Industri Kosmetik Ikut Berperan Tingkatkan Perekonomian Nasional

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:00 WIB

ESQA Cosmetics
ESQA Cosmetics

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang akan diselenggarakan pada 17 Agustus 2020 akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada peringatan 75 tahun kemerdekaan tahun ini, Indonesia tengah berjuang melawan pandemi virus corona (Covid-19). Bukan hanya perayaan kemerdekaan saja yang berbeda, pandemi telah membawa perubahan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk perekonomian Indonesia.

Perlu adanya semangat bersatu bersama untuk berjuang dan bertahan melalui keadaan ini. Untuk itu, salah satu upaya yang dapat kita lakukan bersama dalam menjaga keberlangsungan bisnis dan roda perekonomian Indonesia adalah dengan mendukung usaha lokal dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Walaupun masih menghadapi pandemi, geliat industri kosmetik di Indonesia masih terus berkembang pesat. Terlebih lagi, beberapa tahun terakhir banyak bermunculan brand kosmetik lokal dengan kualitas yang mumpuni dan tidak kalah saing dengan brand besar internasional.

Dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik, tidak heran industri kosmetik lokal semakin berkembang dan brand baru masih terus bermunculan. Salah satunya adalah ESQA Cosmetics, brand lokal hasil buatan anak bangsa yang mengusung vegan cosmetics, 100% menggunakan bahan yang aman bagi kulit dan memiliki sertifikat halal.

Menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, ESQA bergabung dalam kampanye Shopee 17 Agustus Merdeka Sale dalam upaya untuk terus memberikan semangat dalam menjalankan perekonomian Indonesia menghadapi pandemi.

Memasuki masa new normal, terjadi beberapa perubahan kebutuhan terkait makeup untuk sehari hari. Konsumen menjadi lebih tertarik untuk membeli eyes dan face makeup mengingat saat ini penggunaan masker sangat dianjurkan saat beraktivitas. Cindy Angelina, Co-Founder ESQA Cosmetics Sabtu ( 15/8/2020) mengatakan, “Untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang tinggi terhadap produk eyes dan face makeup, kami berupaya untuk menyediakan berbagai varian eyes dan face makeup mulai dari brow collections, eyeshadow, eyeliner hingga face palette. Untuk brow collections sendiri, kami menyediakan 2 jenis produk yaitu brow pomade pencil dan brow stroke pencil agar konsumen dapat memilih produk alis apa yang paling sesuai dengan mereka. Dan juga, baru baru ini kami merilis single face palette terbaru yang berkolaborasi dengan Bunga Citra Lestari. Single palette-nya terdiri dari blush, bronzer dan highlighter dengan harga yang lebih affordable sehingga konsumen bisa lebih leluasa untuk memilih produk face apa yang dibutuhkan”

Lebih lanjut, Kezia Toemion, Co-Founder ESQA Cosmetics menjelaskan, “Tidak bisa dipungkiri bahwa adanya pandemi Covid-19 dan diberlakukannya PSBB mengakibatkan perubahan perilaku konsumen. Tentunya para pelaku bisnis dalam beauty industry diharuskan untuk terus beradaptasi dan berinovasi dalam merumuskan strategi guna memenuhi kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk menghadirkan campaign dan promo menarik secara online sebagai bentuk inisiatif kami untuk dapat berkembang dan memenuhi kebutuhan konsumen dimasa pandemi ini. Selain berupaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, kami juga berupaya untuk menyesuaikan kondisi kerja karyawan kami. Saat ini, karyawan kami bekerja dengan sistem kerja shift untuk menghindari kontak fisik yang berlebihan. Kami juga menyediakan fasilitas rapid test secara rutin untuk memastikan kondisi kesehatan karyawan kami. Selain itu, sebagai upaya kami untuk membantu para tenaga medis dalam menghadapi pandemi Covid-19, kami bekerja sama dengan Female Daily Network untuk membagikan 1000 masker KN-95 pada rumah sakit yang membutuhkan.”.

Daniel Minardi, Head of Brands Management Shopee Indonesia mengatakan, "Kami merasa bangga dapat menghadirkan ESQA dalam kampanye Shopee 17 Agustus Merdeka Sale. Di tengah kondisi seperti ini, keterbatasan ruang gerak tidak boleh menjadi penghalang untuk terus berkarya dan menciptakan produk berkualitas guna memenuhi kebutuhan konsumen. Sebagai perusahaan berbasis teknologi, merupakan tugas dan fungsi sosial kami untuk terus mendukung mitra brand lokal tanah air dengan memberikan wadah atau platform guna memperkuat online presence, meningkatkan users engagement serta menjangkau konsumen yang lebih luas melalui Shopee Local Space. Kami berharap melalui kerjasama ini pengguna dapat mengakses dengan mudah dan menikmati berbagai keunikan produk kosmetik dari ESQA.”

Sebagai platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, Shopee terus berupaya untuk tidak hanya memberikan pengalaman belanja online terbaik bagi konsumen tetapi juga memberikan wadah serta dukungan bagi penjual atau brand lokal melalui inisiatif serta penawaran terbaik untuk tetap berkembang khususnya di tengah situasi seperti ini. Salah satunya adalah melalui program Shopee Local Space, kampanye yang dibuat untuk meningkatkan penjualan dan awareness terhadap brand lokal dengan mempromosikan produk dan eksklusivitasnya melalui exposure, dimana ESQA ikut hadir di dalamnya sebagai salah satu brand kosmetik lokal.

Nikmati diskon hingga 40% untuk seluruh rangkaian produk kosmetik dari ESQA pada tanggal 17 Agustus 2020 hanya di Shopee! Selain itu, pengguna Shopee juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik dalam kampanye Shopee 17 Agustus Merdeka Sale, seperti Semua Toko Gratis Ongkir Min. Belanja Rp0, Cashback s/d 178 RB dan Diskon s/d 90% di Midnight Sale, 10X Flash Sale Mulai Rp99, serta Diskon Produk Lokal s/d 75% dan masih banyak lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas

Jumat, 18 September 2020 - 19:43 WIB

Gandeng Jembatan Emas, BUMN Askrindo Sasar Asuransi Kredit Fintech

Jakarta–PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas.

Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali

Jumat, 18 September 2020 - 19:27 WIB

Gairahkan Kembali Pariwisata Bali, Perempuan-Perempuan Cantik Ini Kampanyekan Bali I Miss U

Bali-Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali. Hal ini juga mempengaruhi Perekonomian Nasional karena…

Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) gellar online training

Jumat, 18 September 2020 - 19:20 WIB

Tingkatkan Kualitas di Masa Pandemi, Yanmar Diesel Indonesia Gelar Online Training untuk Teknisi dan Dealer

Demi terus meningkatkan kemampuan para personel PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) mengadakan online training sebagai alternatif pelatihan secara tatap muka. Disaat yang sama, YADIN juga terus…

Deputi Bidang Pengawasan KemenkopUKM Ahmad Zabadi

Jumat, 18 September 2020 - 18:15 WIB

LPS Koperasi Diusulkan Masuk RUU Cipta Kerja

Kementerian Koperasi dan UKM sedang memperjuangkan masuknya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Koperasi pada RUU Cipta Kerja.

Rahmad Darmawan Pelatih Madura United FC

Jumat, 18 September 2020 - 18:00 WIB

Coach RD Perlu Striker Perkuat Madura United

Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab mengalami krisis di sektor striker sejak dipinjamkannya striker andalan mereka Alberto “Beto” Goncalves ke tim Liga 2, Sriwijaya FC dan Greg Nwokolo yang…