Promosi Pariwisata Harus Perhatikan Terkait Pelestarian Lingkungan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 03 September 2020 - 08:00 WIB

Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali. (Foto: Inyong Lani)
Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali. (Foto: Inyong Lani)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Isu lingkungan ternyata belum diterapkan dalam promosi pariwisata nasional. Padahal, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti menyampaikan, ini penting di masa pemulihan pariwisata. Selama ini, kampanye Pemerintah hanya pada protokol kebersihan, kesehatan, dan keamanan.

 “Dalam Nota Keuangan RAPBN Tahun Anggaran 2021, (Pemerintah) belum memasukkan (isu) lingkungan. sehingga mestinya menjadi kebersihan, keamanan, dan lingkungan," ungkap Agustina saat memimpin Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio beserta jajaran, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (2/9/2020).

 Menurut politisi PDI-Perjuangan ini, semangat lingkungan dalam penerapan protokol di destinasi wisata belum dikomunikasikan secara baik di internal Pemerintah. Padahal, substansi ini sering disampaikan Komisi X dalam rapat dengan Kemenparekraf. "Kami mengingatkan kembali bahwa Kemenparekraf dalam pembahasan RKA K/L tahun 2021 harus memperhatikan rekomendasi Panja Pemulihan Pariwisata," harapnya, seperti dilansir Laman DPR.

 Sementara itu pada bagian lain, Agustina menyinggung juga arah kebijakan pariwisata Indonesia yang meliputi pemulihan pariwisata melalui pengembangan destinasi super prioritas, pengembangan aspek 3A (atraksi, aksebilitas, dan amenitas), serta peningkatan 2P (promosi dan partisipasi pelaku usaha swasta).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Media Gathering PT Kimia Farma Tbk dan hadir direksi yang paparkan produksi obat

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:26 WIB

Kimia Farma Optimis Ada Perbaikan Kinerja di Kuartal III 2022

PT Kimia Farma TBK (KAEF) mengungkapkan kinerja yang turun pada semester I 2022 bukanlah hal yang penting karena itu sifatnya sementara.

DR. Basuki Ranto

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:22 WIB

Terjadi Over Supply And Demand Listrik, Bagaimana Solusinya?

Jakarta-PT PLN dihadapkan kepaada sebuah masalah yang terkait dengan distribusi listrik yang ketersediiannya melebihi permintaan, sehingga terjadi ketimpangan untuk mendiatribusikan.

Operasi Pasar Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) yang digelar di Pasar Induk Beras Cipinang. (Senin, 3-10-2022).

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:15 WIB

Food Station Operasi Pasar Turunkan Harga Beras, Warga Bahagia

Jakarta - Food Station sebagai BUMD pangan Pemprov DKI Jakarta dalam menjaga stabilisasi dan ketersediaan harga beras medium untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Provinsi DKI Jakarta, bekerjasama…

Ilustrasi minyak sawit

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:04 WIB

Antisipasi Resesi, Ekonom Sarankan Regulasi Pro Komoditas Ekspor

Jakarta-Kalangan Ekonom meminta pemerintah untuk mengantisipasi dampak resesi global melalui kebijakan yang pro komoditas.

Dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, Investor Daily Summit 2022 mengusung tema ‘Optimism in Uncertainty” atau Optimisme dalam Ketidakpastian.

Senin, 03 Oktober 2022 - 17:56 WIB

Optimism in Uncertainty: Investor Daily Summit 2022 Kembali Menghadirkan Konferensi Tingkat Internasional

Jakarta– Konferensi akbar Investor Daily Summit (IDS) akan digelar di Jakarta Convention Center, pada 11-12 Oktober 2022.