Pegadaian Gandeng Salimah Genjot Pemberdayaan UMKM dan Koperasi

Oleh : Hariyanto | Rabu, 15 Juli 2020 - 16:13 WIB

Kerjasama Pegadaian dan Salimah
Kerjasama Pegadaian dan Salimah

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pegadaian Persero menjalin kerja sama dengan persaudaraan muslimah atau Salimah, dalam membangun pemberdayaan anggota, Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan koperasi melalui agen Pegadaian Syariah.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman  yang dilakukan oleh Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan, Damar Latri Setiawan, dengan Ketua Umum Salimah, Etty Praktiknyowati.

"Perjanjian ini dimaksudkan sebagai landasan kerja sama dalam peningkatan kapasitas, untuk pemberdayaan anggota, UMKM, dan koperasi Salimah sebagai agen Pegadaian Syariah," ujar Damar melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id  di Jakarta, Rabu (15/07/2020).

Damar juga menjelaskan bahwa perjanjian kerja sama antara Pegadaian dengan Salimah, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pendapatan bagi anggota, UMKM, dan koperasi dari kedua belah pihak. Dalam hal ini, nantinya  perseroan akan melakukan sosialisasi dan pendampingan untuk menjadi agen Pegadaian Syariah.

Sedangkan dalam menentukan kualitas,  Pegadaian akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap anggota, UMKM , dan koperasi yang menjadi agen Pegadaian Syariah. 

"Dalam kerja sama kali ini, pihak Salimah akan penyediaan data atau informasi terkait anggota, UMKM, dan koperasi yang direkomendasikan untuk menjadi Agen Pegadaian Syariah." kata Damar.

Hingga Juni 2020, Pegadaian berhasil mencatatkan lonjakan agen sebanyak 25.435, naik sebesar 34,68% dibandingkan periode yang sama Juni 2019 sebanyak 18.885 agen. Pertumbuhan agen Pegadaian tersebut menjadi salah satu pondasi perseroan meraih kinerja yang berkelanjutan.

Damar mengungkapkan, penandatanganan ini merupakan bentuk kesepakatan awal bagi kedua belah pihak untuk melakukan kan  kerja sama yang didasarkan saling membantu, mendukung, dan berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sehingga dapat memaksimalkan kemampuan berbagai pihak dalam melaksanakan, mengembangkan, dan meningkatkan bidang usaha yang saling menguntungkan.

Seperti yang diketahui, hingga saat ini tercatat lebih dari 700 perusahaan yang telah menjalin sinergi dan kolaborasi dengan Pegadaian, diantaranya adalah BUMN, BUMD, Swasta, Asosiasi, dan Instansi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…