Puji Tuhan! Uskup Agung Medan Sembuh dari Covid-19

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 08 Agustus 2020 - 01:29 WIB

Uskup Agung Kota Medan, Mgr Kornelius Sipayung, OFM Cap
Uskup Agung Kota Medan, Mgr Kornelius Sipayung, OFM Cap

INDUSTRY.co.id, Medan -  Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung dinyatakan sembuh dari Covid-19, setelah dirawat sekitar tiga minggu di RS Rujukan Covid-19 Martha Priska Medan.

Selain Mgr Kornelius Sipayung, pada Juli 2020 ada empat Pastor lainnya di jajaran Keuskupan Agung Medan (KAM) yang juga dinyatakan positif covid-19.

Keempat Pastor itu adalah:

1. Vikaris Jenderal (Vikjen) RP Michael Manurung OFM Cap.

2. RP Frans Borta P Rumapea O.Carm.

3. RP Romualdus Nairun CMF

4. RD Jody Morison Turnip, Ketua Yayasan Pendidikan Katolik (YPK) Don Bosco.

Serta seorang lainnya yang juga positif, Melina Marbun.

Menurut Juru Bicara Keuskupan Agung Medan RP Benyamin Purba OFM Cap, setelah masuk RS Elisabeth pada 14 Juli dan pindah ke RS Martha Priska lalu dinyatakan positif, kini Mgr Kornelius Sipayung sudah dinyatakan sembuh.

"Mgr Kornelius Sipayung kini sudah kembali ke rumah Uskup di Jalan Imam Bonjol No 39 dan masih empat hari berisolasi mandiri," tuturnya, seperti dikkutip Wartakotalive.com dari kanal YouTube Komsos Keuskupan Agung Medan, Jumat (7/8/2020), melansir WARTAKOTALIVE.COM

Bagaimana dengan yang lain? "Pastor Michael Manurung, Vikaris Jenderal kita, masuk RS Elisabeth tanggal 7 Juli, hasil PCR positif. Kondisi stabil sejak 23 Juli 2020 dan sudah kembali ke rumah Uskup," papar Pastor Benyamin.

Tiga Pastor lainnya, yakni Pastor Borta, Pastor Romualdus, dan Pastor Jody Turnip serta satu orang atas nama Melina Marbun, juga sudah dinyatakan sembuh.

Tak terkecuali yang melakukan isolasi mandiri, masing-masing Pastor Petrus Simarmata, Pastor Ferdinandus Saragih, dan Suster Immanuella Ginting juga sudah bebas dari covid-19.

Demikian juga Nona Christiana, yang disebut oleh Pastor Benyamin sudah kembali ke rumah Uskup.

"Ini rahmat yang tak terduga pula, bahwa karyawan-karyawan ekonomat dan kanselir-kanselir tidak terdampak covid-19," kata Juru Bicara KAM.

"Itulah semua mukjizat yang mendorong kita untuk bersembah sujud kepada Tuhan, yang selalu memelihara pelayan-pelayan di rumah tinggal Uskup," imbuhnya.

Pelayanan Keuskupan dibuka kembali

Menyusul bebasnya penghuni rumah Uskup dan kantor pelayan keuskupan dari covid-19, maka per 6 Agustus 2020 pelayanan dibuka kembali secara bertahap.

Menurut Pastor Benyamin, pelayanan yang bisa dilakukan secara online lebih didahulukan dibanding yang offline.

Sementara itu, ungkapan terima kasih disampaikan Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFM Cap kepada para tenaga medis yang telah merawatnya.

Selama sekitar tiga minggu Mgr Kornelius Sipayung dirawat di RS Martha Priska Medan, sebuah rumah sakit rujukan Covid-19.

"RS Martha Priska ini rumah sakit rujukan Covid-19. Terima kasih banyak untuk tim medis yang ada di sana," kata Mgr Kornelius seperti dikutip Wartakotalive.com dari akun instagram Komsos Keuskupan Agung Medan (KAM), Jumat (7/8/2020).

Selain ucapan terima kasih secara umum kepada para tenaga medis RS Martha Priska, Monsigneur juga berterima kasih secara khusus kepada Dokter Fransiskus Ginting.

"(Ucapan terima kasih) Secara khusus Dokter Frans Ginting, yang sedikit agak gila, yang menemani pasien covid dengan sangat dekat,  tidur-tidur bersama mereka di ruang ICU, menyapa, menjamah, mendoakan mereka, sehingga benar-benar para pasien yang tinggal di sana sungguh merasa dihargai," papar Mgr Kornelius Sipayung dalam videonya yang diunggah di akun @komsos_kam tersebut.

Yap, rupanya pelayanan totalitas dr Fransiskus Ginting kepada para pasiennya sungguh membekas di hati Bapa Uskup.

Sementara itu, di awal pernyataannya yang juga diunggah di channel YouTube Komsos Keuskupan Agung Medan (KAM), Mgr Kornelius mengatakan, "Umat Allah yang terkasih, setelah tiga minggu dirawat di rumah sakit, akhirnya saya kembali ke rumah. Kembali ke rumah tapi masih dengan status mengisolasi diri lima hari lagi,"

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…