21 Tahun NAGASWARA Beri Warna Industri Musik Nasional

Oleh : Herry Barus | Rabu, 09 September 2020 - 12:24 WIB

Bos Nagaswara Raih Penghargaan Tingkatkan Industri Musik Nasional
Bos Nagaswara Raih Penghargaan Tingkatkan Industri Musik Nasional

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Tanggal  9 September, merupakan hari bersejarah bagi lahirnya NAGASWARA, selalu menjadi momen spesial bagi keluarga besar NAGASWARA. Saat ini jatuh pada hari Rabu, 9 September 2020 NAGASWARA Big Indie berulang tahun yang ke -21.

Dalam rangka hari ulang tahun yang ke -21 pada 9 September 2020, NAGASWARA mengadakan acara syukuran kecil-kecilan dan doa bersama dengan sebagian karyawan NAGASWARA, yang sedang work from office, tanpa melibatkan artis–artis NAGASWARA.

Acara sederhana ini dipimpin langsung CEO NAGASWARA, Rahayu Kertawiguna, di studio lantai 1, kantor NAGASWARA, Jalan Johar No 4U Menteng, Jakarta Pusat. Pada pukul 12.00 sd 14.00 Wib.

Rahayu Kertawiguna dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun buat NAGASWARA yang ke -21, dan ia menyampaikan rasa syukurnya bahwa kita semua selalu berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa, sekaligus beliau mengatakan bahwa acara ini  menjadi renungan bersama bagi seluruh keluarga besar NAGASWARA bahwa ditengah Pandemi Covid-19 yang terus signifikan mengalami lonjakan kenaikan yang terdampak, agar kita semua tetap berhati hati, selalu mematuhi protokol kesehatan dengan #jagajarak #pakaimasker #dirumahsaja jika kebagian giliran work from home.

 “ Dirgahayu NAGASWARA yang ke-21 menorehkan sejarah baru dalam industri musik tanah air. No Music No Life. Saya berpesan kepada semua karyawan dan kepada seluruh artis yang berada dalam wadah NAGASWARA, untuk selalu mematuhi protokol kesehatan Covid -19, dengan  #jagajarak, #pakaimasker #dirumahsaja jika sedang mendapatkan giliran work from home, “ucap Rahayu Kertawiguna, dihadapan karyawannya.

 Ucapan selamat juga mengalir dari artis artis yang berada dalam naungan NAGASWARA walaupun mereka tidak bisa hadir dan mengikuti acara ulang tahun karena mereka paham atas situasi yang tidak memungkinkan untuk berkumpul terkait musibah pandemi Covid19 yang sedang terjadi di Indonesia dan dunia. Seperti ucapan dari artis para personil Wali Band,  para personil TDC,  Zaskia Gotik, Siti Badriah, Fitri Carlina, Delon, Balena, Andrigo, Dinda Permata, Denias, Ratu Meta, Wulan Kayla, Ovy Sofiyanty, 2 TikTok, Merpati, Keysa Salim, Kania, Tiara Marleen, Yuni R, Aida Saskia, ALLXTREE, Neng Oshin, Kezia, Farani, Marisha Putri, 3 Srigala, Ilham, Beby Sexyola, Abad21, Vellyn Chu, Dianna Dee, Baby Shima dan Sule, dll. Bahkan ada yang spesial ucapkan ulang tahun buat NAGASWARA langsung dari Philipina dari teman duet Delon yaitu Christian Bautista.Tak ketinggalan Raffi Ahmad sebagai sahabat NAGASWARA dan juga dari para mitra serta dari para wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Hiburan Indonesia yang dikomandoi oleh Sutrisno Buyil.

Sekilas tentang NAGASWARA,

Rahayu Kertawiguna adalah pengusaha rekaman yang mengawali usaha sebagai desainer cover kaset di awal tahun 1980-an, Rahayu kemudian benar-benar terjun ke dunia rekaman dengan mendirikan NAGASWARA pada 9 September 1999.

Dalam menjalankan usahanya Rahayu Kertawiguna adalah sosok pengusaha rekaman yang terhitung unik. Ia tidak menyebutkan perusahaan rekamannya sebagai Major Label melainkan Big Indie. NAGASWARA tak ubahnya rumah bagi artis-artis/ band indie. NAGASWARA membuka pintu selebar-lebarnya bagi seniman musik yang ingin berkarya.

Tahun 2010, NAGASWARA membawahi sekitar 500 artis penyanyi hingga ada yang menyebut label ini sebagai “Peternak Band”. Hingga saat ini, NAGASWARA membawahi sekitar 100 artis dengan berbagai genre musik.

Sejak tahun 2012, NAGASWARA melahirkan banyak bintang dangdut dengan konsep musik dangdut modern atau dikenal sebagai dancedhut. Saat ini, NAGASWARA memiliki artis-artis seperti Wali, The Virgin, ST12, Zaskia Gotik, Siti Badriah, Fitri Carlina, Hesty Klepek Klepek dan masih banyak lagi.

Keberhasilan yang diraih NAGASWARA saat ini tentu tak lepas dari tangan dingin Rahayu Kertawiguna. Musik sudah menjadi darah daging lelaki kelahiran Bogor, 31 Januari 1965 itu. Namun, hal paling menarik dari sosok Rahayu adalah konsistensi dirinya terhadap upaya pemberantasan pembajakan karya cipta di Indonesia.

Rahayu Kertawiguna bersama NAGASWARA dan juga asosiasi lainnya turut lain, serta dalam pemberantasan pembajakan terhadap karya musik. Menurutnya pembajak itu harus segera diatasi oleh  kekuatan negara.

“Para pembajak itu tak ubahnya koruptor. Mereka mencuri uang yang seharusnya menjadi miliki negara dari pajak pertambahan nilai, dan negara berkewajiban untuk mengtasinya, " kata Rahayu.

Lewat penyanyinya Siti Badriah dengan lagu “Lagi Syantik”, Rahayu Kertwiguna dan NAGASWARA mencatat sukses besar di dunia rekaman Indonesia. Saat ini, views video musik lagu “Lagi Syantik” di YouTube sudah lebih dari 600 juta. Inilah video musik artis Indonesia dengan views terbanyak sejak YouTube jadi salah satu media alternatif di tanah air.

Sejarah perjalanan Rahayu Kertawiguna dan NAGASWARA tak dapat dipisahkan dari dari trilogi penyelenggaraan NAGASWARA Music Awards. Apresiasi musik tertinggi kepada artis-artis NAGASWARA itu digelar dua kali di tanah air, yakni pada tahun 2010 dan 2011, lalu di Hong Kong pada 2012.

Sejak tahun 2018, Warner/Chappel Music (WCM) secara resmi juga mengalihkan hak publikasi ribuan lagu milik mereka kepada perusahaan PT NAGASWARA Publisherindo Musik.Kerjasama tersebut akan semakin menegaskan lagi komitmen NAGASWARA semakin mendunia sesuai motto “NAGASWARA for The World”.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…