Wakil Menteri Lingkungan Hidup Serahkan Penghargaan CSR pada SUCOFINDO

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 30 Juli 2020 - 00:44 WIB

Raih Penghargaan CSR
Raih Penghargaan CSR

INDUSTRY.co.id, Jakarta (29/7) - PT SUCOFINDO (Persero) raih penghargaan pada tahun 2020. SUCOFINDO menerima CSR Awards dan Direktur Utama SUCOFINDO Bachder Djohan Buddin meraih TOP LEADER ON CSR COMMITMENT 2020.

Penghargaan secara resmi diberikan oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Alue Dohong kepada Direktur Utama SUCOFINDO, Bachder Djohan Buddin dan Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis SUCOFINDO, Budi Hartanto bertempat di Hotel Sultan, Jakarta.

Pada acara puncak penganugerahan TOP CSR 2020, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI memberikan apresiasinya kepada para perusahaan yang menerima penghargaan TOP CSR 2020. “Tentunya sangat memberikan apresiasi kepada para perusahaan yang meraih penghargaan agar terus berkomitmen dan berinovasi di situasi pandemi Covid-19 sehingga membangun kenormalan yang baru secara optimis.”

Dirut SUCOFINDO menuturkan bahwa, SUCOFINDO telah menerapkan GCG dengan kinerja yang terus meningkat, melaksanakan program CSR yang mendukung strategi perusahaan berkelanjutan serta menggunakan Panduan ISO 26000 dalam pelaksanaan kegiatan CSR.

Dirut SUCOFINDO Bachder menyampaikan, “SUCOFINDO sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa Testing, Inspection dan Certification (TIC) berkomitmen untuk berperan aktif dalam memberikan kontribusi terbaiknya kepada masyarakat maupun lingkungan sebagai salah satu wujud BUMN Untuk Indonesia. Hal ini terwujud pada program-program SUCOFINDO yang di masa wabah pandemi Covid-19 fokus terhadap pemulihan ekonomi nasional juga melalui aksi peduli SUCOFINDO Lawan Covid-19.”

SUCOFINDO menempati posisi TOP CSR Awards 2020 # STAR 4 atau pada tingkat “sangat baik”, dengan hasil penilaian program CSR yang dilakukan telah mendukung strategi bisnis perusahaan berkelanjutan. Bachder menjelaskan bahwa, “Program CSR SUCOFINDO telah selaras dengan strategi bisnis, terutama pada masa wabah pandemi Covid-19 SUCOFINDO membagi perannya, diantaranya sebagai perusahaan yang melakukan jasa hygiene industri untuk masyarakat berupa penyemprotan disinfektan di area red zone.”  

Dalam upaya pemulihan ekonomi serta mendukung UKM untuk tetap berkarya di masa pandemi salah satunya melalui bantuan untuk mitra binaan SUCOFINDO di sektor peternakan. “Kami akan terus memonitor dan selalu melakukan evaluasi bagi berbagai sektor UKM dalam mengembangkan usahanya melalui unit PKBL kami,” jelas Bachder.

Pada kesempatan yang sama Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis SUCOFINDO Budi Hartanto memaparkan bahwa SUCOFINDO memiliki konsep Creating Shared Value (CSV) dalam strategi bisnis yang menekankan pentingnya memasukkan masalah dan kebutuhan sosial dalam perancangan strategi perusahaan. 

 

“Konsep CSV didasari pada ide adanya hubungan interdependen antara bisnis dan kesejahteraan sosial yang menekankan adanya peluang untuk membangun keunggulan kompetitif dengan memasukan masalah sosial sebagai bahan pertimbangan utama dalam merancang strategi perusahaan,” jelas Budi.

Khusus kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19, SUCOFINDO juga turut menyalurkan beberapa kebutuhan yang dibutuhkan dalam menangani pandemi Covid-19 bagi masyarakat maupun pihak medis di beberapa wilayah seperti Jakarta, Jambi dan Makassar sebagai wujud implementasi BUMN Untuk Indonesia.

PT SUCOFINDO (Persero) sebagai perusahaan BUMN dalam bidang Inspeksi, Pengujian dan Sertifikasi memiliki jasa dalam sektor CSR. Jasa tersebut antara lain adalah jasa social mapping, jasa Audit ISO 26000 berupa Gap Analysis, Training ISO 26000 maupun penyusunan Sustainability Report, dan penentuan Community Satisfaction Index (CSI) melalui Indeks Kepuasan Masyarakat & pengukuran dampak program CSR dengan metode SROI (Social Return On Investment).

Sebagai bentuk komitmen mencegah penyebaran Covid-19 juga dapat memberikan pemastian pelayanan medis dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES). Selain itu, juga pemastian terhadap Hygiene Industri dan pengelolaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) melalui pelatihan dan sertifikasi.

Tak hanya itu, PT SUCOFINDO (Persero) juga menyediakan layanan penyemprotan disinfektan. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu penyemprotan disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area sebelah luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower.

Untuk kegiatan operasional di lapangan, SUCOFINDO mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi pegawainya. Dengan menyediakan APD dan menerapkan protokol pencegahan COVID-19 di area kerja maupun area publik, serta menerapkan physical distancing. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…