Pegadaian Gandeng Salimah Genjot Pemberdayaan UMKM dan Koperasi

Oleh : Hariyanto | Rabu, 15 Juli 2020 - 16:13 WIB

Kerjasama Pegadaian dan Salimah
Kerjasama Pegadaian dan Salimah

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pegadaian Persero menjalin kerja sama dengan persaudaraan muslimah atau Salimah, dalam membangun pemberdayaan anggota, Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan koperasi melalui agen Pegadaian Syariah.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman  yang dilakukan oleh Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan, Damar Latri Setiawan, dengan Ketua Umum Salimah, Etty Praktiknyowati.

"Perjanjian ini dimaksudkan sebagai landasan kerja sama dalam peningkatan kapasitas, untuk pemberdayaan anggota, UMKM, dan koperasi Salimah sebagai agen Pegadaian Syariah," ujar Damar melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id  di Jakarta, Rabu (15/07/2020).

Damar juga menjelaskan bahwa perjanjian kerja sama antara Pegadaian dengan Salimah, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pendapatan bagi anggota, UMKM, dan koperasi dari kedua belah pihak. Dalam hal ini, nantinya  perseroan akan melakukan sosialisasi dan pendampingan untuk menjadi agen Pegadaian Syariah.

Sedangkan dalam menentukan kualitas,  Pegadaian akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap anggota, UMKM , dan koperasi yang menjadi agen Pegadaian Syariah. 

"Dalam kerja sama kali ini, pihak Salimah akan penyediaan data atau informasi terkait anggota, UMKM, dan koperasi yang direkomendasikan untuk menjadi Agen Pegadaian Syariah." kata Damar.

Hingga Juni 2020, Pegadaian berhasil mencatatkan lonjakan agen sebanyak 25.435, naik sebesar 34,68% dibandingkan periode yang sama Juni 2019 sebanyak 18.885 agen. Pertumbuhan agen Pegadaian tersebut menjadi salah satu pondasi perseroan meraih kinerja yang berkelanjutan.

Damar mengungkapkan, penandatanganan ini merupakan bentuk kesepakatan awal bagi kedua belah pihak untuk melakukan kan  kerja sama yang didasarkan saling membantu, mendukung, dan berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sehingga dapat memaksimalkan kemampuan berbagai pihak dalam melaksanakan, mengembangkan, dan meningkatkan bidang usaha yang saling menguntungkan.

Seperti yang diketahui, hingga saat ini tercatat lebih dari 700 perusahaan yang telah menjalin sinergi dan kolaborasi dengan Pegadaian, diantaranya adalah BUMN, BUMD, Swasta, Asosiasi, dan Instansi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Kemanusiaan Marinir

Sabtu, 16 Januari 2021 - 15:00 WIB

Satgas Kemanusiaan Marinir Bantu Korban Banjir di Banjarmasin

Seluruh personel berikut perlengkapan diterbangkan dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, menggunakan pesawat angkut A-I327 Hercules TNI Angkatan Udara dengan waktu keberangkatan pukul 05.10…

Satgas Pamtas Yonif 642 Bersihkan Sampah dan Lumpur Pasca Banjir

Sabtu, 16 Januari 2021 - 14:30 WIB

Satgas Pamtas Yonif 642 Bersihkan Sampah dan Lumpur Pasca Banjir

Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas bersama warga masyarakat, gotong royong membersihkan sampah dan lumpur yang terbawa banjir di lingkungan SDN 1 Jagoi Babang, Desa Jagoi Babang,…

Menparekraf Sandi Berenang di Mandalika

Sabtu, 16 Januari 2021 - 14:10 WIB

Pamer Potret 'Nyebur' di Kuta Mandalika, Sandi Tuai Banjir Pujian Warganet: Pak Menteri Joss Banget!

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengunggah potret beberapa spot di pantai Mandalika Nusa Tenggara Barat yang disebutnya akan menjadi lokasi penyelenggaraa kegiatan olahrga Triathlon.…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Sabtu, 16 Januari 2021 - 14:00 WIB

Prajurit TNI Bantu Korban Gempa Majene dan Mamuju Sulbar

TNI telah memberangkatkan 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) dari Batalyon Infanteri (Yonif) 721/Makkasau dan Batalyon Zeni Tempur (Yon Zipur) 8 dari Kodam XIV/Hasanudin. Sedangkan peralatan yang…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Januari 2021 - 13:37 WIB

Pandemi Goncangan Hebat Bagi Ekonomi, Gimana Meredamnya?

Stabilitas sektor jasa keuangan terjaga dengan baik di tahun 2020 di tengah tekanan ekonomi yang terjadi akibat pandemi Covid 19. OJK sudah menyiapkan berbagai kebijakan stimulus lanjutan untuk…