Mengenal Permainan Kartu Paling Populer di Dunia

Oleh : Hariyanto | Minggu, 16 Agustus 2020 - 15:03 WIB

Chris Ferguson
Chris Ferguson

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Poker merupakan permainan yang mudah untuk dipelajari tetapi sulit untuk dikuasai. Dalam permainan strategi ini, pemain harus bisa membaca pemain lain supaya bisa memutuskan kapan harus menyerah, kapan harus menggertak, dan kapan harus melawan gertakan orang lain.

Menurut informasi yang di rangkum INDUSTRY.co.id, Minggu (16/8/2020) meskipun setiap variasi poker memiliki aturannya sendiri, inti permainannya selalu sama. Kuasai dasarnya, kemudian kembangkan strategi kemenangan.

Kepopularitasan permainan poker menjulang di abad ke-20. Meskipun awalnya hanya sebagai hiburan untuk kelompok eksklusif, pada akhirnya poker menjadi permainan yang sangat populer bahkan hingga tersedia online.

Kini sudah banyak pemain profesional yang menjadikan poker sebagai mata pencaharian. Mereka mendapatkan uang dengan berpartisipasi di turnamen-turnamen poker yang berhadiah ratusan juta atau bahkan miliaran Rupiah.

Salah satu sosok yang sukses menggeluti dunia poker dan menjadikanya sebagai salah satu pemain poker terkaya didunia adalah Chris Ferguson yang memiliki total kekayaan  mencapai USD 25 juta.

Pria asal California, Amerika Serikat ini sudah membukukan lima gelar World Series of Poker dan turnamen judi oline lainnya. Menariknya, Ferguson tumbuh dari linkungan keluarga yang sangat berpendidikan. Kedua orang tuanya bergelar Ph.D di bidang Matematika dan ayahnya merupakan guru teori permainan di UCLA.

Sementara Ferguson meraih gelar Pd.D dalam ilmu Komputer. Performanya di dunia Poker menjadikannya sebagai salah satu pemain terkaya. Selain berpengalaman di dunia poker profesional, dia juga memiliki tempat bermain poker online miliknya sendiri.

Berbicara tentang turnamen poker, dalam rangka perayaan HUT RI ke-75 salah satu situs poker 1Poker, menyelenggarakan turnamen ‘Indonesia Merdeka’ dengan hadiah total 1 Miliar Rupiah.

Aturan dasar dalam bermain poker adalah mencari kombinasi 5 kartu yang paling besar. Pemain diberikan ‘starting hands’ atau dua kartu pertama yang hanya dapat dilihat oleh masing-masing pemain. Kemudian dua kartu tersebut dikombinasikan dengan 5 kartu meja di babak akhir permainan.

Jadi yang terpenting dalam poker adalah memahami jumlah kombinasi kartu dari yang tertinggi hingga terendah. Anda bisa membaca tutorial kartu tertinggi/terendah di situs 1Poker. Berikut adalah urutan ‘poker hands’


1. Royal Flush. Kartu 10, Jack, Queen, King & As, semuanya satu jenis. Untuk mendapatkan kombinasi kartu royal flush sungguh sangat sulit. Bahkan dianggap sangat beruntung jika sampai bisa mendapatkan kartu ini di akhir ronde.

2. Straight Flush. Lima kartu berurutan dengan jenis yang sama. Misalnya, pemain mendapatkan kartu 6,7,8,9,10 dan semuanya kartu hati, makai ia mendapatkan straight flush.

3. Four of a Kind. Empat kartu angka sama di setiap jenis. Contohnya mendapatkan 2 wajik, 2 hati, 2 keriting, 2 sekop.

4. Full House. Tiga kartu dengan angka yang sama dan 2 kartu lain yang dengan angka yang sama juga. Sebagai contoh, tiga kartu 6 dan 2 kartu jack.

5. Flush. Lima jenis kartu yang sama; tidak harus berurutan. (Contoh: 2,5,7,9,As, semuanya sekop)

6. Straight. Lima kartu angka berurutan; tidak mesti satu jenis. (Contoh: 3 hati, 4 sekop, 5 wajik, 6 hati, 7 keriting)
7. Three of a Kind. Tiga kartu dengan 3 angka yang sama. (6 hati, 6 sekop & 6 wajik)

8. Two pair. Dua pasang kartu dengan angka yang sama. (8 hati & 8 wajik plus Jack sekop & Jack keriting)

9. Pair. Satu pasang kartu dengan angka yang sama. (As hati & As keriting dan kombinasi pair lainnya)

10. High card. Kartu tertinggi tanpa ada anngka/jenis yang sama.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KSPI

Rabu, 21 April 2021 - 17:00 WIB

Buruh Desak MK Batalkan UU Cipta Kerja

Mahkamah Konstitusi menggelar sidang pendahuluan uji formil judicial review UU Cipta Kerja, Rabu (21/4/2021). Uji formil ini dimohonkan oleh Riden Hatam Aziz dan kawan-kawan, yang merupakan…

Pelayanan Rapid Antigen di Rest GT Gunung Sugih, Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar

Rabu, 21 April 2021 - 17:00 WIB

Hutama Karya Tingkatkan Pelayanan Test Rapid Antigen Sepanjang Masa Pamdemi

Dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 di tengah momen Ramadhan tahun 2021 ini, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tetap melakukan…

Presiden Joko Widodo saat meninjau kawasan industri terpadu Batang

Rabu, 21 April 2021 - 16:45 WIB

Goks! Presiden Jokowi Sebut Pabrik Kaca Terbesar di Asia Tenggara Bakal Segera Dibangun di KIT Batang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa sebanyak 450 dari 4.300 hektare lahan di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, telah siap dipakai. Sehingga para investor dapat…

General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence, Eric Limansantoso saat menandatangani perjanjian kerja sama dengan CIMB Niaga

Rabu, 21 April 2021 - 16:15 WIB

Gandeng CIMB Niaga, Jababeka Residence Hadirkan Pembiayaan Bunga Rendah

Jababeka Residence bersama CIMB Niaga menyepakati kerja sama dalam pemasaran sejumlah properti di Kota Jababeka. Bentuk kerja sama ini diyakini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan, baik…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 21 April 2021 - 15:53 WIB

Genap 100 Tahun STTT Bandung Ciptakan SDM Handal, Menperin Agus Ajak Semua Pihak Bangkitkan Kejayaan Industri Tekstil Nasional

Perjalanan 100 tahun pendidikan tekstil di Indonesia telah mencetak ribuan tenaga ahli mumpuni di bidang tekstil, sehingga keberadaan institusi pendidikan dalam mencetak lulusan yang berdaya…