Pegadaian Gandeng Salimah Genjot Pemberdayaan UMKM dan Koperasi

Oleh : Hariyanto | Rabu, 15 Juli 2020 - 16:13 WIB

Kerjasama Pegadaian dan Salimah
Kerjasama Pegadaian dan Salimah

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pegadaian Persero menjalin kerja sama dengan persaudaraan muslimah atau Salimah, dalam membangun pemberdayaan anggota, Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan koperasi melalui agen Pegadaian Syariah.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman  yang dilakukan oleh Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan, Damar Latri Setiawan, dengan Ketua Umum Salimah, Etty Praktiknyowati.

"Perjanjian ini dimaksudkan sebagai landasan kerja sama dalam peningkatan kapasitas, untuk pemberdayaan anggota, UMKM, dan koperasi Salimah sebagai agen Pegadaian Syariah," ujar Damar melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id  di Jakarta, Rabu (15/07/2020).

Damar juga menjelaskan bahwa perjanjian kerja sama antara Pegadaian dengan Salimah, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pendapatan bagi anggota, UMKM, dan koperasi dari kedua belah pihak. Dalam hal ini, nantinya  perseroan akan melakukan sosialisasi dan pendampingan untuk menjadi agen Pegadaian Syariah.

Sedangkan dalam menentukan kualitas,  Pegadaian akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap anggota, UMKM , dan koperasi yang menjadi agen Pegadaian Syariah. 

"Dalam kerja sama kali ini, pihak Salimah akan penyediaan data atau informasi terkait anggota, UMKM, dan koperasi yang direkomendasikan untuk menjadi Agen Pegadaian Syariah." kata Damar.

Hingga Juni 2020, Pegadaian berhasil mencatatkan lonjakan agen sebanyak 25.435, naik sebesar 34,68% dibandingkan periode yang sama Juni 2019 sebanyak 18.885 agen. Pertumbuhan agen Pegadaian tersebut menjadi salah satu pondasi perseroan meraih kinerja yang berkelanjutan.

Damar mengungkapkan, penandatanganan ini merupakan bentuk kesepakatan awal bagi kedua belah pihak untuk melakukan kan  kerja sama yang didasarkan saling membantu, mendukung, dan berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sehingga dapat memaksimalkan kemampuan berbagai pihak dalam melaksanakan, mengembangkan, dan meningkatkan bidang usaha yang saling menguntungkan.

Seperti yang diketahui, hingga saat ini tercatat lebih dari 700 perusahaan yang telah menjalin sinergi dan kolaborasi dengan Pegadaian, diantaranya adalah BUMN, BUMD, Swasta, Asosiasi, dan Instansi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat Peresmian Sentra IKM Logam Kabupaten Dharmasraya secara virtual

Kamis, 06 Agustus 2020 - 16:30 WIB

Pacu Perekonomian Daerah, Menperin Resmikan Sentra IKM Logam Dharmasraya

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung pembangunan sentra industri kecil menengah (IKM) logam di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Anggota Komisi VI DPR RI Marwan Jafar

Kamis, 06 Agustus 2020 - 16:30 WIB

Mantan Mendes PDTT Ini Dorong Pemberdayaan Produk Lokal Tekan Impor di Tengah Pandemi

Anggota Komisi VI DPR RI Marwan Jafar mendorong pemberdayaan produk-produk domestik guna menekan impor di tengah masa pandemi.

Ilustrasi PHK (ist)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 16:15 WIB

Anggota DPR Ingatkan Proses PHK Harus Sesuai UU Ketenagakerjaan

Pemerintah telah mempublikasikan data tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan merumahkan 3.225 karyawan di 9 BUMN sejak Februari hingga…

Produk Biofarmasi Nasional Berhasil Merambah ke Korea Hingga Timur Tengah

Kamis, 06 Agustus 2020 - 16:00 WIB

Produk Biofarmasi Nasional Berhasil Merambah ke Korea Hingga Timur Tengah

Daewoong Infion, perusahaan joint venture yang merupakan bagian dari perusahaan farmasi asal Korea Selatan bernama Daewoong Group, mengumumkan bahwa pada tanggal 6 Agustus 2020, total penjualan…

Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati (ist)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 15:55 WIB

Pemerintah Kasih BLT Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 Juta, DPR Ini Geleng-geleng: Harusnya Prioritas Bantuan ke Korban PHK

Jakarta, Langkah Pemerintah yang berencana memberikan bantuan sebesar Rp 600 ribu bagi para pegawai yang bekerja di sektor swasta dengan gaji di bawah Rp 5 juta sebagai fokus meningkatkan penyerapan…