Indonesia Dorong APEC Fasilitasi Pergerakan Barang Esensial di Masa Pandemi

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 25 Juli 2020 - 11:15 WIB

APEC
APEC

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada Pertemuan Virtual Luar Biasa ke-2 Tingkat Pejabat Tinggi Ekonomi APEC secara virtual (23/7), Indonesia dorong APEC untuk menerapkan kebijakan yang dapat memfasilitasi pergerakan barang yang dibutuhkan (esensial) di masa Pandemi COVID-19, dengan memperhatikan kondisi ekonomi tiap anggota.

Fasilitasi ini merupakan bagian dari kontribusi APEC dalam mempercepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Pandangan Indonesia ini sejalan dengan upaya APEC dalam memperkecil gangguan rantai pasok di kawasan melalui penerapan trade facilitation agreement dan penurunan hambatan non-tarif.

Semenjak merebaknya pandemi Covid-19, APEC memberikan perhatian khusus dalam pemulihan ekonomi, sebagaimana yang ditegaskan oleh para Menteri Perdagangan APEC pada bulan Mei lalu mengenai perlunya anggota APEC untuk bekerja sama di setiap level dalam melawan pandemi.

Pertemuan ini juga membahas information sharing untuk memfasilitasi pergerakan lintas batas bagi tenaga medis dan kalangan bisnis, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan menghadapi pandemi.

Indonesia percaya, pertukaran informasi dan kebijakan fasilitasi pergerakan tenaga medis dan kalangan bisnis merupakan kesempatan yang baik bagi APEC untuk mendorong pemulihan ekonomi di kawasan terutama pada sektor-sektor kunci yang terkena dampak cukup serius seperti sektor Pariwisata.

Pada pertemuan ini, delegasi Indonesia dipimpin Direktur Kerja Sama Intra Kawasan Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Teknologi McAfee

Senin, 21 September 2020 - 14:00 WIB

Waspada Ancaman Kejahatan Siber Makin Marak di Masa WFH

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan dalam kehidupan online, sangat penting bagi netizen Indonesia untuk melindungi diri dari ancaman yang terus meningkat. Solusi dari McAfee dapat membantu…

Ilustrasi paket data

Senin, 21 September 2020 - 13:45 WIB

Kabar Gembira untuk Para Pelajar! Bantuan Kuota Data Internet dari Kemendikbud Bakal Cair Besok

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terbitkan Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020, tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020.

Kepulangan 9 WNI dari Libya (Photo by Kemlu)

Senin, 21 September 2020 - 13:15 WIB

Pandemi Covid-19, KBRI Tripoli Bantu Pemulangan 9 WNI ke Tanah Air

KBRI Tripoli menggandeng KJRI Istanbul untuk melakukan pendampingan para WNI selama transit hingga BP2MI terkait penjemputan di Bandara Soekarno-Hatta dan pengaturan kepulangan mereka.

Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)

Senin, 21 September 2020 - 12:45 WIB

OJK: Keuangan Syariah Tumbuh Positif Sepanjang 2020

Ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia harus kita dorong perannya dalam membangkitkan perekonomian nasional. Apalagi, potensinya yang begitu besar dengan mayoritas penduduk Indonesia adalah…

Migas Ilustrasi

Senin, 21 September 2020 - 12:31 WIB

Persiapan Alih Kelola, Pertamina Hulu Rokan Percepat Transisi Data Eksplorasi dan Eksploitasi Blok Rokan

PT. Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) terus berupaya mempercepat transfer data eksplorasi dan eksploitasi lapangan utama agar bisa segera menyiapkan kegiatan…