Tanam di Kapuas Hulu Diminta Tidak Hanya Sekali Setahun

Oleh : Wiyanto | Rabu, 29 Juli 2020 - 15:47 WIB

Panen padi di Kapuas Hulu (Doc: Kementan)
Panen padi di Kapuas Hulu (Doc: Kementan)

INDUSTRY.co.id - Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir melakukan panen perdana padi musim gadu milik petani di Desa Tani Makmur, Kecamatan Hulu Gurung, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat di lahan seluas 97 hektar.

Setiap tahunnya petani di Desa Tani Makmur tersebut menghasilkan 170 ton beras yang cukup untuk memenuhi kebutuhan di Kecamatan Hulu Gurung, bahkan dipasarkan juga ke Kecamatan Jongkong dan Selimbau di wilayah Kapuas Hulu.

"Saya minta petani Kapuas Hulu tanam padi dilakukan dua kali dalam setahun, hal tersebut untuk meningkatkan produksi pertanian dalam ketahanan pangan," kata Abang Muhammad Nasir, saat panen perdana padi milik petani di Kecamatan Hulu Gurung, Kapuas Hulu, Selasa (28/7/2020).

Dikatakan Nasir, melakukan tanam padi dua kali dalam setahun dapat memulihkan perekonomian yang sempat lumpuh oleh COVID - 19. “Bahkan jika berbicara pertanian, kata Nasir, Dinas Pertanian wajib melaporkan seminggu sekali ketersediaan pangan, kepada Menteri guna mengantisipasi kekurangan stok beras dan gula di tengah pandemi COVID - 19, khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu,” ujarnya.

"Petani di Desa Tani Makmur itu patut berbahagia bisa melakukan panen padi, semoga kedepannya produksi hasil pertanian semakin di tingkatkan, namun yang tidak kalah penting lagi jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan," tegas Nasir.

Terpisah, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Suwandi meminta jajaran Dinas Pertanian di Kapuas Hulu bisa mendorong petani tanam padi minimal dua kali setahun. “Akan lebih baik lagi bisa IP 300, artinya tanam tiga kali setahun. Dan itu sudah banyak dilakukan di bebeapa wilayah lain” tuturnya. Seuwandi menegaskan kembali sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dalam meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani, Kementan terus berkomitmen menyalurkan bantuan untuk budidaya dan penanganan pasca panen.

Suwandi menyatakan bahwa Kementan berkomitmen untuk menyediakan pangan 267 juta jiwa rakyat Indonesia secara mandiri. "Supaya bisa lebih semangat berproduksi, Kementerian Pertanian memberikan bantuan berupa bantuan benih padi dan benih jagung, alat alat pasca panen, dan juga berbagai jenis alat pra panen serta permodalan dari KUR terus ditingkatkan,"terang Suwandi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi

Sabtu, 19 September 2020 - 21:05 WIB

Sudah 22 Tahun Menyehatkan Indonesia! Ini Pesan Bos Herbalife untuk Gaya Hidup Sehat

Jakarta–Pada hari ini, Herbalife Nutrition menggelar konser virtual dalam rangka merayakan Anniversary yang ke-22 di Indonesia. Kegiatan ini sebagai awal dari rangkaian kegiatan gaya hidup…

Bank DKI meraih 3 penghargaan sekaligus pada BUMD Marketeer Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc

Sabtu, 19 September 2020 - 20:52 WIB

Pak Anies pun Bangga! Bank DKI Raih Penghargaan BUMD Marketeers Award

Jakarta-Bank DKI meraih 3 penghargaan sekaligus pada BUMD Marketeer Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc.

Konferensi Pers Online Mesin Plastik & Karet Taiwan Excellence 2020

Sabtu, 19 September 2020 - 19:40 WIB

CEO TAITRA Walter Yeh: Mesin Plastik & Karet Cerdas Taiwan Mampu Hasilkan Produk Ramah Lingkungan Secara Efisien

Sebagai salah satu dari enam negara pengekspor mesin plastik dan karet terbesar di dunia, Taiwan dikenal karena menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dengan teknologi yang disempurnakan…

Zico Kemala Batin sebagai Country Manager akan memimpin ekspansi POPS

Sabtu, 19 September 2020 - 17:33 WIB

POPS Worldwide Ekspansi ke Indonesia

POPS siap hadir di Indonesia sebagai langkah terbaru dalam upaya ekspansi agresif ke seluruh Asia Tenggara. Mulai 19 September 2020, POPS akan mulai bergerak untuk menarik masyarakat Indonesia…

HRIS Berbasis Cloud Jadi Solusi yang Relevan Dukung Produktivitas Kerja

Sabtu, 19 September 2020 - 17:00 WIB

HRIS Berbasis Cloud Jadi Solusi yang Relevan Dukung Produktivitas Kerja

Untuk mendukung bisnis dan perusahaan tetap berjalan secara optimal di tengah pandemi ini, dibutuhkan tools yang dapat membantu perusahaan dalam mengakses data perusahaan dengan mudah serta…