Cara Jitu Dubes RI Yuddi Chrisnandi Promosikan Indonesia di Acara TV Ukraina

Oleh : Krishna Anindyo | Minggu, 09 Agustus 2020 - 19:45 WIB

Dubes Yuddy Chrisnandi Saat Menjadi Narasumber untuk Wawancara TV Rada dalam acara Diplomatic Chronicles
Dubes Yuddy Chrisnandi Saat Menjadi Narasumber untuk Wawancara TV Rada dalam acara Diplomatic Chronicles

INDUSTRY.co.id - Ukraina – Media massa merupakan salah satu partner para diplomat dalam melaksanakan tugas-tugasnya, termasuk bagi para diplomat Indonesia yang ditugaskan menjadi Perwakilan Indonesia di luar negeri.

Melalui kerja sama dengan media massa lokal, pesan-pesan dan potensi kerja sama antara Indonesia dan negara tersebut dapat menjangkau lebih banyak audiens.

Hal tersebut diungkapkan Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi usai menjadi narasumber untuk wawancara TV Rada dalam acara “Diplomatic Chronicles".

​Dalam acara talk show tersebut, Dubes Yuddy menjelaskan berbagai perkembangan hubungan kerjasama bilateral RI dan Ukraina.

Yuddy juga memaparkan mengenai pentingnya kerjasama saling menguntungkan dengan negara-negara kawasan ASEAN, termasuk dengan Ukraina.

Hal ini menurutnya seiring dengan kecenderungan polugri Ukraina di bawah Menlu baru Dmytro Kuleba yang memberi perhatian lebih kepada kawasan Asia.

Dalam wawancara yang berlangsung sekitar  satu jam tersebut, berbagai isu dibahas. Mulai dari kebijakan polugri Indonesia, potensi kerjasama ekonomi, menariknya Indonesia bagi investor asing, peningkatan jumlah turis Ukraina ke Indonesia, sampai dengan rencana Pemerintah Indonesia untuk memindahkan ibukota negara yang rupanya menarik perhatian banyak pihak, termasuk pemirsa Ukraina.

“Di sektor ekonomi masih banyak potensi yang dapat dimaksimalkan kedua negara, selain ekspor impor gandum dan produk turunan kelapa sawit yang telah berlangsung selama ini. Nilai total perdagangan bilateral RI dan Ukraina yang mencapai USD 1,26 milyar pada tahun 2019  dapat lebih ditingkatkan,” tutur Dubes Yuddy melalui keterangan yang diterima redaksi Industry.co.id pada Minggu (9/8/2020).

Semnetara di bidang investasi, Dubes RI menjelaskan sejumlah proyek investasi besar di Indonesia yang potensial bagi investor asing.  

Sedangkan di sektor pariwisata, Dubes RI mendorong wisatawan Ukraina untuk menjelajahi pulau-pulau lain di Indonesia selain Bali yang sudah sangat populer di kalangan turis Ukraina.

"Dengan jumlah wisatawan Ukraina ke Indonesia yang pada 2019 lalu mencapai 35.537 orang, Ukraina merupakan pasar potensial bagi promosi wisata Indonesia," sebut Yuddi.

Dubes Yuddy juga menjelaskan kekayaan kuliner Indonesia dan karakter khas rakyat Indonesia yang terkenal dengan keramahan dan sifat sopan santun.

Perlu diketahui, stasiun TV Rada merupakan stasiun yang dimiliki oleh Verkhovna Rada (Parlemen Ukraina) dan sudah berdiri sejak tahun 1998. Program acara "Дипломатичні хронiки" (Diplomatic Chronicles) sendiri merupakan acara yang biasa menampilkan para diplomat asing di Ukraina atau tokoh politik Ukraina yang aktif dalam diplomasi.

Tampilnya Dubes Yuddy dalam program acara yang dipandu penyiar Veronica Panova ini diharapkan dapat semakin membuka mata publik Ukraina mengenai Indonesia dan meningkatkan citra positif Indonesia di Ukraina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas

Jumat, 18 September 2020 - 19:43 WIB

Gandeng Jembatan Emas, BUMN Askrindo Sasar Asuransi Kredit Fintech

Jakarta–PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas.

Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali

Jumat, 18 September 2020 - 19:27 WIB

Gairahkan Kembali Pariwisata Bali, Perempuan-Perempuan Cantik Ini Kampanyekan Bali I Miss U

Bali-Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali. Hal ini juga mempengaruhi Perekonomian Nasional karena…

Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) gellar online training

Jumat, 18 September 2020 - 19:20 WIB

Tingkatkan Kualitas di Masa Pandemi, Yanmar Diesel Indonesia Gelar Online Training untuk Teknisi dan Dealer

Demi terus meningkatkan kemampuan para personel PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) mengadakan online training sebagai alternatif pelatihan secara tatap muka. Disaat yang sama, YADIN juga terus…

Deputi Bidang Pengawasan KemenkopUKM Ahmad Zabadi

Jumat, 18 September 2020 - 18:15 WIB

LPS Koperasi Diusulkan Masuk RUU Cipta Kerja

Kementerian Koperasi dan UKM sedang memperjuangkan masuknya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Koperasi pada RUU Cipta Kerja.

Rahmad Darmawan Pelatih Madura United FC

Jumat, 18 September 2020 - 18:00 WIB

Coach RD Perlu Striker Perkuat Madura United

Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab mengalami krisis di sektor striker sejak dipinjamkannya striker andalan mereka Alberto “Beto” Goncalves ke tim Liga 2, Sriwijaya FC dan Greg Nwokolo yang…