Dipilih Jokowi! Ini Sosok Dirjen Bimas Katolik RI Yohanes Bayu Samodro

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 11 Agustus 2020 - 01:13 WIB

Dirjen Bimas Katolik RI Yohanes Bayu Samodro
Dirjen Bimas Katolik RI Yohanes Bayu Samodro

INDUSTRY.co.id, Jakarta, Presiden Jokowi akhirnya memilih Yohanes Bayu Samodro menjadi Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama yang baru. Yohanes Bayu dipilih menjadi Dirjen Bimas Katolik melalui sistem lelang jabatan di Kementerian Agama yang dibuka oleh Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi sejak Pebruari 2020 lalu.

Setelah melawati sejumlah tahapan, panitia lelang jabatan di Kementerian Agama menetapkan tiga nama untuk diajukan kepada Presiden Jokowi, yaitu  Prof.Adrianus Meliala, Ph.D (Kriminolog UI, Anggota Ombusman RI, Mantan Anggota Kompolnas), Suparman (Eselon II pada Kementerian Kemaritiman), dan Yohanes Bayu Samoedro, M.Pd.

Presiden Jokowi kemudian memilih Yohanes Bayu Samodro sebagai Dirjen Bimas Katolik. Senin siang (10/08) pukul 13.00 WIB Yohanes Bayu Samodro didampingi oleh istrinya Margareth Indriana resmi dilantik oleh Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi.

Bayu Samodro, menemuh pendidikan S1 pada Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, FKIP Unika Atma Jaya Jakarta, dan juga merupakan lulus S2 Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta.

Selama ini Bayu berkecimpung di dunia pendidikan, sebagai pengurus Yayasan Pendidikan, Guru, dan juga Dosen di salah satu Perguruan Tinggi di Tangerang. Ia menjabat Kepala SDM Yayasan Hati Suci (dh Perkoempoelan Ati Soetji) yang berkantor di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Yayasan ini mengelola anak-anak telantar yang berdiri lebih dari 100 tahun lalu, dirintis oleh Ny Auw Tjoei Lan (Ny Lie Tjioan Tjoen, Kapitan Tionghoa di Batavia), penerima Ridder in de Orde van Oranje Nassau (penghargaan kenegaraan tertinggi di Hindia Belanda, 1935).

Di Tangerang, Bayu menjabat Sekretaris Dewan Paroki Harian (DPH) Gereja Santo Laurensius, Alam Sutera. Dan juga pendamping Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Alam Sutra.

Selain pendidikan formal, Yohanes Bayu Samodro juga mengaku dibesarkan dalam organisasi Tungal Hati Seminari - Tunggal Hati Maria (THS-THM) yaitu sebuah organisasi pembinaan mental-spiritual di lingkungan gereja Katolik dengan pendekatan budaya pencak silat. Ia bergabung di THS-THM sejak tahun 1985 di Gereja Parok Fransiskus Xaverius Tanjung Priok, dan pernah menjabat Koordinator Nasional THS-THM tahun 1997-2003. Melalui organisasi THS-THM ini Bayu bersentuhan dengan banyak ormas Katolik, hirarki Gereja Katolik, dan juga segenap ormas non Katolik lain di Indonesia.

Dalam tugasnya di Kementerian Agama, Bayu mengaku akan menjalakan program strategis Presiden Jokowi termasuk ikut mengembangkan manusia Indonesia yang semakin berkualitas. Menurut Bayu, selama periode 2020-2025 ia akan menjalankan empat hal, menyederhanakan proses administrasi, merubah persepsi umat bahwa agama bukan tujuan tetapi sarana, menyusun program katakese berbasis teknologi informasi, dan menempatkan kurikulum Pendidikan Agama Katolik sebagai katekese yang holistik dan kontekstual.

Bayu menjabat Dirjen Bimas Katolik menggantikan Drs. Eusabius Binsasi yang telah memasuki purna bakti pada bulan Juli 2019 lalu.

Sebelumnya jabatan Dirjen Bimas Katolik ini sempat menjadi sorotan dan menuai polemik karena Dirjen Bimas Katolik dijabat oleh Nur Kholis yang merupakan pejabat beragama Islam. Masyarakat di media sosial menyorot persoalan ini dan menilai sebagai tindakan diskriminasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi

Sabtu, 19 September 2020 - 21:05 WIB

Sudah 22 Tahun Menyehatkan Indonesia! Ini Pesan Bos Herbalife untuk Gaya Hidup Sehat

Jakarta–Pada hari ini, Herbalife Nutrition menggelar konser virtual dalam rangka merayakan Anniversary yang ke-22 di Indonesia. Kegiatan ini sebagai awal dari rangkaian kegiatan gaya hidup…

Bank DKI meraih 3 penghargaan sekaligus pada BUMD Marketeer Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc

Sabtu, 19 September 2020 - 20:52 WIB

Pak Anies pun Bangga! Bank DKI Raih Penghargaan BUMD Marketeers Award

Jakarta-Bank DKI meraih 3 penghargaan sekaligus pada BUMD Marketeer Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc.

Konferensi Pers Online Mesin Plastik & Karet Taiwan Excellence 2020

Sabtu, 19 September 2020 - 19:40 WIB

CEO TAITRA Walter Yeh: Mesin Plastik & Karet Cerdas Taiwan Mampu Hasilkan Produk Ramah Lingkungan Secara Efisien

Sebagai salah satu dari enam negara pengekspor mesin plastik dan karet terbesar di dunia, Taiwan dikenal karena menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dengan teknologi yang disempurnakan…

Zico Kemala Batin sebagai Country Manager akan memimpin ekspansi POPS

Sabtu, 19 September 2020 - 17:33 WIB

POPS Worldwide Ekspansi ke Indonesia

POPS siap hadir di Indonesia sebagai langkah terbaru dalam upaya ekspansi agresif ke seluruh Asia Tenggara. Mulai 19 September 2020, POPS akan mulai bergerak untuk menarik masyarakat Indonesia…

HRIS Berbasis Cloud Jadi Solusi yang Relevan Dukung Produktivitas Kerja

Sabtu, 19 September 2020 - 17:00 WIB

HRIS Berbasis Cloud Jadi Solusi yang Relevan Dukung Produktivitas Kerja

Untuk mendukung bisnis dan perusahaan tetap berjalan secara optimal di tengah pandemi ini, dibutuhkan tools yang dapat membantu perusahaan dalam mengakses data perusahaan dengan mudah serta…