Lewat SEOM, Indonesia Dukung Peningkatan Perdagangan dan Ekonomi di Asean

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 25 Juli 2020 - 08:15 WIB

Pertemuan Virtual SEOM 3/51
Pertemuan Virtual SEOM 3/51

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia mendukung peningkatan perdagangan dan integrasi ekonomi di kawasan ASEAN dan mitra dialog ASEAN. Hal tersebut berdasarkan keterangan Direktur Perundingan ASEAN Ditjen Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Antonius Yudi Triantoro, yang sekaligus sebagai Alternate Ketua SEOM Indonesia dalam pertemuan the Third Senior Economic Official Meeting for the Fiftyfirst Meeting (SEOM 3/51) di bawah keketuaan Vietnam. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual pada 22 - 27 Juli 2020.

“Indonesia bersama-sama negara anggota ASEAN lainnya sepakat mendukung penuh sejumlah prioritas ASEAN tahun 2020 di bawah pilar ekonomi dan prioritas tahunan badan sektoral di bawah koordinasi SEOM untuk dapat diselesaikan tepat waktu,” ujar Antonius Yudi Triantoro melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Jumat (24/7/2020).

“Sejumlah agenda penting yang dibahas selama pertemuan SEOM 3/51 antara lain prioritas ekonomi keketuaan Vietnam, prioritas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2020, perkembangan badan sektoral di bawah SEOM, dampak ekonomi dari Covid-19, aplikasi keanggotaan ASEAN oleh Timor Leste, hubungan ekonomi eksternal, dan kerja sama dengan The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD),” jelas Yudi.

Pada pertemuan ini, SEOM telah mencatat perkembangan prioritas ekonomi keketuaan Vietnam yang terdiri atas 13 prioritas dan terbagi ke dalam tiga bagian. Bagian-bagian tersebut, pertama, mendorong integrasi ekonomi intra ASEAN dan konektivitas. Kedua, memperdalam keterlibatan ASEAN dengan komunitas global untuk perdamaian dan pembangunan yang berkelanjutan. Ketiga, meningkatkan daya tanggap dan kapasitas kelembagaan ASEAN.

Isu lain yang dibahas yaitu terkait peran ASEAN dalam menangani dampak pandemi Covid-19 terhadap ekonomi di ASEAN.

“Negara ASEAN sepakat berupaya menjaga kelancaran rantai pasok (supply chain) dan perdagangan di kawasan selama masa pandemi Covid-19 sebagaimana dimandatkan para Menteri Ekonomi ASEAN,” lanjut Yudi.

Selanjutnya, dalam mewujudkan perdagangan yang terintegrasi dengan perdagangan internasional, ASEAN akan bertemu dengan sejumlah negara mitra dialog, antara lain, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, India, Australia, dan Selandia Baru dan dengan mitra kerja sama strategis, yaitu Amerika Serikat, Uni Eropa, Kanada, dan Rusia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…