Perum Perindo-Pertamina Bina Mitra Petambak

Oleh : Wiyanto | Minggu, 30 Agustus 2020 - 12:37 WIB

Kawasan Tambak Indramayu
Kawasan Tambak Indramayu

INDUSTRY.co.id-Lampung-Perum Perindo dan PT Pertamina (Persero) bekerja sama dukung kemajuan sektor perikanan di Provinsi Lampung.

Pada kunjungan kerjanya ke Provinsi Lampung, Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Fatah Setiawan Topobroto bersama Direktur Operasional Raenhat Tiranto Hutabarat mengunjungi lokasi tambak budidaya udang di Bratasena bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero).

Pada kunjungan kerja ini, Perum Perindo berkesempatan melaksanakan audiensi dengan Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaedi dan para nelayan petambak lokal.

“Saya berharap Perum Perindo sebagai BUMN Perikanan dapat memanfaatkan potensi perikanan di Lampung, wujudkan pelabuhan perikanan yang terintegrasi di Lampung,” harap Arinal Djunaedi, Gubernur Lampung (28/08).

Perum Perindo, lanjut dia, juga dapat mengembangkan Potensi budidaya perikanan darat yang ada di belasan kabupaten dan Kotamadya lainnya yang ada di Lampung.

Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto mengatakan Perindo mendukung kemajuan sektor perikanan di Lampung. Antara lain mewujudkan Pelabuhan Perikanan yang terintegrasi, budidaya terintegrasi dengan hadirnya pakan ikan dan udang produksi Perum Perindo serta perdagangan dan pengolahan perikanan sesuai harapan Pemerintah Provinsi Lampung untuk dapat menjadikan Lampung sebagai produksi penghasil beragam ikan.

Arinal menambahkan, Provinsi Lampung terdapat 13 Kabupaten dan 2 Kotamadya yang dapat didukung Perum Perindo untuk dikembangkan perikanan darat maupun perikanan laut. “Mari sinergi bersama-sama membesarkan sektor perikanan di Lampung” optimisnya.

Penebaran Perdana Pakan Udang Produksi Perum Perindo di Tambak Udang Bratasena.

Pada kunjungan kerjanya di Bratasena, Direkur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto didampingi Direktur Operasional Raenhat Tiranto Hutabarat melakukan penebaran pakan ikan dan udang perdana hasil produksi pabrik pakan ikan dan udang milik Perum Perindo yang pada pertengahan Juli 2020 lalu diresmikan pengoperasiannya.

Direktur Operasional, Raenhat Tiranto Hutabarat menambahkan dengan penebaran pakan hasil produksi Perum Perindo diharapkan dapat meningkatkan kualitas udang maupun hasil produksi sesuai yang diharapkan.

“Kandungan protein 32% dan harga yang terjangkau yang ada di brand pakan ikan dan udang Perum Perindo bernama Muara, diyakini mampu berkompetisi dengan produk pakan lokal lainnya,” kata Raenhat (29/08).

Dalam kesempatan yang sama, seremonial simbolik penyerahan sertifikasi 219 petambak turut dilaksanakan hasil kerja sama Perum Perindo dengan PT Pertamina (Persero).

Direktur Utama, Fatah Setiawan Topobroto mengatakan sertifikasi petambak ini merupakan pertama kali di Bratasena sebagai harapan untuk meningkatkan kompetensi, memenuhi standard CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik), para mitra petambak lebih professional, terlatih dan diharapkan dapat meningkatkan jaminan mutu kualitas hasil panen udang.

“Kerja sama antara Perum Perindo dengan PT Pertamina (Persero) ini merupakan wujud BUMN sebagai agen pembangunan untuk Indonesia atau BUMN Untuk Indonesia,” jelasnya di sela kunjungan kerjanya ke tambak udang Bratasena.(29/08).

Hal senanda disampaikan VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita, yang turut hadir dalam penyerahan sertifikat jaminan bagi mitra binaan petambak yang telah menyelesaikan pinjaman porgram kemitraan.

"Alhamdulillah sebagian mitra binaan sudah bisa menyelesaikan pinjaman kemitraan, harapannya kehadiran kami dapat memberikan manfaat bagi kita semua, terutama untuk mendukung peningkatan kapabilitas petambak yang telah mengikuti program sertifikasi, dan mendapatkan dukungan permodalan sehingga upaya-upaya ini dapat memberikan nilai tambah menghasilkan produk tambak yang lebih baik," jelas Arya.

Diharapkan sektor perikanan darat ini turut berkontribusi menjadi nilai tambah bagi perekonomian masyarakat lokal di Bratasena pada khususnya dan Provinsi Lampung pada umumnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Berinternet (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:15 WIB

Pengguna Internet Makin Meningkat, Ini Cara untuk Melindungi Data Pribadi

Menurut data yang dihimpun Social-Hootsuite pada Januari 2021 menunjukan pengguna internet di Indonesia tumbuh 15,5 persen atau sebesar 27 juta orang selama pandemi. Sementara pengguna media…

Desa Wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:00 WIB

Sandiaga Berharap Desa Wisata jadi Lokomotif Perkembangan Ekonomi di Indonesia

Dalam Webinar Desa Wisata – Desa Kreatif Sumatera Selatan, yang diikuti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan…

Ilustrasi Era Digitalisasi

Selasa, 22 Juni 2021 - 07:30 WIB

Sudah Menjadi Gaya Hidup, Kenali Dampak Dari Digitalisasi

Digitalisasi telah mengubah interaksi sosial di masyarakat. Dengan bantuan teknologi yang sebenarnya memudahkan kehidupan, di balik itu terdapat kehati-hatian gaya hidup yang membuat masyarakat…

Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin

Selasa, 22 Juni 2021 - 07:00 WIB

DPR: Pembentukan Holding Jadi Upaya Pemenuhan Kebutuhan Gula Nasional

Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin menilai upaya pembentukan holding gula Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan upaya yang strategis untuk memenuhi kebutuhan gula nasional.

Ilustrasi Digital UMKM (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 06:30 WIB

Berkat Marketplace, Pelaku UMKM Bisa Bertahan Selama Pandemi

Survei terbaru mengungkapkan sebanyak 4,7 juta UMKM telah merambah ke ekosistem digital dalam kurun waktu 11 bulan terakhir selama pandemi. Totalnya kini sekitar 64 juta UMKM secara keseluruhan…