Perum Perindo-Pertamina Bina Mitra Petambak

Oleh : Wiyanto | Minggu, 30 Agustus 2020 - 12:37 WIB

Kawasan Tambak Indramayu
Kawasan Tambak Indramayu

INDUSTRY.co.id-Lampung-Perum Perindo dan PT Pertamina (Persero) bekerja sama dukung kemajuan sektor perikanan di Provinsi Lampung.

Pada kunjungan kerjanya ke Provinsi Lampung, Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Fatah Setiawan Topobroto bersama Direktur Operasional Raenhat Tiranto Hutabarat mengunjungi lokasi tambak budidaya udang di Bratasena bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero).

Pada kunjungan kerja ini, Perum Perindo berkesempatan melaksanakan audiensi dengan Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaedi dan para nelayan petambak lokal.

“Saya berharap Perum Perindo sebagai BUMN Perikanan dapat memanfaatkan potensi perikanan di Lampung, wujudkan pelabuhan perikanan yang terintegrasi di Lampung,” harap Arinal Djunaedi, Gubernur Lampung (28/08).

Perum Perindo, lanjut dia, juga dapat mengembangkan Potensi budidaya perikanan darat yang ada di belasan kabupaten dan Kotamadya lainnya yang ada di Lampung.

Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto mengatakan Perindo mendukung kemajuan sektor perikanan di Lampung. Antara lain mewujudkan Pelabuhan Perikanan yang terintegrasi, budidaya terintegrasi dengan hadirnya pakan ikan dan udang produksi Perum Perindo serta perdagangan dan pengolahan perikanan sesuai harapan Pemerintah Provinsi Lampung untuk dapat menjadikan Lampung sebagai produksi penghasil beragam ikan.

Arinal menambahkan, Provinsi Lampung terdapat 13 Kabupaten dan 2 Kotamadya yang dapat didukung Perum Perindo untuk dikembangkan perikanan darat maupun perikanan laut. “Mari sinergi bersama-sama membesarkan sektor perikanan di Lampung” optimisnya.

Penebaran Perdana Pakan Udang Produksi Perum Perindo di Tambak Udang Bratasena.

Pada kunjungan kerjanya di Bratasena, Direkur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto didampingi Direktur Operasional Raenhat Tiranto Hutabarat melakukan penebaran pakan ikan dan udang perdana hasil produksi pabrik pakan ikan dan udang milik Perum Perindo yang pada pertengahan Juli 2020 lalu diresmikan pengoperasiannya.

Direktur Operasional, Raenhat Tiranto Hutabarat menambahkan dengan penebaran pakan hasil produksi Perum Perindo diharapkan dapat meningkatkan kualitas udang maupun hasil produksi sesuai yang diharapkan.

“Kandungan protein 32% dan harga yang terjangkau yang ada di brand pakan ikan dan udang Perum Perindo bernama Muara, diyakini mampu berkompetisi dengan produk pakan lokal lainnya,” kata Raenhat (29/08).

Dalam kesempatan yang sama, seremonial simbolik penyerahan sertifikasi 219 petambak turut dilaksanakan hasil kerja sama Perum Perindo dengan PT Pertamina (Persero).

Direktur Utama, Fatah Setiawan Topobroto mengatakan sertifikasi petambak ini merupakan pertama kali di Bratasena sebagai harapan untuk meningkatkan kompetensi, memenuhi standard CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik), para mitra petambak lebih professional, terlatih dan diharapkan dapat meningkatkan jaminan mutu kualitas hasil panen udang.

“Kerja sama antara Perum Perindo dengan PT Pertamina (Persero) ini merupakan wujud BUMN sebagai agen pembangunan untuk Indonesia atau BUMN Untuk Indonesia,” jelasnya di sela kunjungan kerjanya ke tambak udang Bratasena.(29/08).

Hal senanda disampaikan VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita, yang turut hadir dalam penyerahan sertifikat jaminan bagi mitra binaan petambak yang telah menyelesaikan pinjaman porgram kemitraan.

"Alhamdulillah sebagian mitra binaan sudah bisa menyelesaikan pinjaman kemitraan, harapannya kehadiran kami dapat memberikan manfaat bagi kita semua, terutama untuk mendukung peningkatan kapabilitas petambak yang telah mengikuti program sertifikasi, dan mendapatkan dukungan permodalan sehingga upaya-upaya ini dapat memberikan nilai tambah menghasilkan produk tambak yang lebih baik," jelas Arya.

Diharapkan sektor perikanan darat ini turut berkontribusi menjadi nilai tambah bagi perekonomian masyarakat lokal di Bratasena pada khususnya dan Provinsi Lampung pada umumnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

cybersecurity

Minggu, 17 Oktober 2021 - 13:05 WIB

Waspada Kejahatan Siber, Risiko Data Pribadi Bocor dan Dicuri

Semenjak aktivitas online semakin tinggi karena pandemi, tindak pidana kejahatan siber mengalami peningkatan. Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskim Polri mencatat para periode Januari hingga…

Ilustrasi Netizen Bermain Sosial Media (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 12:35 WIB

Etika Bermedia Sosial, Salah Satunya Menghargai Keberadaan Orang Lain di Ruang Digital

Hampir 64 persen penduduk Indonesia sudah terkoneksi dengan jaringan internet, orang-orang berkomunikasi di media digital seperti halnya di kehidupan nyata. Namun internet hadir bagai pisau…

Ini kondisi saat kejadian, api berhasil dipadamkan oleh damkar sebelum menjalar ke gudang sicepat.

Minggu, 17 Oktober 2021 - 12:30 WIB

Gudang Terbakar di Sawah Besar, Sicepat: Kebakaran Itu Terjadi di Gudang Elektronik, Bukan Gudang Sicepat

Jakarta- Sebuah Gudang gudang elektronik di Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, dilanda kebakaran, pada Sabtu (16/10/2021).

Ilustrasi Internet (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 12:10 WIB

Adaptasi ke Arah Digital Membutuhkan Keterbukaan Cara Pandang Masyarakat

Digitalisasi sebagai perubahan kehidupan masyarakat dari semula yang bersifat tradisional menjadi digital berlangsung lebih cepat sejak pandemi Covid-19. Dengan hal itu, masyarakat pun dituntut…

Ilustrasi Berkomentar di Dunia Maya atau Bermain Internet (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 11:35 WIB

Walau Terjadi Perubahan Interaksi Sosial Masyarakat ke Arah Digital, Tetaplah Gunakan Norma dan Etika

Sejak adanya internet dan datangnya pandemi Covid-19, interaksi sosial masyarakat menjadi berubah drastis. Pembatasan sosial membuat komunikasi lebih banyak dilakukan secara online maupun virtual.…