Genjot Infrastruktur Pariwisata, Pemerintah Bangun Marina Center di Padang

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:30 WIB

Kemenko Marves Ridwan Djamaluddin
Kemenko Marves Ridwan Djamaluddin

INDUSTRY.co.id - Padang - Dalam rangka meningkatkan pelayanan pariwisata di Sumatera Barat (Sumbar) khususnya Mentawai, Pemerintah tengah merancang pembangunan Marina Center di Padang. Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Ridwan Djamaluddin saat melakukan peninjauan lokasi Marina Center di Muara Padang, Sumbar.

“Jadi progres tertinggi di Sumatera Barat ini adalah pariwisata. Obyek pariwisata kelas dunia aja sekarang ada di Mentawai sana, oleh sebab itu kita perlu menyiapkan infrastruktur yang bagus supaya ketika turis mau berkunjung ke Mentawai itu mereka punya pelabuhan yang bagus di sini,” tutur Deputi Ridwan melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Kamis (6/8/2020).

“Makanya kita usulkan agar tempat/ pelabuhan ini bagus kualitasnya untuk wisatawan,” tegasnya.

Dalam pembangunan Marina Center yang akan dikelola oleh Pelindo 2 ini, Deputi Ridwan menjelaskan juga bahwa nantinya agar ada bernuansa laut/ bernuansa maritim di kota Padang. Hal itu sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan pemerintahan setempat dan semua sudah sepakat untuk pembangunannya.

“Sehingga harapannya nanti kita terbangun Maritim Center bisa menjalankan fungsi sebagai pelabuhan dan juga menjadi tempat contoh yang baik bagaimana sebuah komunitas berbasis maritim bisa dihidupkan, karena nanti akan ada kulinernya, akan ada tampilannya dan lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Deputi Ridwan menjelaskan bahwa di Mentawai sendiri sebetulnya sudah direncanakan pembangunan bandara, namun tidak mengganggu pembangunan Marina Center ini.

“Walaupun di sana akan ada rencana membangun bandara sendiri dan wisatawan ke sana, tetapi opsi ini akan tetap dibuka, karena di sana kan belum mulai nah di sini sudah ada. Jadi yang mau langsung ke Mentawai melalui jalur udara bisa atau melalui jalur laut lewat Padang,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menambahkan bahwa semua perizinan sedang disiapkan. Dirinya berharap pembangunan dapat dilaksanakan sesegera mungkin.

“Muara ini diperbaiki lalu menjadi Marina Center awalnya ide Menko Marves (Luhut B. Pandjaitan) melalui Deputi Ridwan, bahwa ini nanti akan ke Mentawai. Semua perizinan kita siapkan. Intinya kita tentu mengharapkan semua segera diproses,” ungkap Wagub Nasrul.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…