke Manado terbang setiap hari. Rute pertama yaitu Manado-Sorong dijadwalkan pukul 04.30 WITA dan Sorong-Manado pada pukul 12.10 WIT. Sementara rute kedua Manado-Ambon terjadwal lepas landas pukul 15.55 WITA dan Ambon-Manado 18.55 WIT. Sementara rute ketiga Manado-Ternate pada pukul 13.10 WITA dan Ternate-Manado pukul 15.30 WIT.

Kehadiran NAM Air selain dapat memacu pengembangan sekaligus memperpendek konektivitas penerbangan di kawasan Indonesia bagian timur juga dapat membuka lebih banyak akses untuk masyarakat maupun wisatawan yang akan berkunjung ke Sulawesi Utara.

Sebelumnya, Batik Air telah menambah rute baru Manado-Halim Perdanakusuma yang resmi beroperasi Oktober. Hingga saat ini total delapan maskapai penerbangan domestik yang beroperasi di Bandara Sam Ratulangi Manado, yakni Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Citilink, Batik Air, Wings Air, Air Fast, dan NAM Air.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”