Genjot Infrastruktur Pariwisata, Pemerintah Bangun Marina Center di Padang

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:30 WIB

Kemenko Marves Ridwan Djamaluddin
Kemenko Marves Ridwan Djamaluddin

INDUSTRY.co.id - Padang - Dalam rangka meningkatkan pelayanan pariwisata di Sumatera Barat (Sumbar) khususnya Mentawai, Pemerintah tengah merancang pembangunan Marina Center di Padang. Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Ridwan Djamaluddin saat melakukan peninjauan lokasi Marina Center di Muara Padang, Sumbar.

“Jadi progres tertinggi di Sumatera Barat ini adalah pariwisata. Obyek pariwisata kelas dunia aja sekarang ada di Mentawai sana, oleh sebab itu kita perlu menyiapkan infrastruktur yang bagus supaya ketika turis mau berkunjung ke Mentawai itu mereka punya pelabuhan yang bagus di sini,” tutur Deputi Ridwan melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Kamis (6/8/2020).

“Makanya kita usulkan agar tempat/ pelabuhan ini bagus kualitasnya untuk wisatawan,” tegasnya.

Dalam pembangunan Marina Center yang akan dikelola oleh Pelindo 2 ini, Deputi Ridwan menjelaskan juga bahwa nantinya agar ada bernuansa laut/ bernuansa maritim di kota Padang. Hal itu sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan pemerintahan setempat dan semua sudah sepakat untuk pembangunannya.

“Sehingga harapannya nanti kita terbangun Maritim Center bisa menjalankan fungsi sebagai pelabuhan dan juga menjadi tempat contoh yang baik bagaimana sebuah komunitas berbasis maritim bisa dihidupkan, karena nanti akan ada kulinernya, akan ada tampilannya dan lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Deputi Ridwan menjelaskan bahwa di Mentawai sendiri sebetulnya sudah direncanakan pembangunan bandara, namun tidak mengganggu pembangunan Marina Center ini.

“Walaupun di sana akan ada rencana membangun bandara sendiri dan wisatawan ke sana, tetapi opsi ini akan tetap dibuka, karena di sana kan belum mulai nah di sini sudah ada. Jadi yang mau langsung ke Mentawai melalui jalur udara bisa atau melalui jalur laut lewat Padang,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menambahkan bahwa semua perizinan sedang disiapkan. Dirinya berharap pembangunan dapat dilaksanakan sesegera mungkin.

“Muara ini diperbaiki lalu menjadi Marina Center awalnya ide Menko Marves (Luhut B. Pandjaitan) melalui Deputi Ridwan, bahwa ini nanti akan ke Mentawai. Semua perizinan kita siapkan. Intinya kita tentu mengharapkan semua segera diproses,” ungkap Wagub Nasrul.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas

Jumat, 18 September 2020 - 19:43 WIB

Gandeng Jembatan Emas, BUMN Askrindo Sasar Asuransi Kredit Fintech

Jakarta–PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas.

Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) gellar online training

Jumat, 18 September 2020 - 19:20 WIB

Tingkatkan Kualitas di Masa Pandemi, Yanmar Diesel Indonesia Gelar Online Training untuk Teknisi dan Dealer

Demi terus meningkatkan kemampuan para personel PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) mengadakan online training sebagai alternatif pelatihan secara tatap muka. Disaat yang sama, YADIN juga terus…

Deputi Bidang Pengawasan KemenkopUKM Ahmad Zabadi

Jumat, 18 September 2020 - 18:15 WIB

LPS Koperasi Diusulkan Masuk RUU Cipta Kerja

Kementerian Koperasi dan UKM sedang memperjuangkan masuknya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Koperasi pada RUU Cipta Kerja.

Rahmad Darmawan Pelatih Madura United FC

Jumat, 18 September 2020 - 18:00 WIB

Coach RD Perlu Striker Perkuat Madura United

Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab mengalami krisis di sektor striker sejak dipinjamkannya striker andalan mereka Alberto “Beto” Goncalves ke tim Liga 2, Sriwijaya FC dan Greg Nwokolo yang…

Ketua KPU RI Arief Budiman (Foto Ist)

Jumat, 18 September 2020 - 17:10 WIB

Ketua KPU Arief Budiman Umumkan Positif Covid-19

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman, mengumumkan dirinya positif corona.