Selama Pandemi Covid-19, Pembayaran Non Tunai Mengalami Peningkatan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 09 Agustus 2020 - 08:00 WIB

Visa, penyedia pembayaran digital (Foto Dok Industry.co.id)
Visa, penyedia pembayaran digital (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Visa, penyedia pembayaran digital terdepan di dunia, mengumumkan transaksi Visa contactless bertumbuh lebih dari 700% pada periode 2018 dan 2010, seiring kebutuhan masyarakat Indonesia akan cara membayar yang cepat, inovatif, dan aman. Pada periode yang sama, jumlah kartu kredit dan debit Visa contactless yang beredar di pasar meningkat sekitar 500%.

Penerimaan pembayaran contactless juga semakin luas dan saat ini tersedia di berbagai kategori pedagang/merchant, termasuk hipermarket, restoran, kedai kopi, toko kue dan roti, pom bensin, bioskop, dan toko serba ada, seperti Carrefour/Transmart Carrefour, Foodmart, Giant, Hero, Hypermart, Hyfresh, LOTTE Mart, Primo, Pepito, Bakmi GM, Hoka-Hoka Bento, McDonald’s Indonesia, Yoshinoya, Maxx Coffee, Tous Les Jours, Shell, Cinepolis, Cocomart, Guardian, dll.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia belum lama ini mengatakan, “Kami senang melihat bahwa seiring dukungan kuat kami dalam merealisasikan masyarakat nontunai di Indonesia, sejalan dengan misi pemerintah dan Bank Indonesia, penggunaan kartu contactless secara signifikan telah bertumbuh selama 24 bulan terakhir hingga akhir tahun 2019. Studi Consumer Payment Attitudes kami yang terbaru juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia cukup siap menyambut gaya hidup nontunai, di mana lebih dari 40% masyarakat Indonesia membawa uang tunai lebih sedikit dibandingkan dua tahun lalu. Ketika ditanyakan, mereka mengungkap alasannya adalah meningkatnya penggunaan pembayaran kartu dan contactless, serta persepsi bahwa membawa uang tunai dalam jumlah banyak tidak aman.”

Terbukti secara global menjadi sebuah opsi pengganti uang tunai, teknologi contactless mengubah lanskap pembayaran di toko, dan membuka ruang untuk inovasi yang lebih menitikberatkan pada pengalaman konsumen. Pembayaran contactless menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih aman dan nyaman bagi pelanggan, serta meningkatkan produktivitas saat proses pembayaran (checkout) bagi merchant.

Di Indonesia, pembayaran Visa contactless memungkinkan konsumen menyelesaikan transaksi dengan kecepatan sekali tap tanpa harus otorisasi PIN atau tanda tangan untuk nominal di bawah Rp 1 juta. Data Visa menunjukkan pemegang kartu contactless di Indonesia berbelanja rata-rata Rp 332 ribu per transaksi baik menggunakan kartu debit maupun kredit contactless, umumnya dalam kategori makanan dan bahan makanan, yang pada gilirannya berkontribusi menggencarkan pengenalan pembayaran nontunai di sektor tersebut.  

 

Riko menjelaskan, “Kami melihat solidnya pertumbuhan merchant yang mengadopsi teknologi contactless di Indonesia seiring faktor efisiensi, kelancaran, dan keamanannya menjadikan pengalaman proses pembayaran contactless semakin diminati oleh konsumen. Studi kami menunjukkan bahwa 70% pemegang kartu contactless di Indonesia berencana lebih sering menggunakannya, dengan 77% di antaranya berencana menggunakan transaksi contactless setidaknya seminggu sekali.”

Seiring berlanjutnya pandemi yang mendisrupsi cara berbelanja masyarakat, konsumen dan pelaku bisnis gencar mencari opsi digital untuk pembelian sehari-hari, yang didorong oleh kebutuhan pilihan pembayaran yang aman, yang tidak perlu menyentuh terminal. Visa baru-baru ini mengumumkan lebih dari 500 kota di seluruh dunia mengadopsi solusi Visa contactless seiring dimulainya masa pemulihan penggunaan beragam moda transportasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pilkada 2020 (Foto Dok PR)

Selasa, 22 September 2020 - 10:34 WIB

Tidak Sampai Tiga Bulan Lagi Pilkada Serentak Tetap Diselenggarakan

Dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan Covid 19, Komisi II DPR RI meminta KPU RI untuk segera merevisi PKPU Nomor 10 tahun 2020 tentang…

Wisma atlet Kemayoran

Selasa, 22 September 2020 - 10:30 WIB

Tower 4 Wisma Atlet Sudah Dibuka untuk Isolasi Mandiri Pasien COVID-19

Pembukaan tower sebagai tempat isolasi mandiri pasien COVID-19 dengan kondisi orang tanpa gejala (OTG) tersebut sesuai dengan target yang diperhitungkan sebelumnya.

Ilustrasi Tenaga Medis Covid-19 (ist)

Selasa, 22 September 2020 - 10:17 WIB

Masyarakat, Please Disiplin! Tenaga Medis Lelah, Relawan: Kalau Begini Terus Kita Akan Ambruk

Kepala Bidang Koordinator Relawan Medis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jossep F William mengemukakan banyak relawan tenaga kesehatan yang berada di rumah sakit mengalami keletihan dan bahkan…

Wakil Ketua DPR RI - Rachmat Gobel Saat Kunjungan Kerja ke Kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Photo by Rifky/Man)

Selasa, 22 September 2020 - 10:15 WIB

DPR Dorong Pemerintah Kembangkan Transportasi Berbasis Rel Sebagai Primadona

Menurut Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) ini, kemajuan transportasi berbasis rel merupakan indikator kemajuan pembangunan suatu negara.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro

Selasa, 22 September 2020 - 10:03 WIB

Hingga Bulan September, Pasien Sembuh Dari COVID-19 Mencapai Lebih Dari 72 Persen

Tercatat, pada Senin (21/9/202) jumlah pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 3.870 kasus. Tiga provinsi tertinggi yakni DKI Jakarta (1.299), Jawa Timur (341) dan Jawa Tengah (321).