Video Viral Anji dan Hadi Pranoto Banjir Kecaman, DPR: Publik Figur Bantu Pemerintah Jangan Bikin Gaduh

Oleh : Nata Kesuma | Rabu, 05 Agustus 2020 - 11:05 WIB

Video Anji dan Hadi Pranoto dikritik banyak pihak
Video Anji dan Hadi Pranoto dikritik banyak pihak

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Di masa pandemi Covid-19, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad meminta seluruh lapisan masyarakat menjaga suasana agar tetap kondusif, terutama dalam penyebaran informasi yang berkaitan dengan Covid-19.

Hal ini disampaikan Dasco merespon pertanyaan wartawan terkait video viral di kanal YouTube milik seorang publik figur Erdian Aji Prihartanto alias Anji bersama Hadi Pranoto yang mengaku sebagai profesor dan pakar mikrobiologi serta penemu antibodi pasien Covid-19. 

Menurut Dasco, seorang publik figur seharusnya membantu pemerintah menjaga situasi tetap kondusif.

"Di situasi pandemi Covid-19 ini, kita mesti selalu waspada serta menjaga ketentraman, janganlah kita membuat statemen yang kebenaran belum teruji, kasihan masyarakat mendapat informasi yang tidak benar," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id Rabu (5/8).

Ia juga mengajak semua pihak agar menjaga situasi tetap baik tidak menyebar informasi yang membuat gaduh. 

“Terutama publik figur yang banyak diikuti oleh masyarakat, jangan berikan informasi yang membuat gaduh," tegas Dasco.

Hal senada juga diungkapkan Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay. 

Ia mengatakan, penyebaran informasi sesat tentang Covid-19 tidak bisa ditoleransi, sehingga perlu diberikan sanksi tegas.

 “Penyebaran informasi yang salah adalah penyesatan. Tindakan seperti ini tentu tidak bisa ditolerir. Jika nyata nyatanya merugikan kepentingan umum, harus ada tindakan hukum yang tegas. Saya kita banyak klausul hukum yang bisa diterapkan terkait hal itu,” tegas Saleh.

Ia menambahkan, Informasi yang keliru dapat merugikan masyarakat dan memperparah situasi penangan Covid-19. Ia mengingatkan agar masyarakat menyebar dan menerima informasi secara bertanggung jawab.

“Informasi merupakan salah satu kunci penting dalam memutus mata rantai penyebaran tersebut, jika informasi yang diberikan salah, akan banyak orang yang terkena dampaknya. Tentu ini sangat tidak baik ditengah niat baik semua orang dalam memerangi Covid-19,” katanya.

Saleh pun meminta agar pemerintah makin masif memberikan informasi tentang Covid-19 kepada publik. 

Pemerintah harus mampu menyediakan data dan informasi yang valid untuk meluruskan berbagai isu yang beredar.

Sebelumnya dalam video viral tersebut, Anji sebagai salah seorang publik figur mewawancarai Hadi Pranoto yang disebutnya sebagai profesor dan pakar mikrobiologi. 

Hadi Pranoto mengklaim telah menemukan obat antibodi Covid-19 berbahan herbal yang telah menyembuhkan ribuan pasien. 

Menurut Hadi, obat temuannya sudah didistribusikan kepada ratusan ribu orang di Sumatera, Pulau Jawa, Bali dan Kalimantan.

Belakangan, video tersebut mendapat respons negatif dari publik. Sosok Hadi Pranoto disebut tidak memiliki latar belakang akademis yang mumpuni sehingga klaim dan kalimatnya dipertanyakan publik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…

Produk Le Minerale

Selasa, 23 April 2024 - 12:10 WIB

Brand Nasional Le Minerale Jadi Favorit Konsumen selama Ramadhan 2024

Air minum kemasan bermerek Le Minerale menjadi air mineral favorit konsumen selama Ramadhan 2024. Hal tersebut tercermin dari survei anyar Goodstats, platform kelola data daring berbasis Jakarta,…

Ilustrasi perbankan syariah (republika.co.id)

Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Selasa, 23 April 2024 - 11:55 WIB

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Dalam langkah besar menuju revolusi kendaraan berkelanjutan, MG Motor Indonesia dan PLN melalui unit usahanya, PLN Icon Plus, telah memulai perjalanan kendaraan listrik spektakuler dari Jakarta…