Puji Tuhan! Uskup Agung Medan Sembuh dari Covid-19

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 08 Agustus 2020 - 01:29 WIB

Uskup Agung Kota Medan, Mgr Kornelius Sipayung, OFM Cap
Uskup Agung Kota Medan, Mgr Kornelius Sipayung, OFM Cap

INDUSTRY.co.id, Medan -  Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung dinyatakan sembuh dari Covid-19, setelah dirawat sekitar tiga minggu di RS Rujukan Covid-19 Martha Priska Medan.

Selain Mgr Kornelius Sipayung, pada Juli 2020 ada empat Pastor lainnya di jajaran Keuskupan Agung Medan (KAM) yang juga dinyatakan positif covid-19.

Keempat Pastor itu adalah:

1. Vikaris Jenderal (Vikjen) RP Michael Manurung OFM Cap.

2. RP Frans Borta P Rumapea O.Carm.

3. RP Romualdus Nairun CMF

4. RD Jody Morison Turnip, Ketua Yayasan Pendidikan Katolik (YPK) Don Bosco.

Serta seorang lainnya yang juga positif, Melina Marbun.

Menurut Juru Bicara Keuskupan Agung Medan RP Benyamin Purba OFM Cap, setelah masuk RS Elisabeth pada 14 Juli dan pindah ke RS Martha Priska lalu dinyatakan positif, kini Mgr Kornelius Sipayung sudah dinyatakan sembuh.

"Mgr Kornelius Sipayung kini sudah kembali ke rumah Uskup di Jalan Imam Bonjol No 39 dan masih empat hari berisolasi mandiri," tuturnya, seperti dikkutip Wartakotalive.com dari kanal YouTube Komsos Keuskupan Agung Medan, Jumat (7/8/2020), melansir WARTAKOTALIVE.COM

Bagaimana dengan yang lain? "Pastor Michael Manurung, Vikaris Jenderal kita, masuk RS Elisabeth tanggal 7 Juli, hasil PCR positif. Kondisi stabil sejak 23 Juli 2020 dan sudah kembali ke rumah Uskup," papar Pastor Benyamin.

Tiga Pastor lainnya, yakni Pastor Borta, Pastor Romualdus, dan Pastor Jody Turnip serta satu orang atas nama Melina Marbun, juga sudah dinyatakan sembuh.

Tak terkecuali yang melakukan isolasi mandiri, masing-masing Pastor Petrus Simarmata, Pastor Ferdinandus Saragih, dan Suster Immanuella Ginting juga sudah bebas dari covid-19.

Demikian juga Nona Christiana, yang disebut oleh Pastor Benyamin sudah kembali ke rumah Uskup.

"Ini rahmat yang tak terduga pula, bahwa karyawan-karyawan ekonomat dan kanselir-kanselir tidak terdampak covid-19," kata Juru Bicara KAM.

"Itulah semua mukjizat yang mendorong kita untuk bersembah sujud kepada Tuhan, yang selalu memelihara pelayan-pelayan di rumah tinggal Uskup," imbuhnya.

Pelayanan Keuskupan dibuka kembali

Menyusul bebasnya penghuni rumah Uskup dan kantor pelayan keuskupan dari covid-19, maka per 6 Agustus 2020 pelayanan dibuka kembali secara bertahap.

Menurut Pastor Benyamin, pelayanan yang bisa dilakukan secara online lebih didahulukan dibanding yang offline.

Sementara itu, ungkapan terima kasih disampaikan Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFM Cap kepada para tenaga medis yang telah merawatnya.

Selama sekitar tiga minggu Mgr Kornelius Sipayung dirawat di RS Martha Priska Medan, sebuah rumah sakit rujukan Covid-19.

"RS Martha Priska ini rumah sakit rujukan Covid-19. Terima kasih banyak untuk tim medis yang ada di sana," kata Mgr Kornelius seperti dikutip Wartakotalive.com dari akun instagram Komsos Keuskupan Agung Medan (KAM), Jumat (7/8/2020).

Selain ucapan terima kasih secara umum kepada para tenaga medis RS Martha Priska, Monsigneur juga berterima kasih secara khusus kepada Dokter Fransiskus Ginting.

"(Ucapan terima kasih) Secara khusus Dokter Frans Ginting, yang sedikit agak gila, yang menemani pasien covid dengan sangat dekat,  tidur-tidur bersama mereka di ruang ICU, menyapa, menjamah, mendoakan mereka, sehingga benar-benar para pasien yang tinggal di sana sungguh merasa dihargai," papar Mgr Kornelius Sipayung dalam videonya yang diunggah di akun @komsos_kam tersebut.

Yap, rupanya pelayanan totalitas dr Fransiskus Ginting kepada para pasiennya sungguh membekas di hati Bapa Uskup.

Sementara itu, di awal pernyataannya yang juga diunggah di channel YouTube Komsos Keuskupan Agung Medan (KAM), Mgr Kornelius mengatakan, "Umat Allah yang terkasih, setelah tiga minggu dirawat di rumah sakit, akhirnya saya kembali ke rumah. Kembali ke rumah tapi masih dengan status mengisolasi diri lima hari lagi,"

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Makassar New Port

Sabtu, 19 September 2020 - 09:58 WIB

Sesuai AMDAL, Pelindo IV Tegaskan Pembangunan MNP Fokus Mitigasi Lingkungan

Mitigasi terhadap lingkungan sekitar MNP yang dibuat oleh perseroan yaitu dengan memasang silt curtain untuk meminimalkan pencemaran dan mencegah kekeruhan air laut saat konstruksi berlangsung.…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (dok INDUSTRY.CO.ID)

Sabtu, 19 September 2020 - 09:47 WIB

Menperin Agus: Industri Otomotif Bakal Melesat di Semester II

Menteri Perindusterian Agus Gumiwangterus memacu kinerja industri otomotif di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19. Hal ini agar sektor strategis tersebut dapat kembali tumbuh memberikan kontribusi…

Danau Toba

Sabtu, 19 September 2020 - 09:20 WIB

Tata KSPN Danau Toba Sebagai Destinasi Wisata Unggulan, Kementerian PUPR Alokasikan Rp1,33 Triliun Pada 2020

Dukungan Kementerian PUPR di antaranya Pembangunan Jalan Lingkar Samosir, Jembatan Tano Ponggol, Revitalisasi Danau Toba, Instalasi Pengolahan Air, Sanitasi, dan Penataan Kawasan Tepi Danau…

Gedung Isolasi RS Covid-19 Pulau Galang di Batam

Sabtu, 19 September 2020 - 09:00 WIB

Gedung Isolasi RS Covid-19 Pulau Galang yang Dibangun Waskita Aman dari Terjangan Puting Beliung

PT Waskita Karya (Persero) Tbk memastikan bangunan yang dikerjakan di RS Covid-19 Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau aman dari terjangan angin puting beliung. Seperti diketahui, Waskita mengerjakan…

Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan melakukan penataan akses masuk truk petikemas

Sabtu, 19 September 2020 - 08:00 WIB

TPK Belawan Lakukan Penatan Akses Masuk Terminal Tingkatkan Layanan

TPK Belawan melakukan penataan akses masuk mulai tanggal 20 Agustus 2020 dan sudah disosialisasikan terlebih dahulu ke Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) dan Asosiasi Logistik dan Forwarder…