Sedang Reses, Baleg DPR 'Malah' Gelar Rapat Panja RUU Ciptaker, Ada Apa?

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 24 Juli 2020 - 08:15 WIB

Supratman Andi Agtas
Supratman Andi Agtas

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ditengah reses Persidangan IV Tahun Sidang 2019-2020, Badan Legislasi (Baleg) DPR RI tetap menggelar rapat Panitia Kerja (Panja) untuk pembahasan DIM Rancangan Undang-Undang tentang Cipta Kerja (RUU Ciptaker).

Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas beralasan, rapat kali ini ditengah reses dalam rangka meminta masukan dari para ahli dan persetujuan usulan dari Fraksi-Fraksi.

“Khusus untuk pembahasan RUU Cipta Kerja kita lanjutkan di masa reses ini dengan meminta masukan dari ahlinya langsung dan persetujuan serta usulan dari Fraksi-Fraksi yang ada di DPR,” ujar Supratman saat memimpin Rapat Panja DIM RUU Cipta Kerja di Gedung Nusantara I, Senayan, dilansir redaksi Industry.co.id dari laman DPR, pada Kamis (23/7/2020).

"Pembahasan DIM RUU Cipta Kerja saat ini sudah menginjak klaster kemudahan dalam berusaha," lanjutnya.

Disebutkannya, dinamika pembahasan berjalan baik. Hampir semua fraksi sepakat agar RUU tersebut memberi kemudahan di sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Pembahasan RUU ini sudah sampai kemudahan dalam berusaha. Sejauh ini pembahasan berjalan baik. Hampir semua Fraksi sepakat agar RUU memberi kemudahan usaha mikro,” jelasnya.

Menurutnya, kemudahan berusaha dalam RUU Omnibus Law ini diatur menjadi berbasis risiko, yaitu usaha risiko rendah, sedang, dan tunggu. Usaha risiko rendah tak memerlukan izin, melainkan cukup registrasi. Adapun usaha risiko sedang akan diatur agar memenuhi standar.

“Lalu kalau dia jenis usahanya berisiko tinggi, maka dia perlu izin di dalamnya mencangkup AMDAL,” pungkas Supratman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Senin, 16 Mei 2022 - 12:12 WIB

APKASINDO Gelar Keprihatinan Sampaikan Lima Pesan

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) akan mengerahkan petani di 22 Provinsi se-Indonesia untuk melakukan Aksi Keprihatinan Petani Kelapa Sawit Indonesia yang dilakukan serentak…

Navy Jazz Traffic Festival

Senin, 16 Mei 2022 - 12:00 WIB

DEWA 19 Tampil di Acara Navy Jazz Traffic Festival di Malang

Dewa 19 band legendaris Tanah Air menutup acara Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) 2022 yang berlangsung di Villa Navy Residence (VNR), Lawang, Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/5/2022), dengan apik.…

Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Senin, 16 Mei 2022 - 11:48 WIB

Ramai Kabar JIS Bakal Digunakan Untuk Reuni 212, Ini kata Pemprov DKI Jakarta

Mengoreksi pemberitaan di media massa terkait Jakarta International Stadium (JIS) sebagai lokasi reuni 212, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan penggunaan JIS saat…

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Senin, 16 Mei 2022 - 11:33 WIB

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Jakarta-Pengawalan Polri atas arus mudik dan arus balik lebaran 2022 menuai penilaian positif dari masyarakat.

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air

Senin, 16 Mei 2022 - 11:23 WIB

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air, Netizen: Luar Biasa, Terimakasih Pak atas Keramahannya...

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani melepas langsung kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke tanah air dari pangkalan militer Andrews…