Kookmin Bank Siap Kuasai 67 Persen Saham Bukopin

Oleh : Wiyanto | Senin, 03 Agustus 2020 - 22:05 WIB

Pelayanan perbankan di Bank Bukopin (Foto: Doc Bank Bukopin)
Pelayanan perbankan di Bank Bukopin (Foto: Doc Bank Bukopin)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Bank Bukopin Tbk menargetkan Rasio Kecukupan Modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) bisa mencapai 17 persen. 25 Agustus 2020, Bukopin akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) guna membahas persetujuan penambahan modal kembali.

"Ada privat placement pada 25 Agustus 2020 oleh Kookmin Bank," kata Direktur Utama Bank Bukopin Rivan Purwantono di Jakarta, Senin (3/8/2020).

Posisi saham Kookmin Bank mencapai 33,9 persen. Rencananya akan ditingkatkan menjadi 67 persen.

"CAR kita akan menjadi 17 persen nantinya, yang saat ini sudah 14 persen," katanya.

Kali ini, menurutnya, hasil Penawaran Umum Terbatas ke-5 (PUT V) yang diserap Kookmin Bank (KB) sebanyak KB menyerap sekitar 2,97 miliar lembar saham baru selama masa perdagangan dan pemesanan tambahan HMETD.

Selain KB, Bosowa Corporindo yang juga melaksanakan porsi HMETD nya dengan menyerap 1,09 miliar lembar saham. Kepemilikan menjadi 23,4 persen. Pemerintah turun jadi 6,37persen. Secara keseluruhan, Bukopin menerbitkansaham baru sejumlah 4,660,763,499 saham baru kelas B.

"Kredit kita ke UMKM, Kookmin Bank lihat kita punya potensi market di Indonesia. Kita akan rekonsiliasi dan tumbuh di bisnis," kata dia.

Menurut dia, Kookmin Bank menyerap Rp2,97 miliar hingga bank asal Korea tersebut menjadi Bank pengendali karena menguasasi 33,9 persen atau di atas ambang minimum pemegang saham pengendali di angka 25 persen.

"Capital Adequacy Ratio (CAR) atau rasio kecukupan modal Bukopin meningkat menjadi 14 persen. Naik dari Juni 2020 di kisaran 12,59 persen," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi

Sabtu, 19 September 2020 - 21:05 WIB

Sudah 22 Tahun Menyehatkan Indonesia! Ini Pesan Bos Herbalife untuk Gaya Hidup Sehat

Jakarta–Pada hari ini, Herbalife Nutrition menggelar konser virtual dalam rangka merayakan Anniversary yang ke-22 di Indonesia. Kegiatan ini sebagai awal dari rangkaian kegiatan gaya hidup…

Konferensi Pers Online Mesin Plastik & Karet Taiwan Excellence 2020

Sabtu, 19 September 2020 - 19:40 WIB

CEO TAITRA Walter Yeh: Mesin Plastik & Karet Cerdas Taiwan Mampu Hasilkan Produk Ramah Lingkungan Secara Efisien

Sebagai salah satu dari enam negara pengekspor mesin plastik dan karet terbesar di dunia, Taiwan dikenal karena menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dengan teknologi yang disempurnakan…

Zico Kemala Batin sebagai Country Manager akan memimpin ekspansi POPS

Sabtu, 19 September 2020 - 17:33 WIB

POPS Worldwide Ekspansi ke Indonesia

POPS siap hadir di Indonesia sebagai langkah terbaru dalam upaya ekspansi agresif ke seluruh Asia Tenggara. Mulai 19 September 2020, POPS akan mulai bergerak untuk menarik masyarakat Indonesia…

HRIS Berbasis Cloud Jadi Solusi yang Relevan Dukung Produktivitas Kerja

Sabtu, 19 September 2020 - 17:00 WIB

HRIS Berbasis Cloud Jadi Solusi yang Relevan Dukung Produktivitas Kerja

Untuk mendukung bisnis dan perusahaan tetap berjalan secara optimal di tengah pandemi ini, dibutuhkan tools yang dapat membantu perusahaan dalam mengakses data perusahaan dengan mudah serta…

Jakarta - PT Food Station Tjipinang Jaya berhasil meraih enam penghargaan dalam ajang BUMD Marketeers Awards 2020 yang di gelar oleh Mark Plus Inc sebuah lembaga riset terkemuka yang didirikan oleh pakar pemasaran Hermawan Kartajaya.

Sabtu, 19 September 2020 - 16:00 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan di DKI Jakarta, BUMD FOOD STATION Panen Penghargaan

Jakarta-PT Food Station Tjipinang Jaya berhasil meraih enam penghargaan dalam ajang BUMD Marketeers Awards 2020 yang di gelar oleh Mark Plus Inc sebuah lembaga riset terkemuka yang didirikan…