Mengenal Permainan Kartu Paling Populer di Dunia

Oleh : Hariyanto | Minggu, 16 Agustus 2020 - 15:03 WIB

Chris Ferguson
Chris Ferguson

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Poker merupakan permainan yang mudah untuk dipelajari tetapi sulit untuk dikuasai. Dalam permainan strategi ini, pemain harus bisa membaca pemain lain supaya bisa memutuskan kapan harus menyerah, kapan harus menggertak, dan kapan harus melawan gertakan orang lain.

Menurut informasi yang di rangkum INDUSTRY.co.id, Minggu (16/8/2020) meskipun setiap variasi poker memiliki aturannya sendiri, inti permainannya selalu sama. Kuasai dasarnya, kemudian kembangkan strategi kemenangan.

Kepopularitasan permainan poker menjulang di abad ke-20. Meskipun awalnya hanya sebagai hiburan untuk kelompok eksklusif, pada akhirnya poker menjadi permainan yang sangat populer bahkan hingga tersedia online.

Kini sudah banyak pemain profesional yang menjadikan poker sebagai mata pencaharian. Mereka mendapatkan uang dengan berpartisipasi di turnamen-turnamen poker yang berhadiah ratusan juta atau bahkan miliaran Rupiah.

Salah satu sosok yang sukses menggeluti dunia poker dan menjadikanya sebagai salah satu pemain poker terkaya didunia adalah Chris Ferguson yang memiliki total kekayaan  mencapai USD 25 juta.

Pria asal California, Amerika Serikat ini sudah membukukan lima gelar World Series of Poker dan turnamen judi oline lainnya. Menariknya, Ferguson tumbuh dari linkungan keluarga yang sangat berpendidikan. Kedua orang tuanya bergelar Ph.D di bidang Matematika dan ayahnya merupakan guru teori permainan di UCLA.

Sementara Ferguson meraih gelar Pd.D dalam ilmu Komputer. Performanya di dunia Poker menjadikannya sebagai salah satu pemain terkaya. Selain berpengalaman di dunia poker profesional, dia juga memiliki tempat bermain poker online miliknya sendiri.

Berbicara tentang turnamen poker, dalam rangka perayaan HUT RI ke-75 salah satu situs poker 1Poker, menyelenggarakan turnamen ‘Indonesia Merdeka’ dengan hadiah total 1 Miliar Rupiah.

Aturan dasar dalam bermain poker adalah mencari kombinasi 5 kartu yang paling besar. Pemain diberikan ‘starting hands’ atau dua kartu pertama yang hanya dapat dilihat oleh masing-masing pemain. Kemudian dua kartu tersebut dikombinasikan dengan 5 kartu meja di babak akhir permainan.

Jadi yang terpenting dalam poker adalah memahami jumlah kombinasi kartu dari yang tertinggi hingga terendah. Anda bisa membaca tutorial kartu tertinggi/terendah di situs 1Poker. Berikut adalah urutan ‘poker hands’


1. Royal Flush. Kartu 10, Jack, Queen, King & As, semuanya satu jenis. Untuk mendapatkan kombinasi kartu royal flush sungguh sangat sulit. Bahkan dianggap sangat beruntung jika sampai bisa mendapatkan kartu ini di akhir ronde.

2. Straight Flush. Lima kartu berurutan dengan jenis yang sama. Misalnya, pemain mendapatkan kartu 6,7,8,9,10 dan semuanya kartu hati, makai ia mendapatkan straight flush.

3. Four of a Kind. Empat kartu angka sama di setiap jenis. Contohnya mendapatkan 2 wajik, 2 hati, 2 keriting, 2 sekop.

4. Full House. Tiga kartu dengan angka yang sama dan 2 kartu lain yang dengan angka yang sama juga. Sebagai contoh, tiga kartu 6 dan 2 kartu jack.

5. Flush. Lima jenis kartu yang sama; tidak harus berurutan. (Contoh: 2,5,7,9,As, semuanya sekop)

6. Straight. Lima kartu angka berurutan; tidak mesti satu jenis. (Contoh: 3 hati, 4 sekop, 5 wajik, 6 hati, 7 keriting)
7. Three of a Kind. Tiga kartu dengan 3 angka yang sama. (6 hati, 6 sekop & 6 wajik)

8. Two pair. Dua pasang kartu dengan angka yang sama. (8 hati & 8 wajik plus Jack sekop & Jack keriting)

9. Pair. Satu pasang kartu dengan angka yang sama. (As hati & As keriting dan kombinasi pair lainnya)

10. High card. Kartu tertinggi tanpa ada anngka/jenis yang sama.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…

Pekerja di pabrik keramik (Ist)

Rabu, 01 Mei 2024 - 17:45 WIB

Ini Kelakuan PGN yang Bikin 'Sekakmat' Industri Keramik Nasional

PT Perusahaan Gas Negara atau PGN kembali mengeluarkan surat edaran kepada pelaku industri pengguna gas bumi. Adapun, surat edaran tersebut berkaitan dengan pembatasan pemakaian gas dengan sistem…